queen-ing, washing then blogging

Monday, July 25, 2016

Ketika Aplikasi Bisa Menjadi Alternatif withdrawl



Aloha!

Alkisah, ada seorang mystery shopper (MS) yang mencoba menarik penghasilan dari pekerjaan misteriusnya melalui web jasa transfer internasional, sebut saja web S. Selama ini, semua berjalan dengan smooth dan lancar2 saja. Dalam kurun waktu 2 hari, dana yang ditarik sudah duduk manis di rekening bank local –sebut saja Bank C- yang khusus dipergunakan untuk penghasilan dari pekerjaan ini.

Sampai suatu hari, ada seorang teman yang menggunakan web S untuk transaksi jual beli, tapi tidak punya akun di web jasa pembayaran dan penerimaan dana internasional ternama P, menitipkan dana untuk diambil melalui akun di web S nya si MS  ini. Si MS pun setuju dititipin supaya sekalian bisa withdrawl dana seiprit yang masih nyisa di web S.

Setelah dana masuk, si MS segera request withdrawl ke web S. Biasanya 2 hari, dana sudah duduk manis. Tapi sampai hampir seminggu hari kalender, dana tiada tanda2 masuk ke dalam kredit rekening.

Sampai H+5, CS bank C menelpon si MS bahwa ada dana masuk dengan mata uang asing (USD) namun tidak bisa diproses untuk masuk ke rekening yang dituju dikarenakan nama penerima berdasarkan si informasi pengirim TIDAK SESUAI dengan nama penerima rekening (beneficiary). Nah loh!

Selama ini beberapa kali transaksi penerimaan dana melalui web S tiada kendala. Tapi mengapa kali ini berkendala? Agak ribet lah penjelasan dari pihak bank, yang bilang kalo transaksi penerimaan uang sebelumnya hanya langsung approve saja namun kali ini harus manual dan bagian approval baru ngeh adanya perbedaan. Sedangkan si pihak bank C saja baru ngasih tau informasi ini setelah H+5 transaksi dan itu pun sore. Pihak bank ngasih waktu sampai dengan waktu tertentu atau bila tidak ditindaklanjuti, dana akan dikembalikan ke pihak pengirim. Si pengirim pun agak2 lama kalo di follow up, belum lagi kendala perbedaan waktu.

Pihak bank C kekeuh minta si pengirim untuk mengubah nama penerima sesuai dengan nama pemilik rekening (jikalau memang orang yang sama). Si MS follow up ke web S tersebut via HELP dan mention di twitter dengan harapan kosong, karena pernah mengalami hal serupa untuk kejelasan perbedaan nominal yang Cuma 0.5 euro, dan ga berbalas -_-. Tapi untungnya untuk kasus ini, keluhan ditanggapi melalui twitter dan difollow up via email untuk mengirimkan bukti ID guna mengubah nama akun di web itu menjadi sesuai dengan beneficiary di bank tersebut.

Pas proses pengubahan udah selesai, uangnya udah balik lagi dong ke web S. Hihihi. 
Akhirnya dana titipan dikembalikan ke penitip melalui akun mereka di web S tersebut. Iyes, akhirnya mereka bikin akun JUGA di web S!!! Tau gitu mendingan mereka bikin dari awal supaya ga ribet macem gini. Sementara dana si MS yang mau diikutsertakan untuk di withdrawl, masih mengendap di web S. Mau diwithdrawl, kok ya jumlahnya seiprit.  Besaran biaya adminnya XD.

Sampe akhirnya, dana tersebut terlupakan begitu juga password untuk login ke web S tersebut.

Sampai dengan titik itu, si MS adalah saya. XD.

Kemudian, baru akhir2 ini saya ngeh sama aplikasi kirim/terima uang dari salah satu provider seluler, Dompetku (https://plus.dompetku.com/)

Aplikasi ini, setelah saya inget2 bisa menerima kiriman uang dari web tersebut, gratis biaya admin. Langsung lah saya buat akunnya di dompetku kemudian mengurus reset password di web S tersebut.

Setelah mendaftar di Dompetku ternyata akunnya adalah regular, harus diubah menjadi premium dengan melengkapi data diri. Dan pengubahan status tersebut nampaknya memerlukan waktu.

Akhirnya saya ingat dengan seorang MS juga yang mengalami kendala penarikan dana dari web S. saya kontak dia dan bertanya mengenai hal tersebut. Syukurlah dia juga akhirnya menggunakan dompetku dan dana dengan sukses bisa ditransfer ke bank local M dan dana bisa dipergunakan.
Saat ini, saya masih mencoba send money dari web S ke dompetku, tapi apa daya yang bisa ditarik masih sebatas USD 3?! Dan ga bisa diubah. Saya masih agak bingung sih menggunakan fasilitas send money dari web S ini, saya masih menunggu bimbingan dari rekan sesama MS.

Mudah2an bisa ditarik dana seiprit itu ya. Amin.
Nanti diapdet lagi perkembangannya.

Tumben ya postingannya ngantung, kaya sinetron Kesempurnaan Cinta aja *padahal mah ga nonton akhirnya, cuma katanya sih ngantung*. Ahaaaiii.

Btw, kalo kalian pernah menggunakan jasa penerimaan/pengiriman uang via web ke bank local kah? Share dong.


4 comments on "Ketika Aplikasi Bisa Menjadi Alternatif withdrawl"
  1. oo, bisa make aplikasi juga ya, mba? klo dulu yang internasional kudu make swift kode segala. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak, free send money dari S ke dompetku sampai 31 july ini.
      Salah satu shopperku udah nyoba, tapi aku masih nunggu step by stepnya

      Delete
  2. Pengiriman dan penerimaan uang international cuma pernah pake WS aja mba. Dompetku ternyata fasilitasnya banyak ya.

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)