queen-ing, washing then blogging

Tuesday, January 6, 2015

belanja produk fashion, online atau offline?

Selamat sore semuanya.

Sambil ngelonin bocah, sembari posting blog. *multitasking maksudnya.

Eh, ini posting an pertama di 2015 ya? Huaa selamat tahun baru para blogger, semoga kita semakin rajin update blog *ngomong sendiri sembari ngaca :D

Saya mo cerita2 sedikit tentang pengalaman belanja produk fashion.

Jadi awalnya dari pada mantan pegawai kantor lama yang masih keep in touch di group WA, adalah salah satu yg dagang jilbab, gamis Dan sejenisnya. Saya liat2 barang dagangannya di fb, lalu muncullah sifat kepo. Kekepoan asal barang dagangannya. Ya yang namanya jualan online, asal usul supplier atau produsennya bisa kita cari, kalo mau.

Browsing sana Sini, dapet lah beberapa online shop yg jual barang sejenis dengan harga yg lebih miring. Saya pribadi sebagai pelaku online shop, berprinsip : ga bakalan mau jualin garment (baju jadi) Dan aksesorisnya.

Alasannya? Garment/barang jadi itu banyak variabelnya yg bisa jadi pertanyaan konsumen, jadi lebih baik kalo kita sebagai penjual pegang barang aktualnya.

Variable bebasnya : jenis bahan, warna, konstruksi bahan, warna aksesoris kombinasi Dan yang paling fatal adalah size. Yang kadang cuma mencantumkan fit L (maksudnya fit sampai L, tapi size L standarnya siapa? L besar atau L kecil?)

Apa lagi kalo cuma mengandalkan drop ship yg barang ga tau kaya apa, gmn pertanggungjawaban product knowledgenya?

Saya bukan orang garment atau konveksi, tapi kerjaan saya di kantor yg lama itu tiap hari berurusan sama garment. Jadi saya tau yg Mana yg tenun (woven), atau rajut (knitted).
Yang mana konstruksinya jersey, interlock, fleece
Yang mana bahannya rayon, katun, polyester, spandek.

Nah, produk2 fashion yg beredar di online shop itu biasanya cuma mencantumkan gambar yang pasti cakep banget kalo di pake modelnya beserta pilihan warna nya. Macem gini :


Celakanya banyak oknum penjual produk fashion online, minim product knowledgenya. Kalo ditanya detailnya, jawabnya singkat2 aja, kayanya sih emang ga tau jawabannya Dan mereka ga pegang barang aktualnya.
Kaya pertanyaan2 gini,

Sis, bahannya apa? Jersey.
Menurut saya sih kurang tempat jawabannya. Harusnya jersey katun.

Sis, warna nya ada apa aja? Semua ada.
Tapi pas kita minta warna tertentu, lama jawabnya Dan ga ada.

Dan karena kekepoan saya, terabaikanlah prinsip saya tentang produk fashion online. Ditengah kekepoan saya mencari harga yg lebih miring, saya naksir beberapa model jilbab instan. Dan saya pesenlah beberapa model Dan... Prinsip saya itu bentar adanya. Saya kecewa.

Sebelum order, saya tanyain mengenai aksesoris zipper/retsleting. Si penjual berhasil meyakinkan kalo aktualnya beneran sama kaya di gambar, zippernya metal kaya zipper di clana jeans gitu. Pas dateng, barang aktualnya, pake zipper cina yg ga keliatan 'rel'nya. Sama sih, bagus juga, tapi kan ga sesuai gambar. Pas saya tanyain kenapa beda, si penjualan dengan enteng bilangnya, "yang di gambar itu orinya"
Apa maksudnya bilang gitu? Ya harusnya dari awal bilang sesuai barang aktualnya aja.
Saya jd korban penjual yg cetek product knowledgenya.

Tapi setelah dipikir2, harga emang ga bohong sih. Beda banget barang butik sama barang online yg jual gambar.
Sapa suruh beli barang murah? Ahahaha.

Tapi masih ada untungnya sih, untungnya saya ga terlanjur mesen baju. Karena sebagian besar baju2 yg dijual secara online dengan cara menjual gambar, sizenya ga masuk ke badan saya yang seperti model iklan restoran. Ahahaha.

Oiya, saya juga pernah belanja di Situs belanja ternama yang harganya lumayan agak mahal, pilih salah satu produk yg dideskripsinya 100% cotton. Percaya dong?
Tapi, pas dateng saya yakin 100% kalo itu bahannya CVC (campuran poliester katun, yang presentase poliesternya lebih besar dari katun), bukan 100% cotton. Sayangnya ga bs dikomplain karena termasuk kategori underwear.

Pernah juga berniat shopping produk fashion ke pusat grosir kain Dan baju di jakarta pusat. Sampe di sana, berbekal pengalaman saya di kantor, saya sama sekali ga beli apa yang tadinya mau di beli. Gara2nya, garment2 yang harganya emang miring, appearance (penampilannya) nya menurut saya sudah mendekati defect/rijek lantaran permukaan mulai berbulu serat kainnya atau saya menyebutnya dengan istilah fuzziness. Fuzziness ini kondisi yang menurut saya ga sedap dimata Dan setelah fuzziness akan terbentuk pilling (kumpulan bulu2 serat yg bersatu membentuk pil bulat) kalau terjadi gesekan dengan kulit atau bahan itu sendiri. Saya langsung ilfil belanja disitu.

Dari semua pengalaman belanja produk fashion online ataupun offline, kayanya kalo saya, kalo mau beli produk fashion, mendingan ke toko langsung yg bisa liat Dan pegang barang aktualnya atau ke toko online brand ternama yg menjamin ada garansi uang kembali kalau barang ga sesuai.

Oiya, moral of the story, dalam beberapa kasus untuk brand2 yang masih terjangkau, harga ga akan bohong. Ada harga, ada kualitas. Apa lagi sekarang banyak departemen store besar cukup serious untuk melakukan uji kualitas produk2nya.
Jangan lupa untuk tetap bijak dalam berbelanja, jangan sampai gelap mata Dan dompet bojong tabungan kosong. Belum tentu yang dipakai model cocok untuk jenis badan kita.

Kalau kalian, dimana belanja produk fashion?

24 comments on "belanja produk fashion, online atau offline?"
  1. Mbak Ratuuuuuuuuuuuuuuu
    Udah nyuci baju belummm? Ahahahahaha

    Saya jarang banget beli baju online, Pernah sekali dan itu mengecewakan. beneran memang, kesannya jual gambar. Abis itu nggak beli2 lagi baju onlen.

    Mbak, ayo rajin ngeblog lagi. Kayaknya teman2 2009 mulai pada ngepos lagi di awal tahun ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai anaz. Sekarang nyucinya otomatis, tinggal masuk in aja, trus jemur deh. Ahahaha. Masih inget aja.

      Hihihi, sama ya pengalaman nya.

      Insya Allah rajin ngeblog lagi dech.

      Delete
  2. Kalo baju, saya sukanya liat sendiri dan nyoba. Kalo kerudung, boleh lah online :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya saya kalo besok2, mendingan beli langsung deh, pun kerudung. Hehehe. Makasih kunjungannya Mbak, salam kenal

      Delete
  3. ayo ngeblog lagi, kapan kita kopdaran lagi?
    Sekarang mulai sharing produk knowledge itu. Dari paparan di atas ternyata ada banyak hal yang tidak saya ketahui tentang kain. Saya masih awam, kain ya kain.
    Ternyata yang namanya kualitas menjangkau hingga di luar pengetahuan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo pak mandor. Tapi kite bawa bocah nih, kalo bawa bocah, bawa bapake juga. Huahaha. Masih kenal devy, davinna? Mereka jg sudah beranakpinak loh. Hihi

      Delete
  4. kalau baju atau kerudung aku beli online pernah tapi itu toko online punya temen

    ReplyDelete
  5. Wah kalo punya temen, pasti terpercaya ya mbak . Dan bisa komplen Hihihi

    ReplyDelete
  6. sampe skrg aku msh blom berani beli baju & sepatu online. soalnya badanku ga standar, jd klo kalo mau beli kayak gitu musti liat dulu barangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya say, betul. Boleh dicoba jadi mulai plus belanja offline

      Delete
  7. saya belom sekalipun belanja onlen
    karena saya gak puas kalo gak lihat barangnya dan gak milih sendiri. lebih suka yang offline sih

    ReplyDelete
  8. Bener banget, Mba.
    Kalo belanja online sy di toko langganan tp ya itu kdg terkecoh sama modelnya yg cantik tp ga cocok di saya. Skrg jarang ngolshop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuh mak. Belum tentu cantik di model, cantik juga di kita

      Delete
  9. aku belon pernah belanja online fashion, khawatir ga cocok dan ga suka aja. Lebih seneng beli sendiri offline :D

    *padahal tiap hari bergelut dengan toko online orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahaha sama mak, aku jg doyan offline sementara tetep ngeliatin apdet an OS yang lain. Makasih kunjungannya

      Delete
  10. Mak Ratu, kaya aku aja blognya kebanyakan dianggurin, hehe.

    Mak, ajarin pengetahuan bahannya dong.

    Alhamdulillah selama ini lebih doyan beli online, mungkin karena kurang pengetahuan bahan. Jadina mah demen aja beli online, yang penting barangnya kece, hehe. Dan udah punya langganan OS juga sih (dan ownernya juga tau brg yg dijual, jadina ga ketipu, hehe).

    TFS, Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe enak juga kalo ud punya OS langganan, jd barang yg kita beli lebih detail info nya Dan lebih nyaman.
      Pengetahuan bahan ya? Hm... Bisa Ga ya di bikin posting an? Takut nya terlalu teknis macem buku pelajaran tekstil. Hihihi

      Delete
  11. Saya sering beli di olshop mak, alhamdulillah selama ini so far so good :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kalo selalu mendapatkan pengalaman baik :)

      Delete
  12. aku termasuk suka blnja baju di olshop mba... pernah kecewa, tp srgnya malah puas.. dan ampe skr, jd ada bbrp langganan yg saya tau brg2 yg mrk jual sesuai ama foto... kalo yg udh kecewa mah lgs blacklist :D

    Tapi khusus gadget ato elektronik ampe skr aku blm brani blnja online...takut palsu :D.. Walopun toko besar sekalipun, aku ttp lbh suka liat lgs brgnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi kalo aku kuatir kalo belanja baju mak, soale badanku agak2 over :D
      Kalo elektronik emang mendingan offline, soalnya mahal Dan rawan. Makasih kunjungannya

      Delete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)