queen-ing, washing then blogging

Thursday, April 16, 2015

Pengalaman menjadi mysterious shopper

Selamat siang semuanya.
Akhirnya posting lagi. Kali ini mau berbagi cerita tentang kegiatan mengisi waktu luang dan dibayar. 
Cling cling *bunyi koin Euro (eh ada ga sih koinnya?)

Kalo judulnya kaya gitu, saya masih jadi mysterious shopper ga sih? *tersingkap :D

Jadi ya, saya itu termasuk orang yang tidak beruntung di undian2 berhadiah,
juga kurang beruntung untuk menang di giveaway2 maupun kontes blog,
lagi sepi tawaran review produk ini itu seperti temen2 blogger lainnya,
ahahaha… kesian nian nasibku.

Maka, saya mencoba menjadi mysterious shopper dan kali ini ada hasilnya. HAHAHAHAHA *akhirnya ada juga keberuntungan di ladang yang lain.

Sebenernya mau nulis pengalaman ini udah sejak 2 bulan yang lalu, Cuma kan ya saya musti ngalamin sendiri dulu sampe bener2 payment release. Lah kalo saya ngerekomendasiin tapi ternyata Cuma scam, bisa mencemarkan nama baik saya dong. Hohohoho.

Jadi, singkat kata saya jadi mysterious shopper nya Helion, mendatangi toko2 yang ditunjuk, melakukan observasi lalu submit laporannya ke Helion dalam hari yang sama. Hasil laporan evaluasi kita akan direview, difinalisasi dan kemudian kita menerima pembayaran hasil kunjungan tersebut.

Pembayaran beneran loh, karena saya udah nerima pembayarannya via Skrill dalam mata uang USD. Pengalaman jadi pembelanja misterius yang di bayar ini adalah benar. CATET. hihihi.

Ini screenshotnya notifikasi penerimaan dana via email. Btw, postingan ini bukan postingan web2 replikasi MLM yang menampilkan screenshot uang masuk ke rekening ya. LOL.



Gimana caranya jadi mysterious shopper? Gampang kok.
  1. Pastilah daftar dulu ke Helion, isi data diri dsb2 dengan sebenar2nya dan verifikasi ID card dengan cara kirim poto ID card kita. Saya waktu itu submit file e-ktp. Setelah diverifikasi,  file tersebut dihapus. Daftarnya FREE ya, alias ga bayar apa2 sepeser pun. 
  2. Lengkapi profil sampai presentasenya lengkap. Update : minimal 85% untuk bisa apply assignment.   Kalo 100% lebih mudah dan dipercaya untuk melakukan kunjungan ke toko2 yang available, sebelum diambil mysterious shopper lainnya. Kalo ga salah waktu itu saya ikutan salah satu e-trainingnya untuk melengkapi hingga 100%.
  3. Untuk payment, bisa via paypal maupun Skrill. Kalo saya, pake Skrill karena ga punya CC. Paypal kan harus punya CC untuk verifikasinya. Kalo bernasib seperti saya yang ga punya CC, bisa daftar skrill disini.  Update : ternyata dibagian awal daftar skrill Ada pertanyaan ttg currency yg digunakan unt akun skrill kita. Bisa pilih euro ternyata! Nyesel kenapa pilih USD, Karena kan kalo di rupiahin, lebih besar Euro >.<   Dari Skrill nanti bisa withdrawl ke bank local, ini caranyaPastikan payment profile akun Helion ini sudah terisi dengan yakin dan terverifikasi sebelum menerima pembayaran awal.
  4. Tunggu sampai akun kita terverifikasi. Setelah terverifikasi, kita bisa milih toko yang kita inginkan. Di ‘available evaluation’ tertera alamat dan jarak dari tempat kita sekarang ke toko2 tersebut.  Untuk pemula, biasanya dibatasi hanya  4 toko pada awalnya dan mendapat persetujuan Community Manager sehingga masuk ke ‘My Current Evaluation’. Kalo belum ada di my current evaluation, jangan keburu inisiatip untuk melakukan kegiatan tersebut. Karena, apa yang harus kita kerjakan, apa yang harus dicatet, ada detailnya lengkap beserta trainingnya di setiap assignment. Trainingnya dalam bahasa Indonesia kok Setelah kuisioner sudah disubmit, bisa apply lagi kok.
  5. Biasanya kalau kita dapet assignment, ada notifikasinya via email. Ikuti cara2nya, lakukan kunjungannya, lalu  jawab kuisionernya. Isi kuisionernya sih Cuma kaya pilihan ganda, kalopun nulis kalimat bahasa inggris, Cuma dikit. Tinggal tunggu komen dan penilaian dari Helion. Kalau sudah OKE, fee assignment itu akan masuk ke payment profile dan dijadwalkan dibayarkan sekitar tanggal 20 di bulan berikutnya. 
  6.  Kalau ada pertanyaan, bisa langsung e-mail Community Manager. Emailnya pake bahasa Inggris, don’t worry ada google translate :D. Doi helpful banget dan fast respond dan juga ganteng. Oiya, karena doi tinggal di belahan dunia lain, Antwerpen-Belgia, otomatis time zonenya juga beda. Untuk menyiasati perbedaan waktu ini, saya add waktu Paris di tablet saya *karena Antwerpen ga ada pilihannya di tablet saya, supaya ngeh kapan waktu yang tepat untuk berkomunikasi. 
  7. Tiap kunjungan, berbeda2 fee nya dan semuanya dalam Euro, namun ada infonya juga kok berapa nilai IDR nya, sehingga ga usah repot2 nelpon ke money changer berapa kurs sekarang. Tapi pas masuk ke Skrill saya, otomatos berubah jadi USD Karena pas awal pembuatan skrill, saya memilih Mata uang USD.
  8. Tiap kunjungan pun beda2 tujuan tokonya. Kemarin saya melakukan kunjungan ke toko2 komputer dan gadget di mal2 atau pusat perbelanjaan seperti ITC.

TIPS dari mysterious shopper yang baik hati :D 
  • Biasanya saya pilih lokasi yang deket2 dulu, coba apply untuk 1 tugas pertama untuk merasakan atmosfernya, deg2an nya, tahap2 persiapannya. Setelah itu, kita nilai sendiri, kira2 kita mampu ga melakukan hal ini lagi Dan menemukan 'sela' Dan kenyamanan? Kalau yakin mampu untuk tugas selanjutnya, silahkan apply lagi dan ambil sekaligus beberapa toko supaya ga besar ongkos+jajan cari wifi daripada jumlah fee.  Kalo saya, pasti nyari yang sekitaran Bekasi. Baru agak jauhan dikit. Tapi kadang kalo saya dihubungi langsung via email sama Community Manager untuk melakukan kunjungan ke mol tertentu, bisa juga melalang buana.  Dari assignment kemarin, mol terdekat adalah BCP dan mol terjauh adalah Ambassador Kuningan pake hujan badai dan boyong bocah.
  • Perhatikan due date nya. Kalo saya sih, apply dari jauh2 hari TANPA mengubah due datenya (dalam hal ini memajukannya sehingga bisa melakukan kunjungan kapan saja sebelum due date), sehingga bisa atur jadwal kunjungan. Kalo saya, biasanya segera disubmit sebelum due datenya.
  • Saya  biasanya melakukan kunjungan di hari kerja dan jam lenggang. Siang sekitar jam 2an, supaya sore udah sampe rumah lagi dan menjelma lagi jadi ibu rumah tangga yang tidak misterius. Ahahaha.
  • Kalo pun ditugaskan untuk ke tempat yang jauh, kadang saya sesuaikan jadwal dengan kepergian untuk membeli sesuatu di tempat yang sama. Tapi fleksibel sih, kita bisa nolak juga kok.
  • Bawa pulpen dan kertas buat coret2 setelah keluar dari tokonya, supaya ga lupa informasi yang kita lihat dan dengar tadi.

Sekarang ini sedang berlangsung projek Worldwide  dan buanyak banget toko2 yang tentunya di luar jangkauan saya.

Kali aja ada yang berminat jadi pembelanja misterius untuk melakukan kunjungan ke toko2 tersebut. Daripada nganggur, mendingan iseng2 jalan2 ke mol. Sebelumnya jangan lupa cek, apakah di mol tersebut ada toko yang bisa dikunjungi dan mendatangkan uang? Pulangnya baru deh ngopi dan wifi an sekalian submit report. Ahahaha.



100 comments on "Pengalaman menjadi mysterious shopper"
  1. eh ada ya program seperti itu. Langsung koprol ndaftar. Eh ... buat cowok bisa gak yaaa

    ReplyDelete
  2. Mak, kalo boleh tau, itu tempat2 yang di survei bakal menyesuaikan domisili kita kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, menyesuaikan domisili. Karena nanti Ada di map nya, posisi kita skrg dimana (berdasarkan info ID card Kayanya) Dan berapa jauh toko2 tersebut dari posisi mak :)

      Delete
  3. ih ini seru amaaatt. *meluncur ke helion*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mayan mak buat belanja aplikasi di apps store ;)

      Delete
  4. wah makasih mak infonya saya biasanya apply di bare international sama aq services langsung ke tkp deh buat daftar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Share juga dong mak pengalamannya di agensi tersebut :)

      Delete
  5. Pengen ikutan tapi tmasih kurang ngerti 'cara maennya' *lola amaatt*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi. Dibaca aja pelan2, santai, sembari minum teh. Hohoho

      Delete
  6. menarik sekali infonya..terima kasih ya mak..patut dicoba..ooya ngomong2 mistery shopper gt, kita pake belanja ga mak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pengalaman yg kmrn Dan yg sekarang sdh berjalan sih ga pake belanja pake duit sendiri. Kecuali kebetulan mak mau belanja sesuatu di toko tersebut

      Delete
  7. menarik banget nih, walau sedikit ribet, tapi lumayan kan dapet nya?

    ReplyDelete
  8. kmrn jg sempat dihubungi sm agency apa ya namanya lupa.. tp trus akunya yg ga bisa pas jadwalnya ditentukan. hihi... tp kmrn dibyr pake produk yg counternya qta dtgin sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh jadi kita beli produk yg ditentukan ya mak? Trus produknya buat kita gitu ya?

      Delete
  9. Itu dpt EUR54 untuk sekali kunjungan atau beberapa kunjungan?

    Kalo ngisi kuesioner nya tanpa bener bener pergi kunjungan, mereka juga mana tau ya? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembayaran kloter pertama itu unt 5,5 kunjungan. 6 kunjungan sih, tp 1 toko ga eksis, jd dibayar setengah.

      Delete
    2. Eh iya lupa pertanyaan satunya.
      Kan di dalem kuisionernya Ada disuruh aplot photo sesuai yg diminta, termasuk photo depan toko. jd kalo ga melakukan kunjungan, agak susah gitu merekayasa poto2nya. Mending dateng in aja sembari jalan2. Hihihi

      Delete
  10. wahhh, di bank tempat aku kerja juga ada nih beginian.. Mystery shopper... dan biasanya kita emg ga tau kalo itu mystery shopper... Tau2 ntr ada reportnya dikirim ke bos-bos di atas termasuk CEO bank kita, lengkap ama foto dan video.. krn biasanya mystery shopper ini pake kamera yg ditaro di kacamata ato kancing jas, gitu2 deh mba :D...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh bener2 terselubung Dan misterius dong ya. Aku Kira produk luar aja yg ngadain program blind QA gini, ternyata disini jg ud Ada ya.

      Delete
  11. Wah menarik nih, mak. Reportnya in english ya mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, in English. Tapi banyak an cuma nulis angka trus aplot photo. Mulia agak panjangan kalo di additional comment, itu jg kalo ada :)

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Wahh kita harus ke toko langsung ya Mak? Raa susah sekarang keluar2nya ini, tp mau coba juga ahh kali di tempatku sini bisa juga, biar terkenal juga ni tempat, eehh.
    Makasih infonya ya Mak, salam kenal Mak :)

    ReplyDelete
  14. wah, ada ya seperti ini kayaknya seru juga

    ReplyDelete
  15. Seru juga, tapi adanya di kota-kota besar ya Ma? *gigit jari

    ReplyDelete
  16. Produknya beli dari duit kita sendiri y?

    ReplyDelete
  17. Selamat pengalaman saya, 2 project ini sih ga Ada beli pake duit sendiri :). Cuma survey doang say

    ReplyDelete
  18. pernagh denger beberapa waktu lalu. Tapi, gak pede buat daftar. Baca postingan ini, jadi pengen coba daftar :D

    ReplyDelete
  19. wah seru banget ya ini.. tapi kalo saya rempong kali yaa kalo jadi mysterious shopper sambil bawa batita sama balita, hihihi.. trus pake kamera terselubung? ah, gak punyaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sy jg bbrp Kali bojong bayi + baby sitter nya (bapaknya) hehehe.
      Kamera hp biasa mak :)

      Delete
  20. Kalo kota kecil macam kampung saya udah ada belum yaa

    ReplyDelete
  21. Dicobaa dicobaaa... thx infonya mak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. O walah mak sdh daftar Dan verifikasi ya? Tp lupa, blom nyoba bertugas? Hayooo dicobaaa :)

      Delete
  22. seperyinya lancar2 aja ya mbak ujicobanya jadi mysterious shopper,,, padahal ya butuh sedikit nyali juga itu untuk bisa aplly 100%. Tapi layak lah buat dicobain, siapa sih yang ga suka cucimata di mall dan dibayar.. hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya mak lancar jaya. Alhamdulillah.
      Ayo mak dicoba

      Delete
  23. jadi pengen ikutan nih, aku pengen jadi misteriusnya aja sih sbnrnya hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah mila jangan misterius dong, nanti video2 nyanyinya anonim :p

      Delete
  24. nyobain ah daftar, terima kasih infonya mbak

    ReplyDelete
  25. jadi kita gak keluar uang ya, cuman survey doank kan... hehe coba ah.. thank infonya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluar uang sih, buat ongkos Dan jajan. Diluar itu, ga Ada :)

      Delete
  26. Wah asik juga ya mba melakukan hal itu hehe

    ReplyDelete
  27. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  28. Dulu prnh dftar tp bukan d helion, dan blm prnh dpt job misterius dr situ hehee

    ReplyDelete
  29. Menarik.pengen coba ah. Thanks infonya ya

    ReplyDelete
  30. Mak.. aku sudah daftar ini, sudah di verifikasi bla bla bla gitu, terus gw lupa dong kalo sdh daftar ini sampe postingan Mak muncul. Hahaha duuhh makasih ya Mak, gw cek cek email dari Helios ah.

    ReplyDelete
  31. Menarik nih, mak. Secara mau puasa dan lebaran...butuh banyak cring...cring *koinnya nggelinding...hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya mak, buat beli baju lebaran dan kue kering

      Delete
  32. seru nih mak, cuma kebayang rempongnya bawa krucils jalan2, TFS mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. krucilnya jalan2 dulu sama bapake, emaknya belanja :D
      sama2 mak

      Delete
  33. Eh kok keren gini. Coba ah hihihi Malang ada gak ya mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm nanti kalo ada, tak kabari yo. stay tuned :)

      Delete
  34. wow wow...ini info berharga banget...kapan2 nyobain, eh tapi nech saya di daerah banget...bisa gak ya...

    ReplyDelete
  35. Kalo untuk yang tinggal di kota kecil seperti saya bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak emi dimana? aku ke blognya kok banyakan cerpen ya?

      Delete
  36. Thanks infonya, sepertinya perlu dicoba. Promo Liburan Murah di Jogja, klik saja http://tourfilmjogja.com/liburan-murah-di-jogja/

    ReplyDelete
  37. masih blm mudeng, yg di review apanya ya mak? mksh infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelayanan ke konsumen mak yg di evaluasi :)

      Delete
  38. keknya sy ndk bisa job yg begini mak, tinggalnya dikota kecil, kalo ada review pasar tradisional mungkin bisa xixixi

    ReplyDelete
  39. mbak saya daftar hari sabtu, 95% data sudah masuk. sisa nya validasi data 5%. apakah validasi data dilakukan pas jam kerja senin sampai jumat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbak, biasanya sih hari kerja, jam kerja. Atas nama siapa?
      Mbak di daerah Mana?

      Delete
  40. halo mbak salam kenal, mbak mau nanya dong, saya apply tanggal 9 okt hari jumat, profile saya udah lengkap 100%, trainingnya juga udah saya ikutin semua, tapi kok belum dapat assignment ya mbak? apa belum di proses atau memang jarak waktu dari apply sampai dapat job itu memang lama? biasanya berapa lama waktu kita harus nunggu sampai dapat job pertama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbak anissa,
      Sekarang ini memang belum ada project nya. Project kemaren berakhir akhir agustus.
      Sering2 cek helion profile mu ya, begitu ada assignment, langsung aja apply

      Delete
  41. Salam kenal Mak Ratu. Masih ndredeg buat akun skrill nih, haha. btw, kok senasib yak gak hoki di lomba2 n review2 *siapa gue? wkwkwk

    ReplyDelete
  42. Hi .. Salam kenal.. Saya newbie di helion .. Saya udah lengkapi semua profile .. Tapi kok madih ga bisa buka training nya ya ?

    ReplyDelete
  43. akhirnya ketemu juga postingan jadi mystrios shoppernya, di aceh kayanya nggak ada yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini sih masih di beberapa kota besar di Indonesia. Mudah2an daerah lainnya segera menyusul

      Delete
  44. seru bingit mbak inii tapi kok aku masih nggak mudeng ya hahahaha

    nah ini tandanya rejeki sudah ada yang ngatur *lagi2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus trus udah dapet brp toko? :P
      Mulai ketagihan ni yeee

      Delete
  45. Saya udah lamaaaaa banget tertarik dengan sambilan satu ini. Cuma entah kenapa dulu nggak sampe daftar. Kali ini ada yang punya pengalaman langsung, jadi timbul lagi keinginan itu. Hehehe. Asyik kayanya ya, Mbak. Btw, itu kita bener-bener harus belanja (pake uang sendiri) atau sekedar visit dan tanya-tanya gak harus beli?

    Btw, salam kenal dari Pemalang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo agensi yg ini, ga perlu belanja apalagi pake duit sendiri. Ya cuma nanya2 aja trus poto2 mas. Ayoo dong daftar, klik link di atas

      Delete
  46. baru tau kalo ada yg kayak gini, masih ada ga ya? lumayan juga kan, jalan2 survey trus dibayar pula, sedeep.. hihihi

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)