queen-ing, washing then blogging

Monday, June 27, 2016

Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Motor


Mudik adalah kegiatan yang hampir bisa dipastikan secara rutin kita lakukan setiap tahun, untuk kembali pulang ke kampung halaman, terutama pada saat lebaran tiba.

Banyak diantara kita yang kebetulan bekerja di luar daerah atau kebetulan memiliki tempat tinggal yang jauh dari daerah asal, mudik lebaran tentu saja sayang untuk dilewatkan. Terlebih ini adalah waktu paling tepat untuk berkumpul dengan keluarga terutama orang tua serta saudara-saudara yang lain yang juga mungkin datang dari berbagai daerah yang berbeda-beda.

Namun dibalik antusiasme yang sering kita tunjukkan ketika berami-rami pulang untuk mudik, kita juga harus mewaspadai beberapa hal terutama kecelakaan yang seringkali menimpa beberapa pengendara.

Agar hal tersebut bisa dihindari, atau agar kecelakaan tidak terjadi pada saat kita melakukan perjalanan mudik, khususnya menggunakan kendaraan roda dua atau mudik dengan motor. Berikut adalah beberapa tips mudik aman dengan motor ala Bang Vincent Setiadi yang harus kamu perhatikan.

Periksa kondisi kendaraan

Hal pertama yang sangat penting untuk dilakukan adalah memeriksa kondisi kendaraan. Mulailah dari yang paling bawah seperti memeriksa kondisi ban. Sebisa mungkin gunakanlah ban yang memenuhi syarat yaitu ban yang tidak gundul. Tidak hanya ban luar, kamu juga harus memperhatikan ban dalam. Apabila sudah pernah bocor atau apabila sudah terlalu lama sebaiknya kamu menggantinya dengan yang baru.
Kemudian periksa kondisi lampu, baik itu lampu utama maupun lampu sein serta lampu rem.
Kondisi mesin juga harus prima. Jadi setidaknya sebelum berangkat mudik kamu harus menyervis motor terlebih dahulu.

Kurangi beban kendaraan

Kendaraan memiliki batas maksimal untuk beban yang bisa dibawa dan sebisa mungkin perhatikanlah syarat yang diberikan oleh pihak pabrik. Karena hal tersebut juga sangat mempengaruhi keseimbangan dan cara kita menyetir saat berada di jalan.
Bawalah barang-barang yang paling dibutuhkan saja. Apabila ada beberapa barang yang kemungkinan besar bisa kamu dapatkan di tujuan mudik, sebaiknya tidak kamu bawa serta.

Gunakan pengaman

Pengaman seperti helm dan menggunakan jaket saat berkendara baik pengendara itu sendiri maupun penumpangnya adalah sebuah kewajiban untuk menjaga keselamatan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Beristirahatlah saat lelah

Kondisi setiap orang tentu saja berbeda-beda. Apabila kamu merasa sudah capek dan perlu untuk beristirahat, jangan ragu-ragu untuk mendatangi beberapa tempat peristirahatan. Sebisa mungkin gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat-tempat peristirahatan yang mungkin bisa dimanfaatkan terutama pada saat kamu sudah mulai capek atau pada saat malam tiba.

Selalu perhatikan rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan

Nyalakan lampu kendaraan walaupun siang hari. Lalu, sebisa mungkin sebaiknya jangan pernah melanggar rambu-rambu lalu-lintas agar keselamatanmu maupun orang lain lebih terjamin.

Bawa P3K

Tidak perlu yang ribet, perlengkapan P3K yang simple dan mudah dibawa sebaiknya juga dipersiapkan. Karena jika bukan kamu, mungkin saja orang lain yang membutuhkannya. So, take care.

Tips mudik dengan kendaraan roda dua agar aman dan nyaman ala Bang Vincent Setiadi diatas perlu kamu perhatikan untuk menjaga keselamatan dirimu maupun penumpang yang kamu. Dengan begitu kamu bisa kembali ke kampung halaman dan kembali ke kota dimana tempat kamu bekerja dengan selamat. Akhirnya, selamat mudik...
18 comments on "Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Motor"
  1. Ini mudik pakai motor ya Mbak? Duh, kebayang kalau saya mudik ke kampung pake motor. Jarak Anyer - Cilegon saja pernah pakai motor, karena jalanan lumayan kadang naik kadang turun, trus naik motor y yang nungging, begitu turun, kaki dua-duanya gemeteran...hahaha.
    Makanya, saya suka salut sama orang - orang yang mudik pakai motor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga mudik mbak. Jalan jauh pake motor aja kesian anakku. Heheheh

      Delete
  2. mudik kemana mbaaak? hati-hati di jalan ya :D

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Cieee yg mudik ketemu copet trus stasiunnya kelewatan :p

      Delete
  4. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  5. Satu lagi, kalo bawa anak kecil ditaruh tengah aja, disuruh duduk yg bener ... jangan berdiri. Entar kalo direm mendadak itu anak bisa terpental kalo dibiarin berdiri di motor. Aduh, jangan sampe deh ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, anakku kalo agak jauh juga dikempit di tengah. Kalo di depan kan banyak angin dan ga safe pula

      Delete
  6. yang paling penting itu satu motor yang naik maksimal dua orang, aku ngeri kalo liat pemudik yang di motornya ada bapak, ibu, sama anak-anaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun begitu. Sudahlah, kalo anggota keluarga bertambah mendingan ngangkot atau naksi. Drpd ga selamat kan ya?

      Delete
  7. Nice tips mba, kalau saya sih mending naik kendaraan umum daripada naik motor :(

    Anyway, Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf lahir batin Mbak Ratu

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)