queen-ing, washing then blogging

Saturday, January 30, 2016

Membangun bukit koin

Aloha!
Akhirnya posting lagi.
Posting terakhir bulan Januari. Horeee akhirnya bisa posting minimal 8. *tepuk tangan buat diri sendiri



Mari ngomong in tentang menabung.
Anak kecil sampe artist nenek2 macem Titiek Puspa juga tau, kalo Nabung di bank :D.
Iya, Nabung di bank kalo nabungnya nominalnya besar, ya minimal 50rb an. Trus kalo uang2 koin? Buang aja? Huahahaha kaya banget.
Eh ga tau juga sih ya kalo yg hartanya udah sampe M M an itu uang koin diapain.

Kalo macem rakyat jelata kaya saya, masih sering terima uang koin dari minimarket, bahkan warung2 kelontong terdekat. Iya lah, masih ada yg harganya gopek an *macem permen jelly merk y*pi.
Jadi ya banyak aja gitu koin seribuan, gopek an, bahkan 100an! Yang saya juga mikir, ini koin 100/200 masih laku ga sih? Abisan udah kaya Plastik, ringan beut, udah gitu jarang ada yg transaksi pake join 100-200 ini.

BTW, sebelum lupa, saya suka dendam loh sama salah satu franchise donat terkenal yang harganya masih ada mulai pecahan sekian ratus rupiah, (seperti 45700) tapi pas dikasi uang besar, kaga punya kembalian logam.
Ya jangan bikin price list yang ada nilai recehnya lah. Kzl!!! Dan itu disemua cabang counternya memberlakukan rules itu. Males banget ya kasirnya mecahin ke pecahan uang logam?

Bahkan tukang jualan pulsa terdekat, malahan nanyain, apa saya punya uang logam 500 atau 1000 an sebanyak 100rb atau 50rb ga? Kalo ada, doi mau tuker, buat kembalian orang beli pulsa.
Hmm ada ga ya?

Ibu mertua saya sering komplain kalo uang koin berhamburan di lantai. Ya bukan maksud mau buang2 uang, tapi kadang ditaro di meja, eh dimainin sama si Arman, tersebarlah dimana2, Dan trus sebelum saya sempet ngeberesin, eh si mama udah dateng, ya gitulah kira2 cerita2nya.

Jadi kalo Arman tidur, saya mulai beberes lah, ya mungutin koin, ya beresin main dsb dsb, ya standard lah kerjaan nya ibu RT tanpa ART.

Kadang setelah dipungutin, ada beberapa koin 500an. Awalnya saya cuma taro sembarang di tempat yg tinggi yg ga terjangkau sama si Arman, tapi ga terlokalisasi, alhasil berantakan di rak sini situ. Trus kepikiran beli celengan kaleng, yang cuma 5000 itu harganya, ah tapi sayang, trus saya ngelirik ada banyak toples Plastik yang  kosong, yang bekas sosis langsung makan. Ahahaha cukup nih. Ga besar, ga kecil, pas!

Saya kumpulin lah semua koin yang tersebut di banyak lokasi Dan dilokalisasi di toples itu. Toplesnya saya taro dapur, tempat terakhir kalo sapu2, jadi sebelum debu lantai di buang di tempat sampah, saya liatin, ada koinnya ga, kalo ada, tinggal ditaro di toples yg ga jauh Dari tempat sampah.
Seminggu sekali, hartanya karun itu di itung2 trus di kelompokkan menjadi per 10 koin. Mayan kan 500 aja 10 udah 5000, kalo udah 10 bendel, jadi 50rb. Huahahaha.
Mayan buat jajan2, itu juga kalo inget. Kalo ga inget, numpuk aja gitu, tiba2 150rb aja.

Tapi kadang ada perasaan gimana gitu, bilang aja malu bawa uang koin buat belanja. Ya akhirnya ke tukang pulsa dulu deh nukerin sekalian beli pulsa, atau ke minimarket.
BTW, jangan kaget loh, minimarket itu tiap sore kedatengan pengemis, pemulung, pengamen buat nukerin duit koin mereka, bisa 50-150rb per hari per orang, mamen!!!! Bisa dibayangkan berapa penghasilan mereka sebulan?!

Lima puluh ribu itu masih bisa buat makan 3x sehari buat seorang loh disini. Malahan kadang, tukang2 makanan sekitar rela ngasih seporsi gratis buat mereka.
Jadi, pikir2 lagi deh kalo mau ngasih ke pengemis. Mereka luarnya aja sih yang memprihatinkan. Tapi ya balik lagi ke masing2 individu.

Agak susah ngebedain yang bener2 memerlukan bantuan, sama yang mengandalkan belas kasihan sebagai pekerjaan. Kadang di sekolah Negri sekitar, kondisi nya memprihatinkan, sampe baju sekolah seminggu itu aja yg di pake, tapi ternyata punya hape dong :(.
Ya balik lagi sih ya ke si pemberi, mau sedekah ke siapa. Suka2 dia yg punya harta berlebih gitu.

Ya balik lagi ke menabung, bisa kok kita Nabung sampe 10juta pertahunnya, dengan perhitungan sekian rupiah per harinya. Tergantung target nabungnya selama berapa lama Dan sejumlah berapa, bisa dihitung berapa Nabung per hari nya.
Masalah nya kalo Nabung per hari, yang nilainya secimit2 koin itu, hmmm mampu menahan napsu jajan beli ini itu ga? sementara sejam sekali ada tukang jajanan lewat. Ahahaha.
Balik lagi ke individunya.

Kalo kalian, uang koin diapain?
Have a nice weekend.

15 comments on "Membangun bukit koin"
  1. Aku punya setumpuk uang koin yang bingung mau diapain hehehe. Pengennya sih sesekali bayar belanjaan yang 1000 atau 500 gitu pake koin, tapppppiiii selalu aja lupa. Jadinya koinnya numpuk aja di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang males juga sih mbak, bawa krincing2 selain berat, juga berisik. Hihihihi.
      Yg di Rumah dibendel aja trus nanti tukerin ke tukang pulsa atau tukang sayur biasanya :)

      Delete
  2. jaman kuliah naruh semua koin di celengan. pas akhir bulan,,,atau saat kepepet ditukerin ke indomaret seklaian udah diselotipin hihihii. trus pas beberes rumah, nemu sewadah koin..gtau punya siapa gda yang ngaku. akhirnya buat makan di dcost rame-rame wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Saya masih kumpulin uang koin jg loohh Mbak, biasanya kembalian belanjaan, tp lebih sering nemu di saku pak Suami klo pas lg sortir pakaian yg mau dicuci theeen sama ituuu Mbak dimasukin ke toples sosis. Klo pagi beli sayur biasa pake koin loooh, heheheh. Tapi eehh ada jg doong tukang sayurnya yg udh gengsi terima koin, katanya udah gak laku,.iisshh KZL padahal yg lain mah masih terima ajah. Eehh pas kapan hari itu si penjual ini balikin kembalian pake uang koin jg padahal, isshh hellooow gak konsisten banget deh orang itu. *upssmaaf Mbak, jd curcol :D

    ReplyDelete
  4. Jd inget dulu pas udh mau pindah US, koin koin kita pake buat bayar parkir di mall. Jd sampe lama nunggu mbak nya ngitung huahahaha

    ReplyDelete
  5. Ditabung yang masukkin ke celengannya si kecil, buat dia latihan. Kadang juga buat uang parkir, juga buat pas belanja di minimarket yang kadang suka langsung bayar kembalian pake permen (tanpa konfirmasi, hadeuh)

    ReplyDelete
  6. Bener sekali mbak. Nabung oun ada targetnya. Sedikit demi sedikit lama2 menjadi bukit. Meski cuma sekepin dua keping receh klo lama kelamaan bisa jadi lemaran lima puluh ribu lho

    ReplyDelete
  7. buat bayar toll pondok gede yg 1500 rupiah hehee

    ReplyDelete
  8. entah g ini terlalu pelit atau kikir yah, tapi yang namanya receh itu ga pernah g sia2kan lho! klo Buled cuma mau terima 500-1000 diboilnya buat kasih pulisi cepek, tapi klo g sampe 50 perak aja masih g terima, dan klo ditoko dimana ga ada yang mau terima g masukin ke bank, g tabung! wakakaka... tapi biasanya yang 100-200 sih g bundel tuh jadi 1000 atau 2000 buat kasih tukag parkir hehehe... jadi selalu habis, kadang malah sampe kehabisan :D

    ReplyDelete
  9. pecahan 500-1000 buat emaknya... pecahan kecil entah 100 atau 200 perak buat celengan si bocah hahahaha....kebolak yak? salah dong akyuhh.
    nanya dong, sebenarnya receh 100-200 perak ituh masih berhargakah? dalam artian masih bisa dipakai untuk transaksi jual-beli? secara yee dah beberapa kali kembalian receh segitu ga dibalikin sama kasirnya #KZL

    ReplyDelete
  10. aku ngumpulin duit koin itu buat pengamen di lampu merah biasanya atau pak ogah... yah gitu deh mbak you know why lah haha

    ReplyDelete
  11. aku dari 5 tahun lalu suka banget ngumpulin koin 500 dan 1000an. sampai ada 3 atau 4 botol susu cimory deh tuh.. awal2 sering diitung2, sekarang mah udah males ngitungnya. ntar aja klo udah smp 10 botol baru dituker jadi kertas. skrg bisa buat ganjel pintu atau barbelan. barbelnya pake duit. hihihii

    ReplyDelete
  12. kemarin baru aja kaya gni.. terkumpul uang 110 ribu wah senengnya bisa buat pulkan ke Madiun ^^

    ReplyDelete
  13. gw & arif malah collect koin 1000 & 500-an yg kuning. seneng bangetv kalo dpt kembalian ITU. ya kali nanti jadi harta karun.... #ehmasihlakugagya

    ReplyDelete
  14. Gegara kumpulin koin gue bisa belanja sayur di akhir bulan hahahaha. plus buat simpanan di mobil kasih Pak Ogah :)

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)