queen-ing, washing then blogging

Tuesday, July 16, 2013

Ide ide liar renovasi

Alohhaaa...
Sembari ngabuburit, akhirnya saya ngeblog juga.
Sebenernya sih topik ini, masih mau diketik nanti-nanti aja kalo dananya udah siap, tapi karena main ke blognya viol yang cerita tentang suka duka renov para tetangganya, tiba2... TINNGGGG topik ini aja lah yang mau diposting kali ini, walopun gag ada nyambung2nya ama bulan puasa kali ini.

Saya dan suami sih biasanya 2 minggu sekali menengok rumah-hasil-jerih-payah di Cileungsi itu, tapi  minggu kemarennya dia survey ke Parung, mau survey tanah yang mau dijual dan pulangnya tepar karena kecapean kayanya, lalu besokannya menggigil dan baru pulih kemaren.

Balik lagi ke rumah yang di CI Cileungsi itu ya. Untuk yang udah lupa, ini gambarnya dari postingan yang ini :


Berhubung di hook, kita berarti ada tanah sisa ke samping, luasnya kurang lebih 1 rumah tipe ini lagi, selain ke belakang yang udah 'template'nya dari model tipe ntu.
Nah, pas baru2nya dapet tuh rumah, lagi getol2nya, saya dan suami berlomba2 mendesain rencana renovasi.
Kebetulan kita punya software homesuite3d [free] tuh, seru sih, dan aplikasinya portabel pula, jadi gag berat.

Ngomong2 tentang renovasi ya, sekali lagi, selain dana yang cukup besar yang harus disiapkan untuk material bahan bangunan, juga untuk para tukang per hariannya. Jadi, sembari ngumpulin itu, marilah berencana dan menyamakan suara tentang apa aja yang mau di renov dan mulailah perseteruan gag penting banyak terjadi.

Dimulai dari tanah sisa, untungnya kita sama2 deal, sama sekali ga membangun bangunan permanen (bangunan yang memerlukan IMB) disitu. Good. Satu suara.
Masih banyak detail yang memerlukan satu suara sampai mufakat :D

Lanjut.
Saya mau kamar tidur punya akses ke private small garden. Jadi niatnya, pas bangun tidur langsung bisa ke taman kecil itu untuk menghirup udara segarrr... Taman kecil ini ya tempatnya di tanah sisa itu, tapi ada semacam pembatas sama taman 'besar'nya. Langsunglah merancang. Pas saya tunjukin ke suami saya, ehhhh dia gag setuju. Aiiissshhh... Dia gag setuju trus dia ngotak-atik rancangannya dia, trus nunjukin ke saya, sebagai bukti kalau dia mendengarkan aspirasi saya. Ya sayanya gag setuju, secara dia bikinnya di rancangannya dia, yang artinya semua tata ruangan yang saya bikin di rancangan saya, jadi ga sinkron.
itu perseteruan yang pertama.

Saya sebagai ibu RT yang belum mahir masak apalagi hobby masak, dan ga suka berlama2 di dapur, mau area dapur ya seadanya aja, cukup untuk kompor dan basin aja. Eh dia ga setuju lagi. Suami saya itu tipe suami yang suka dengan peralatan rumah tangga, kaya waktu dapet mixer-duduk doorprize dari kantornya, dia girang banget. Sementara saya biasa aja. Oleh karena itu, dia mau ngabisin tanah belakang trus dibikin dapur dengan jendela gede ke arah tanah sisa samping sehingga bisa memantau keadaan taman samping. Saya cuma nganga aja, geedeee bangeettt! Perasaan, yang bakal melakukan tugas perdapuran itu saya, kenapa jadi direncanakan senyamannya dia?! itu yang kedua. Tapi, setelah dipikir, keuntungannya bisa memantau keluar, seru juga sih , tapi areanya terlalu besar untuk seorang koki kecil seperti saya :|.

Tentang tanah sisa belakang, maunya saya sih ada jarak ya setengah meter lah open space untuk di tanemin apa gitu, tapi tidak beratap dari tembok batas untuk bangunan 'bernafas' dari belakang. Lagi2 dia ga setuju, karena ga suka nanti bermasalah ama tetangga gara2 kita kelimpahan air tampiasan dan kotoran dari rumah tetangga belakang. hm.. masuk akal juga sih. Akhirnya, saya setuju. Dua suara setuju.

Lagi, service area. Untuk area ini, saya gag suka orang lain liat jemuran terjembreng2 dan semua tamu bisa liat jembrengan tersebut. Kaya rumah2 susun yang keliatan dari luar banyak jembrengan jemuran. Jadi saya mau 'ngumpetin' ruang service yang wet area dengan memanfaatkan tanah sisa belakang dan jemurannya menghadap ke tembok perbatasan dengan tetangga belakang, trus pake kanopi/skylight jadi gag keujanan. Suami saya punya ide lain. Dia bikin ruangan khusus dan dirancang sebagai dry area. wakwaw... dimana saya nanti ngerendam pakaian pake ember?!
Kalo menurut saya sih, tiap ruang kan custom, tergantung habit, tergantung usernya. Ya gimana nyamannya si user aja toh? Kayanya sih dapur & service area masih saya yang handle, karena jarang banget suami saya pegang kerjaan dapur apalagi cucian. Harusnya ikut ide saya lahh pastinya... hahahaha...

Tentang taman.
Saya kan ga doyan berkebun, tadinya saya mau di taman ditaro tumbuhan imitasi aja. Praktis dan mudah! ahahaha.. usul yang brilian kan?!
Tapi kata suami saya, kalo tumbuhan imitasi kalo di outdoor lama2 jelek dan pudar. Akhirnya, saya lirik2 juga taneman asli apa yang mau dibawa dari rumah yang sekarang.

Saya mau bawa pohon kamboja, supaya kaya bali2 gitu. Trus pohon cabe, bawang, tomat dan ga lupa melati. Iya, melati, untuk makam anak saya yang rencananya mau dipindahkan ke sana. Daripada tiap minggu beli melati mulu dan lumayan mahal, mendingan nanem lah.
Tapi lagi2 ide saya bertabrakan. Dia mau taman yang rapi yang pake rumput jepang trus ada gazebo kayu dan punya injakan batu untuk jalan, karena dia ga mau rumputnya botak karena diinjek2.
Menurutnya, kamboja itu identik sama pemakaman, trus tanaman kebutuhan dapur ga indah/berantakan, trus melati banyak uletnya. Huaahahaha...
Balik lagi ke pepatah, banyak kepala banyak pendapat
dan kebanyakan pendapatnya bertolakbelakang.
Berbeda itu sah-sah aja, malah bikin berwarna dan rame.

Akhirnya jejak pendapat itu vakum untuk beberapa lama karena banyaknya ide2 dari para arsitek amatir ini dan bertabrakan mulu. Perseteruan ini kadang lumayan untuk mengubah mood dari yang tadinya ceria trus bete trus ketawa2 lagi.
Oiya, ide2 gila kita itu tertuang dan dipublikasikan di blog loh. ada kok tuh di daftar blogwalking sebelah kiri :D
 
Itu beberapa cerita rencana renovasi yang rencananya akan digulirkan setelah tanggal 19 agustus (setelah garansi developer abis), tanggal tepatnya sih masih belum tau :D. Ini lagi di doain terus. hahahaha....

Sekian lah cerita tentang cita2 renovasi. Doakeun semoga cepat terlaksana dan cepet pindah yooo...
Amin.

Horee sebentar lagi buka puasa... *ya kurang dari 2 jam lagi :D*
Have a nice day
31 comments on "Ide ide liar renovasi"
  1. hehehee seru ya mikirin mau renov2.. walaupun pasti ada berantem2nya dan pusing mikirin dananya.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah pasti berantem2 gag pentingnya dan lebih pusing banget masalah dananya

      Delete
  2. sama g juga ga suka tameman sih, tapi klo terpaksa harus ada taneman, g mau taneman yang bisa berbuah wakakakak :) ga mau rugi mode on ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo terpaksa taneman yang bisa berbuah dan ada tukang kebonnya pit, supaya ada yang ngurusin.
      ahahahaha

      Delete
  3. hahaha seru yah perdebatan renov.
    kita dulu juga gitu kok.. berbulan2 mikirin mo renov gimana ini rumah udahannya mikir lagi keramik or vinyl or parket, dinding mo dicet or wallpaper, pokoknya debat terus hihihi..
    enjoy ya rat, walaupun pusing tapi seru kok :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehhh iya tuh vi, gua juga sempat debat antara keramik, vinil atau parket.
      iya gua enjoy aja kok

      Delete
  4. ahahaha.. ngebayangin adu argumennya itu, pasti suaminya yg banyak ngalah, trus si istri udah berisik kemana2 haha..
    semoga rumahnya cepat selese ceuu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hush hush ga usah ngomong si istri berisik kemana2 dong...
      ahahaha.
      aminnn. makasih ya :)

      Delete
  5. suka membengkak ya mbak kalau renovasi rumah

    ReplyDelete
  6. asik ya mba ratu persiapan rumah barunya, aku gak sabar diundang potong tumpeng hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mil, tunggu aja undangan selametannya :D

      Delete
    2. kl Mila maunya potong tumpeng. gw yang makannya aja deh hehehe

      Delete
  7. sungguh asik ngutak atik gambar rumah yg akan ditempati.
    perlu kesepakatan supaya ga dbongkar ulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bang atta. karena renovasi itu biayanya ga kecil, spaneng bawaannya kalo ada yang salah rencana. wakakakak

      Delete
  8. emang urusan rumah tanga ya gitu, gak jauh2 ttg urusan anggaran. dan seperti di sini, beberapa tetangga udah pada renovasi rumah, biasa deket2 lebaran, setiap keluarga jauh dateng. biar ada nuansa yg berbeda, katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, terutama renovasi memerlukan perencanaan yang matang untuk meminimalisir biaya tak terduga.
      oya, tradisi 'nuansa baru' juga cukup membumi. Tiap menjelang lebaran, ngecat rumah, supaya cakep lagi.
      ahahahaha

      terimakasih kunjungannya mas :)

      Delete
  9. Senengnya yang mau nempatin rumah baru, apalagi hasil kringet sendiri. Ok aku doain ya,mbaak smoga dilancarkan urusan renovasinya, biar cepet ditempati bersama keluarga tercinta yang SaMaRa (sakinah,mwdah warohmah) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminn mbak, makasih loh doanya & kunjungannya :)

      Delete
  10. hahaha, seru deh mbak ratu ceritanya. Kalau dikomikin kayanya seru. Hahahaha. Eh ya salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, iya mbak, seru.
      belum ada komikus yg berniat menjadikan cerita saya dalam bentuk komik.. ahahahaha
      salam kenall juga :)

      Delete
  11. semoga ide liarnya bisa terwujud ya...salam :-)

    ReplyDelete
  12. pindahnya rencana kapan mbak? setelah lebaran apa bulan puasa ini?
    ntar foto2 hasil desainnya ya mbak.. :D

    ReplyDelete
  13. Tamannya gede ya gua paling seneng ada ijo-ijonya. Keren juga ide dapur yang ada jendela itu.

    ReplyDelete
  14. berkebun taman di halaman rumah itu repot hahaha... tapi kalau sudah di coba asik jugamalah bikin sejuk di hati, apalagi ada kolam mungilnya, bikin betah nongkrong melihat ikan didalamnya ...

    ReplyDelete
  15. Rumahnya cakep tuh ... tapi kok mau direnovasi... kapan saya punya rumah di Jakarta atau Bogor...

    ReplyDelete
  16. Berantem boleh, berbeda adalah rahmat.. Asal jangan bakar2 rumah, bakar2 sate aja.. Terus panggil dong kita buat makan hehehe :D

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)