queen-ing, washing then blogging

Sunday, June 26, 2016

Tips Memilih Smartphone Murah Berkualitas untuk Berlebaran



Ketika lebaran tiba, kita selalu menginginkan sesuatu yang baru. Sebenarnya tidak selalu sih, tapi ada banyak orang yang ingin memiliki barang-barang baru saat mereka merayakan lebaran. Misalnya saja baju baru, pakaian baru, atau gadget baru mungkin. Saya sendiri sebenarnya juga suka kalau punya barang-barang yang baru terutama yang saya impi-impikan.

Salah satu kebutuhan yang mungkin bisa dikategorikan ke dalam kebutuhan primer mengingat fungsinya yang sangat banyak, smartphone merupakan salah satu barang atau benda yang patut kita pertimbangkan.

Memilih smartphone tidak bisa sembarangan mengingat benda yang satu ini apabila salah memilih akan membuat kita menyesal karena, kualitasnya yang tidak bagus atau karena fiturnya yang tidak lengkap. Akan tetapi, bagi kita yang memiliki budget terbatas, tentu saja hape murah sudah pasti menjadi incaran. Akan tetapi kita tetap harus berhati-hati. Namun bukan berarti bahwa hape murah selalu jelek kualitasnya.

Agar kamu tidak menyesal ada beberapa cara memilih smartphone murah yang berkualitas yang bisa kamu manfaatkan untuk berlebaran atau untuk memenuhi kebutuhanmu selama mudik misalnya untuk navigasi, untuk mendapatkan informasi, lain-lain.

Seperti yang dilakukan oleh teman saya, si Vincent Setiadi yang sering menenteng smartphone murah tapi gak murahan dan cukup bergaya serta berkualitas, ternyata, dia memiliki cara memilih hape murah yang kualitas yang menjadi rahasianya selama ini. Berikut adalah tipsnya:

Pilih brand yang terkenal

Ada banyak brand smartphone yang masuk ke Indonesia. Mulai dari yang sama sekali tidak pernah kita dengar dan memiliki nama sangat aneh hingga nama-nama terkenal seperti Samsung, LG, Huawei, Asus, Xiaomi, dan lain-lain.
Diantara beberapa vendor smartphone yang seringkali menawarkan smartphone berkualitas dengan harga murah diantaranya adalah, Asus, Xiaomi, dan ZTE. Ketiga vendor smartphone yang telah disebutkan tersebut adalah vendor smartphone terpercaya yang walaupun menjual beberapa produknya dengan harga murah namun cukup berkualitas.

Cari informasi sebanyak-banyaknya

Saat ini ada banyak pilihan smartphone mulai dari harga satu jutaan dan smartphone dengan harga dua jutaan yang memiliki spesifikasi sangat bagus dengan material yang juga menggiurkan.
Namun bukan berarti kita harus tergoda dengan hal tersebut. Terlebih dahulu sebisa mungkin carilah informasi mengenai smartphone yang menjadi incaranmu di beberapa situs terpercaya. Misalnya, kamu bisa membuka Youtube untuk mencari review smartphone yang kamu inginkan. Atau dengan mengunjungi GSMarena. Di situs tersebut biasanya ada beberapa orang yang nge-share pengalamannya menggunakan smartphone yang bersangkutan.

Sesuaikan dengan kebutuhanmu

Saat ini hape dengan harga 2 jutaan sudah cukup banyak yang menawarkan fitur dan spesifikasi kelas menengah ke atas dengan RAM 2-3 GB serta memori penyimpanan 16 GB atau lebih.
Namun, selain spesifikasi di bagian dalam, kamu juga harus memperhatikan kemampuan kamera dan kapasitas baterai yang dimiliki serta jenis display yang digunakan. Apakah smartphone tersebut memiliki pelindung tertentu seperti Gorilla Glass, Dragontrail, atau yang lainnya. Karena tentu saja hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kualitas sebuah smartphone.

Perhatikan teknologi jaringan yang digunakan

Banyak diantara kita yang masih awam dengan teknologi jaringan yang digunakan oleh sebuah smartphone. Jadi jangan heran apabila kita sering menemukan sebuah smartphone yang kesulitan untuk menangkap sinyal, baik itu sinyal seluler atau sinyal internet. Jadi, pastikan kamu memperhatikan spesifikasi teknologi jaringan yang dibawa oleh smartphone incaranmu sebelum membeli.

Kapasitas baterai

Telah disebutkan sebelumnya bahwa kapasitas baterai yang dimiliki oleh smartphone incaranmu juga perlu diperhatikan. Sebab beberapa smartphone hadir dengan kapasitas baterai yang tidak terlalu besar, atau cukup besar namun sangat boros. Jadi cobalah untuk memperhatikan review yang diberikan oleh beberapa situs atau video di Youtube.

Belilah di tempat yang bisa dipercaya

Kamu tidak harus berbelanja langsung di toko konvensional, melainkan kamu juga bisa berbelanja di toko-toko online yang terpercaya. Karena beberapa toko online biasanya memberikan diskon yang cukup menggiurkan pada saat menjelang lebaran. Perhatikan reputasi penjual sebelum kamu memutuskan membeli barang jika akan membeli melalui toko online. Jangan mudah tergiur dengan harga murah sebelum kamu mengantongi informasi yang lengkap mengenai penjual maupun barang yang akan kamu beli.

Tips memilih smartphone murah berkualitas ala Vincent Setiadi diatas, apabila kamu ikuti, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan sebuah smartphone idaman yang bisa kamu andalkan untuk lebaran.
2 comments on "Tips Memilih Smartphone Murah Berkualitas untuk Berlebaran"

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)