queen-ing, washing then blogging

Sunday, July 31, 2016

Jantung Sehat Hingga Nanti

Pic source: transitiontamers.com


Aloha!
Sehat itu mahal, kata sebagian orang. Tapi sakit jelas lebih mahal lho. Makan sehat dan konsultasi dokter tentu akan membutuhkan biaya yang lebih sedikit dibanding perawatan atau rawat inap di rumah sakit, ya kan?

Saya ga nyangka akan kepikiran dengan kesehatan jantung ketika menyaksikan riwa-riwi iklan makanan dan bahan makanan di layar kaca yang mempromosikan tentang betapa baik produk mereka terhadap kesehatan jantung.

Saat ini, ketika saya melihat bening mata Arman yang tertawa-tawa dan wajah adik perempuannya yang begitu mungil, saya tahu bahwa saya ingin menyaksikan mereka tumbuh besar dan mendampingi mereka meraih cita-cita. Mendukung usaha terbaik mereka dan membesarkan hati mereka saat menemui kegagalan dalam usaha. Bersama mereka di pelaminan dan turut berbahagia menimang anak-anak mereka.

Ya, saya ingin tetap sehat untuk menyaksikan dan menjalani itu bersama mereka. Saat ini yang menjadi perhatian saya adalah bagaimana makan yang lebih sehat untuk kesehatan jantung. Mengingat semakin banyak saja orang yang diberitakan mengalami sakit pada jantungnya meskipun masih dalam usia muda. Itu terutama jika mereka tidak menjaga pola hidup, terutama pola makan.

Saya mencatatnya disini sebagai pengingat diri sendiri untuk pola makan yang lebih sehat.

#1 Batasi lemak dan kolesterol
Makanan yang berlemak dan mengandung resiko kolesterol memang menggoda karena rasanya yang enak. Contoh saja masakan padang dengan segala lauk pauknya, bahkan sekadar kuah saja sudah super enak dimakan bareng nasi. Memang kuahnya juga mengandung lemak karena minyak dan santan yang terkandung di dalamnya.

#2 Lebih memilih protein rendah lemak
Protein rendah lemak ini contohnya olahan kedelai seperti tempe tahu dan protein hewani seperti ikan, daging tanpa lemak serta putih telur.

#3 Makan lebih banyak sayur dan buah
Buah-buahan dan sayur sudah lama kita tahu termasuk dalam menu wajib empat sehat lima sempurna. Memang sih perannya dalam kesehatan tubuh kita sudah diakui dan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayur. Lebih sehat untuk mengkonsumsi mereka saat segar tanpa tambahan gula atau lemak. Akan lebih baik lagi bila meminimalisir penggunaan garam saat menyantap sayuran.

#4 Meningkatkan konsumsi serat
Serat membantu menurunkan kolestrol dan melancarkan pencernaan. Jadi penting untuk menambahkan serat seperti olahan gandum, biji-bijian dan makanan sumber serat lain secara berkala.

#5 Berhati-hati saat makan diluar
Makan diluar akan berpontensi mengendorkan niat diet kita, atau mengganggu jalan diet sehat tanpa kita sadari. Pilih makanan yang tidak mengandung krim-kriman dan toping yang berat lagi berlemak. Prioritaskan juga makanan yang dipanggang, dibakar atau direbus ketimbang yang digoreng.

Susah-susah gampang ya niat makan lebih sehat. Sambil nulis sambil menghela napas karena harus dadah-dadah sama makan gorengan ga terkontrol. Yah niat awal makan lebih sehat dengan mengurangi konsumsi yang kurang sehat seperti disebutkan diatas dulu deh. Oh ya penting juga untuk konsultasi dengan dokter jantung lho, lebih baik mencegah daripada mengobati kan?

Ada yang sedang berniat menjalankan diet sehat juga?

1 comment on "Jantung Sehat Hingga Nanti"
  1. Nice tips Mbak Ratu. Tambah tipsnya satu: perbanyak bergerak atau melakukan olahraga secara reguler :-)

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)