queen-ing, washing then blogging

Friday, June 10, 2016

Yang khas di bulan Ramadhan



Aloha!

Apakabar?
Gimana kabar puasanya?
Hmmm kalo saya, ya gitu deh. Hahahaha. Namanya juga bumil :D.
Kali ini saya mau cerita2 tentang yang khas di bulan Ramadhan. Ngobrol2 santai aja sih, gag serius.

1. Acara penuh, bukber dimana2 tiap weekend.
Ahahahaha. Ini mah udah ketebak. Puasa ga puasa, tetep aja undangan bukber numpuk. *sok artis* padahal mah ga cuma artis yg diundang bukber, kita, rakyat jelata juga dapet undangan bukber. Bahkan kalo di group WA temen2 SD saya, puasanya belom mulai, pak EO udah nanyain kapan buka bersama. Hahahaha. Emang sih, bulan puasa gini dijadiin ajang silaturahmi, bahkan reuni dadakan, sembari gelar dagangan. Ada yang jual kue, baju lebaran, bahkan ada yang jual karpet! Percaya ga sih?

2. Lesehan lebih asyik.
Nah ini. Berhubung banyak acara bukber di rumahan, maksudnya di rumah siapa gitu, kayanya lebih terakomodir kalo para hadirin hadirat lesehan pake tiker atau karpet. Secara, bangku/sofa kan seatnya terbatas, banyakan pada ngampar di lantai. Biar agak cakepan, ya pake tiker atau karpet. Kalo saya di rumah sih pake lampit (tiker bambu) eh tapi saya belom pernah sih ngadain acara bukber dirumah. *terus????* cuma mau info doang. :D

3. Semua pada jualan.
Semua jadi berwirausaha. Ya macem2 jualannya, sampe jualan henpon baru juga ada. Karena entah kenapa ada anggapan kalo hari raya itu lebih afdol pake yang baru2. Dari baju baru, sepatu baru, tembok di cat warna baru, henpon baru, bahkan mobil baru!!! Ya itu sih yang kelas sosialnya tinggi.
Kalo contoh sederhananya, semuanya tetiba pada jago bikin kolak, bikin minuman es es an gitu. Karena kekreatipan orang pada jualan gini, sayanya pun kadang jadi ikut konsumtip mau beli ini itu buat buka puasa, padahal....

4. Mesjid penuh
Iyaaa. Awal2 aja sih sebenernya. Sad but true. Kalo 10 hari awal, pasti mesjid penuh sama yang teraweh, abis itu shafnya makin kedepan, makin kedepan, trus jamaahnya pada ngantri di kasir dept store deh. Atau jamaahnya pada sibuk bikin kue -_-. Banyak pesenan bok!

5. Banyak uang baru beredar buat lebaran
Mendadak orang punya budget khusus untuk nukerin sejumlah uang ke nominal yang lebih kecil trus bagi2 deh pas lebaran.

Hmmm kalo ini, saya juga bingung tradisi darimana ya? Duluuu banget waktu saya masih kecil entah kenapa kaga ada tuh yg ngasih duit baru buat 'thr' kecuali kalo misalnya silaturahmi open house ke rumah bosnya si papa. Itu juga bosnya cuma 1, berapaan sih dapetnya? Makanya saya agak heran kalo anak2 sekarang pada berlomba2 ngitung pendapatan lebaran. Eh Arman juga dapet sih berlembar2 uang baru eh terus setoran dong ke mamanya. Ahahahaha.

6. Tayangan berbau2 ramadhan
Nah ini juga banyak. Bahkan dimulai sejak belom ramadhan trus biasanya habisnya setelah lebaran. Maksudnya, tayangan yang banyak pemerannya pake jilbab gitu, pake baju kok gitu deh.

7. Iklan2 ramadhan
Nah ini juga seru. Kalo udah mah bulan puasa pasti deh iklan sirop, iklan sarung, iklan minuman dingin nan menyegarkan, iklan obat maag, iklan mouthwash lebih sering frekuensinya.

8. Sale dimana2.
Ini bikin budget hari raya membengkak. Ahahaha. Mentang2 ada tulisan SALE semua pengen di beli. Padahal mah lebarannya cuma 2hari, tapi beli kostumnya banyak aja. Alesannya, mumpung sale... ahahahaha.

Apalagi ya? Ada yang mau nambahin?
Yuk ah sharing.
28 comments on "Yang khas di bulan Ramadhan"
  1. Embyerrr hihi
    Duduk ngegelosor sambil ngangetin kaki itu paling smpuh ya di karpet

    Akuuuu udah jago bikin kolak #sombong

    Iya yah semua pada latah nuker uang baru
    Kasian sebenernya yg pendapatannya pas pasan , tp takut dicap pelit lantaran ga bagi bagi angpao hahaaa

    Tp kadang ada anak yg ga tau attitudenya dah diajarin blum sm ortunya, klo dikasi angpao suka banding2in ama hasil yg didapet dari orang lain tepat di depan yg ngasih hahaaaaaa
    Iklan sirop ni yg trus terusan diputer
    Tp ntah knapa klo beli sirop suka ketahan2 ga dibuka nyampe expired lebaran berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak banget kalo abis jalan2, kaki pegel, selonjoran di karpet, apalagi kalo karpetnya bulu tebal, jadi pengen tiduran trus ngorok. Huahahaha.

      Aku jago beli kolak aja, kalo aku juga jago bikin kolak, ntar yg lain jualan pada ga laku *sombong hahahahah

      Iya, kesian yang kaum duafa macem aku ini, invoice blom pada cair, mana sempet tuker2 duit, dibagi2in pula :((

      Delete
  2. Iklannya jadi bersambung mbak.... Hahaha... Baju kembaran sekeluarga juga sih skr musimnya, paling gak warnanya senada. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya bener. Di ig juga lagi banyak iklan baju sekeluarga samaan.
      Lagi musimnya ya. Taun depan kira2 apaan ya yg samaan?

      Delete
  3. Kalo di semarang, menjelang buka puasa di sekitar bunderan simpang lima rame. Mahasiswa mahasiswi pada jualan takjil dan jajanan dadakan. Seger-seger lho keliatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh mbak evylia dia semarang ya mbak.
      Iya mbak, di jalan protokol komplek juga gitu. Berjejer semua tukang jajanan. Heheheh

      Delete
  4. Ga cuma baju, se mukena2nya juga couple. Ha..ha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya, mukena ibu dan anak! Banyak juga iklannya di ig.
      Hehehe

      Delete
  5. Sale dimana mana, mau beli semua rasanya, tapi apa daya wakakkaka. Ada tambahan mba, Ramadan juga identik dengan penantian THR :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya ya, THR, orang pada nanyain kapan thr turun. Nunggunya mah lama, habisnya sekejab. Hahahah

      Delete
  6. Bundaaaaaa, aku seneng sama jualan dimana - mana, banyak kue - kue enak hiihihi. Aku suka hilappppp juga bunda ahahhahaha. Selamat berpuasa, sebentar lagi lebaran lagi deh ahhhhh senangnya. Kumpul - kumpul bersama keluarga. Seruuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hush hush calon manten kudu jaga timbangan, ntar kostumnya ga cukup :p

      Delete
  7. Kalau boleh saya tambahkan kalau menurut saya mah paling khas dari bulan ramadhan adalah karena ada kolak dan manisan lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua yang manis, hadir di bulan ramadhan :)

      Delete
  8. aku kalo butuh ngobrol dan pinjem buku cuma salto bentar sampek ke rumah mbak inge mbak hahaha... kalo teman kerja teman kuliah kebanyakan di jakarta atau luar surabaya. *jawabin komen mbak ratu

    bukber tahun ini di rumah ajah sama paksu :p

    ReplyDelete
  9. saya sekarang selektif banget memilih undangan bukber. Mending di rumah hehehe. Kalau bukber bukan di resto yang saya alami biasanya bukan banyaknya yang jualan. Tapi karena potluck, semua bawa makanan dalam jumlah banyak. Akhirnya malah berlebih banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di rumah, lebih hemat. Kalo bukber kadang menyerap banyak biaya. Ahahaha

      Delete
  10. hhahahhaa bener semuaa yang di tulis di atas, di tempat tinggalku mendadak ada pasar kaget tiap sore semuaaa dijual dari mulai baju, makanan dll *aji mumpung xixiix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsumtip kayanya juga jadi ciri di bulan ramadhan ya. Semuanyaa mau dibeli. Padahal kapasitas perut kan terbatas. Akhirnya ga kemakan

      Delete
  11. Gw demennya kl bulan ramadhan adalah ngga ada yg ngerokok...heaven banget buat non smoker macam gw hehehhe...
    ebujuggg beneran tuh jualan karpet, niat bener..hebad euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh iya, asap rokok agak berkurang. Asal jangan nongkrong di area smoking aja. Soalnya banyak juga yg ga puasa sih

      Delete
  12. Replies
    1. Di rumah, di tukang es, di parsel dan di iklan tipi ahahaha

      Delete
  13. ini yan gbuat aku kangen sama tana air..di sini soalnya biasaa ajaaa :)..kecuali datang ke masjid, baru kerasa puasanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, beginilah puasa di kampung halaman. Seruuu

      Delete
  14. hehehe, benar semua tuh Mba Ratu :)
    sama tambahan satu lagi, pegadaian mulai penuh menjelang lebaran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yaaa? Aku blom pernah ke pegadaian sih mbak. Hehehe

      Delete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)