queen-ing, washing then blogging

Saturday, October 10, 2015

Mi instant tengah malam


Aloha,
 Judulnya agak2 horor ya? Ahahaha. Biasa aja sih. Daritadi mau posting pusing mikirin judul, ga posting2 deh

Siapa suka mi instant?!
Ngacung!
Saya salah satunya, tapi ya biasa aja. Ga addicted banget banget. Kalo lagi kepengen aja, Dan biasanya sih kalo lagi kepengen makan itu jangka waktunya 3bulanan lah.

Tapi malem ini, gegara tadi tidur kesorean sembari ngelonin bocah trus ikut ketiduran Dan blom makan malem, alhasil kebangun lagi lah karena dapet sinyal dari perut. Sungguh, kalo laper pasti ga bisa tidur nyenyak. Itu kalo saya ya :D.
 Ga diet? Ya gak lah, kan saya masih Ibu menyusui *ngeles. M

Malem ini, suami saya rikues mi rebus, ya saya sekalian ajalah mi goreng. Trus, saya mau share aja gimana cara masak mi instant ala saya. Hihihi.

 1. Standard lah ya. Rebus air sampe mendidih, boleh di wajan atau dipanci tapi jgn di panci datar macem panci te*lon ya. Ya takut luber gitu air rebusannya :D.

 2. Kalo mau ditambahin topping, macem sawi atau telur, cemplungin telur Dan sawi tersebut duluan.
Kalo saya, biasanya tepat setelah telur masuk, langsung kecilin apinya, karena biasanya pas manasin air sampe mendidih saya pake api berkobar :D. Api kecil itu membuat si telur ga awur-awuran (berantakan) Menuhin kuahnya.

Sayang lah kalo jadi kuah telor sedangkan masaknya mie goreng, trus kuahnya kebuang, trus Mana mi goreng pake telornya?!

Setelah telur terkoagulasi (menggumpal) cantik, pake sendok/sodet/sutil atau apalah untuk perlahan ambil si telur, keluarkan dari air rebusan. Begitu pula si sawi, jadi air rebusan kosong, siap untuk rebus mi.

 3. Sembari nunggu topping, persiapkan bumbu. Ya cuma dirobek trus tuang aja sih ya?! Ahahaha. Kalo saya sih, tekniknya, bumbu kering Dan biasanya di potong pake gunting dikit di bagian tengahnya, kaya bikin coak aja.

Sebelumnya disobek sampe ujung, saya pencet2 Dulu deh tuh bumbu basahnya, terutama sih minyaknya, supaya nyampur. Setelah nyampur baru deh sobek sampe ujung. Ati2 kecipratan minyak.


 Kenapa saya milih cara seperti itu? Ya karena saya ga suka gunting kotor. Apalagi saya ga tau tuh gunting sebelumnya abis ngegunting apaan, bisa aja abis gunting kemasan sabun cuci piring, kemasan sabun cuci baju, etc. Lah kalo dipake juga buat gunting kemasan makanan, gimana kalo rasanya berubah agak nyabun2 gitu?

 Kalo abis gunting sesuatu sih biasanya saya Lap dgn tisu atau disiram air keran baru dilap lagi. Tapi itu kan cara masak saya, kalo suka yg ngebuka bumbunya pake gunting keseluruhan jg silahkan :D.

 Oiya bu mer(tua) saya sukanya dipakein cabe rawit diancurin seadanya pake sendok gitu, rasanya?? Cetaaarrr pedesnya sampe berlinangan keringat!!!

 3. Rebus mi TANPA bumbu sampai kematangan yg diinginkan. Kalo saya sih biasanya sampe tahapan dimana si mi masih agak keriting tapi baru mau terurai keritingnya hampir mau lodoh (lodoh tuh udah gede2, nyaris lurus, nyaris lembek).
Angkat Dan pindahkan ke wadahnya yg Sudah berisi campuran bumbu. Aduk rata. Jadi bumbunya meresapi mi.

 4. Untuk mi kuah, saya masak juga air di panci terpisah sesuai dengan takarannya air yg ada di kemasan mi instant, sekitar 400ml an ya?! Sampai mendidih dong supaya kumannya mati. Baru setelah itu diguyur ke mi instant yg tadi udah dibumbuin.

Untuk mi goreng, kuah rebusannya ya dibuang aja sembari disaring sisa2 mi nya. Jadi, kuah mi rebus, saya pakai air yang baru, bukan air rebusan mi.
Kenapa? Ya balik lagi ke selera. Saya sukanya kuahnya Bening, lebih merasa gitu bumbunya Dan lebih sehat.

Kalo suami saya, sukanya air rebusan mi, jadi praktis sih, ga masak dua Kali airnya :D, tapi sering bete kalo mintanya mi rebus eh jadi mi sindang (mi nya sedikit, kuahnya sedandang) alias nuang kuahnya kebanyakan XD.

 Pun, suami saya kalo masakin saya mi, pasti udah tau style saya kaya gimana.

 5. Masukin topping tadi. Biasanya sih telor belakang an ya, supaya keliatan cantik Dan menggugah selera. Diicip2 Dulu, baru tambahin saos.

 Ya gitu aja sih. Standard lah, namanya juga mi instant yg udah ada cara penyajiannya. Huahaha.

 Oiya, jadi inget ceritanya temen suami saya. Doi waktu clubbing, minumnya air mineral doang. Sekali nya pernah dipesenin dan minum miras entah namanya, langsung merah padam kelabakan (reaksi tubuh dan psikis kaget karena ga biasa kali ya?) trus keluar dari tempat clubbing tsb, ngibrit nyari apa coba? Warung kopi yg jual mi instant. Langsung pesen mi pake telor. Doi percayakan kalo mi instant pake telor itu menetralisir si miras tsb. Jadi detoxnya doi ya makan mi pake telor. Hehehehe. 

Oiya, ini posting an bukan ngiklan, ngontes, atau semacamnya. Cuma iseng gegara makan mi instan tengah malem. Ora popo lah ga candle light dinner di resto, yg penting bisa kenyang.

 Ada yg punya cara masak mi instant yang beda? Share yuks :)
22 comments on "Mi instant tengah malam"
  1. buka bumbunya kenapa mesti digunting? kan bisa disobek aja... :D

    ReplyDelete
  2. Suamiku dulu suka makan mie rebus pake bayam. Enak juga ternyata :)
    Saya dulu sukanya mie goreng pake telur mata sapi yang setengah matang kuningnya ... slurp ... lezat luar biasa ....

    Kalo sekarang, kami memilih menghindar, Mak ... umur kami sudah tak membolehkan kami menyatntapnya. Kenal sama umur kan? *eh* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow baru denger pake bayam. Sebagai pengganti sawi gityu ya mak?
      Eh iya saya juga suka yg telur setengah matang.

      Yah beda sih ya kalo si umur ud banyakan. Huahaha.
      Sayakan baru 18++ :D

      Delete
  3. Klo lagi sadar pengen lebih sehat kuah mie nya saya ganti pake air termos/dispenser. Males masak+sayang gas...#ngiritceritanya hahaha... Klo lagi buru-buru langsung pake rebusannya...

    Tos deh sama Mertua nya Mak, saya juga suka ikut direbus cabe rawit utuhnya trus kalau udah mateng di mangkok baru deh tuh cabe disiksa sampai keluar bijinya. Muantap pedesnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih sering sadar atau khilaf mbak? Hehehehe
      Makasih kunjungan nya

      Delete
  4. Akuuuuuu sukaaaaaaaa
    Aku laparrrrrr..
    Bundaaaa. TANGGUNG JAWABBBBBB... hiksssss...

    ROOSVANSIA | LOVE LIFE & MAKEUP JOURNAL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak rosssss, selamat ya dapet mi instant yg berapa belas juta gitu.
      Huahahaha

      Delete
  5. kalo rebus minya ditambahin susu enak juga mbak kayak spageti bolognese

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicampur sama air rebusannya gitu? Susunya susu apa cin? Skm atau uht atau bubuk?

      Delete
    2. resepnya pernah hits kok mbak... jadi direbus biasa pake air habis itu ditiriskan dicampur sama bumbu dan susu cair yang udah direbus enyakkk

      Delete
  6. jadi ngiler, udah lama ngga makan indomie, emang ajiib rasanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow... Ud berapa lama mak ga makan mi instan!?

      Delete
  7. sungguh cara penyajian yang amat sangat biasa :)
    kalau saya mah sama sih namun emang lebih ke gaya mertuanya mba biar hot-hot gimana gitu..heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya pada suka yg gaya hot gitu? Kalo saya, takut pedesnya melebihi ekspektasi, jadi ya yang standard aja. Hehehehe. Terlalu mainstream :D

      Delete
  8. Lho kok foto hidangan nya ga ada Mbak? Takut dosa bikin orang ngiler yah hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keburu abis cip. Itu aja baru kepikiran bikin posting an setelah bungkus+Bekasi bumbunya masuk tempat sampah. Kobok2 dikit deh buat dipotoin, untung masih dibagian atas. Huahaha

      Delete
  9. Halo, ini saya baru aja pertama dtg ke blog ini. Tertarik gara2 mie instan hahaha. Abisnya jarang banget ada posting mie instan, cara masaknya pula.
    Maklum saya penggemar mie instan kelas atas

    ReplyDelete
  10. udah lama gak makan mie aku... tapi aku kalo masak mie, pas airnya menggelegak gitu, aku cempplungin dulu cabe rawit yang dah diriis halus dan tomat... baso sawi.. baru deh terakhir mie nya.. karne aku sukanya mie nya tuh masih rada kenyal dikit gitu. gak suka kalo mienya dah lembek

    ReplyDelete
  11. duh, mie instant memang godaan banget buat saya. Dan, saya masih aja tergoda hahaha

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)