queen-ing, washing then blogging

Thursday, August 4, 2016

Survive di Bulan-bulan Pertama Setelah Kelahiran


Aloha!
Sebagai ibu dari dua anak yang sedang menjalani bulan pertama maka saya sering mendapatkan pertanyaan dari teman yang mampir jenguk, “Ratu ga capek ngurusnya?”

“Huahaha ya capek sih, sini bantuin yuk!”

Bercanda! Ga dibantuin juga gapapa, dikasih tas Cath Kidston Indonesia juga mau. Haha.

Soalnya saya dan suami memang hanya menjalani ini berdua, tanpa bantuan pengasuh dan asisten rumah tangga. Jadi hanya kami berdua berbagi tugas mengurus rumah tangga sekaligus mengurus Arman yang balita aktif dan bayi kecil kami. Berhubung banyak yang tanya gitu, jadi trus sekalian aja saya bikin tulisan yang berhubungan dengan bagaimana mengurus anak di bulan-bulan awal kelahiran.

Siapa tau pembaca blog rutin saya atau yang nyasar juga sedang butuh artikel yang berhubungan dengan tips menjalani hari-hari sebagai ibu baru. Mungkin para calon-calon ibu contohnya. Saya sih bukan ibu baru tapi juga masih belajar mengatur situasi dengan dua anak hehehe.

Cara Saya Untuk Survive di Bulan-bulan Pertama Kelahiran


Ga pasang ekspektasi tinggi

Ga usahlah kita punya ekspektasi yang tinggi, eh ini juga berlaku pada kita-kita yang perfeksionis, bahaya mak nanti jadi bumerang buat kita. Salah-salah nanti stress sendiri. Ekspektasi tinggi ga cuma berlaku buat kita ya tapi juga buat si bayi. Bulan awal ini rawan bikin stress karena bayi baru lahir sering nangis dan rewel tanpa sebab yang diketahui. Pokoknya kalau si bayi kenyang, popoknya kering dan ga ada keluhan sakit, santai aja. Kalau dia nangis dan rewel, kalem aja mungkin karena pengen dipeluk.

Taruh barang-barang keperluan bayi di tempat yang terjangkau

Simpel tapi penting nih, barang-barang keperluan bayi yang urgent kayak diapers, peralatan ganti popok, breast pump dan botol susu taruh aja di tempat yang dekat dan terjangkau. Jadi misal sewaktu-waktu popoknya perlu ganti saya ga perlu rogoh-rogoh laci atau lemari dulu untuk cari-cari barang yang dibutuhkan.


Ikut tidur ketika bayi tidur

Ini trik penting nih buat recharge tenaga para emak, kalau bayi tidur kita juga ikutan aja tidur. Ini mungkin ga susah untuk yang baru punya satu anak, pengalaman saya sih suka otomatis ikutan tidur juga meskipun ga direncanakan huahaha. Nah kalau anak udah lebih dari satu ada dua cara, yaitu ngepasin jam tidur si kakak dengan si adek biar emaknya juga sekalian ikutan tidur. Atau kalau ada suami misalnya, mulai biasakan dulu si kakak untuk menjalani semua aktivitas sehari-hari bareng ayahnya.

Kehidupan sosial seimbang

Ini penting juga meskipun ga jarang kita lupa pentingnya poin ini. Ibu yang sibuk dengan bayi yang belum lama lahir apalagi juga ngurusin rumah tangga sehari-harinya bikin gampang kena stress. Jadi kehidupan sosial itu penting, ngobrol sama teman, ibu atau ibu mertua sekadar chit-chat, main-main di media sosial sebentar bisa bikin kita lebih riang. Apalagi kalau baca-baca meme lucu, lumayan buat usir stress dan penat yang mampirlah. Buat yang punya anak lebih dari satu apalagi si kakak lagi lucu-lucunya, nyempetin ngobrol dan bercanda sama dia juga penting. Saya senang, dia juga senang karena adanya adik ga bikin dia merasa kehilangan perhatian emaknya.

Terima bantuan

Kita pasti ga enak minta tolong ibu atau mertua disaat-saat seperti ini. Usia mereka sudah lanjut dan waktunya menikmati gendong-gendong cucu pas cucunya ketawa-tawa riang aja, bukan buat repot saat si cucu nangis waktunya ganti popok. Tapi kalau kita susah handle-nya dan mereka menawarkan secara sukarela untuk membantu ya ga apa-apa juga kita terima lho. Beliau juga ga harus repot dengan ganti popok si bayi kok, yang rempong-rempong kita aja yang nanganin. Misal nungguin si bayi saat kita mandi atau menemani si kakak main saat emak sedang menyusui adiknya.

Bagi tugas

Penting sih bagi-bagi tugas. Kalau untuk saya sih penting untuk membiasakan Arman dekat dengan ayahnya.


Maksudnya bukan dekat ala anak-ayah karena pastinya mereka memiliki bentuk kedekatan sendiri, tapi juga membiasakan untuk beraktivitas sehari-hari ditemani ayahnya. Atau kalau jalan-jalan keluar digendong ayahnya terus. Untuk ini saya nyiapin backpack untuk menampung semua keperluan Arman kalau jalan bareng ayahnya. Nanti kalau adiknya sudah bisa diajak jalan, backpack itu juga bisa sih nampung keperluan adiknya juga huahaha.

 Kalau backpack, punya Cath Kidston Indonesia memang paling enak deh, entengnya super. Ga berasa berat bawa barang-barang printilan yang banyak. Beli langsung buat pegang-pegang dulu banyak di mall, kalau mau beli online lebih murah cari di Mapemall.com aja harganya lebih murah dan gampang belinya tinggal tunggu backpack sampe di rumah dianterin kurir.

Buat emak-emak yang sudah lebih kece pengalamannya, sharing yuk!
6 comments on "Survive di Bulan-bulan Pertama Setelah Kelahiran"
  1. Whaaa...anak kedua rempong juga apalagi kalau jaraknya deket ya mba. Tapi aku siap kok. Nikahii akuu mass

    ReplyDelete
  2. cath kidston emang unyu ngets motip2nyaaa ya mbakkk

    ReplyDelete
  3. Rempoooong banget apalagi dulu jarak ziandra zianka, anakku, cuman 1,5 tahun. Yang susah dulu tuh kalo anak tidurnya gantian... mas tidur adik bangun, adik tidur mas bangun... Emaknya kapaaaan tidurnya #curcol. Tapi alhamdulillah berhasil dilewati hahaha.

    Semangat mbak...

    Itu tasnya emang unyu ya...

    ReplyDelete
  4. Aku juga selalu urus anak sendiri dibantu suami sepulang dia kerja. Makanya aku keluar dulu dari kerjaan kalo punya baby. Lha wis gimana, udah bertekad full ngurus anak sampai dia si anak bisa disambi kerja.

    ReplyDelete
  5. Wah penting banget nih catatan2 mbak Ratu. Salut euy baru lahiran dan masih bisa blogging :-)

    ReplyDelete
  6. Ikut tidur ketika bayi tidur itu gimana caranya, sementara PR ngeblog numpuk bunda hahahahahahha. Btw aku juga suka tasnya Cath K, keren ya. Modelnya lucuuuuuuu.

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)