queen-ing, washing then blogging

Monday, August 8, 2016

Tips Belanja Hemat Versi RatuSYA

https://plus.dompetku.com/webroot/danplus/img/1920/red5.jpg
Aloha!
Kaum wanita kalau sudah masuk mall, department store itu perlu diwaspadai, gara-garanya sering laper mata. Jangankan teman yang etalasenya cihuy gitu, beli sayur di pasar aja suka kalap huahaha. Yang perlu waspada jelas si suami, lengah dikit dompet berpotensi bocor hahaha.
Itu sih saya, saya yang dulu tapi loh… catet!
Saat ini, saya ga gitu tergoda belanja macam-macam, saya juga ga belanja banyak-banyak. Tapi saya tahu apa yang bisa membuat kegiatan belanja kita sukses. Sukses dalam artian, efisien sekaligus hemat dan sesuai kebutuhan. Caranya gimana? Simple aja sih, saya berkomitmen menerapkan cara-cara setiap saat butuh belanja. Berikut ini yang saya terapkan di keseharian:
Belanja Pakai Daftar
Harus harus banget nyatetin apa aja kebutuhan rumah yang habis dalam list di buku catatan. Buku catatan apa aja yang penting kita nyaman, kalau bisa sih yang kecil jadi praktis kalau dibawa belanja. Kenapa pakai daftar penting? Biar fokus ke kebutuhan kita aja, ga tergoda beli yang lain gara-gara hanya diskon dan obral. Diskon dan obral memang menarik, tapi juga jadinya kita mikir ‘sayang ah beli satu mumpung murah’, tahu-tahu penuh aja troli belanjaan. Budgetnya melar dan bayarnya kadang kaget. Padahal itu karena ulah kita sendiri.
Batasi budget belanja
Promo ga menjadi alasan budget belanja kita hari itu jadi melar. Promo kan harusnya mengurangi budget ya, bukan malah nambahin. Ujung-ujungnya pusing juga kan bayarnya?
Tanya diri sendiri: Apa ini benar-benar dibutuhkan?
Khasnya perempuan, kalau lihat barang lucu jadi naksir. Entah karena warnanya bagus atau karena unik, entah buat diri sendiri, kebutuhan rumah atau anak-anak. Hayo ngaku!
Cara filternya terletak pada diri sendiri, balik lagi. Tanya diri kita deh sambil pegang barangnya, kita benar-benar butuh barang tersebut atau cuma bagian dari keinginan kita yang lapar mata. Fungsi barang tersebut apa, sudah ada belum barang dengan fungsi yang sama di rumah kita? Kalau ada, masih oke ga barang yang di rumah itu?
Yakinkan sampai kita paham fungsi barang tersebut benar-benar kita butuh atau bisa di skip dan dibeli lain waktu.
Bandingkan harga offline vs online
Saat ini sudah banyak situs online yang menjual barang kebutuhan sehari-hari kita. Ga cuma baju dan buku, alat elektronik segala macam bahkan bahan kebutuhan pokok sehari-hari buat kita konsumsi juga ada yang jual. Asik kan?
Kalau lagi browsing di situs online sementara pas kebutuhan pokok kita di rumah misalnya sabun, pasta gigi dan kawan-kawan habis eh pas lagi ada promo. Jangan malas untuk cek dan bandingkan dulu harga promo situs online dengan tempat kita biasa belanja (ini pentingnya nyimpen bon belanjaan ya mak). Kalau udah jelas banget lebih murah yang online, itung deh ongkos kirimnya berapa atau justru free? Kalau free ya ga ada salahnya kita lebih pilih belanja online kebutuhan pokok daripada belanja di supermarket ya kan? Yang lebih murah harus diprioritaskan cencu huahaha.
Kalau khawatir belanja online dan keamanan kartu debit atau kredit kita terancam, kita bisa pilih situs belanja yang support jenis alat pembayaran non tunai lain seperti transfer bank dan pembayaran via dompetku.com. Lebih aman lah yang ini.

Kalau belanja hemat versi kamu, gimana?
16 comments on "Tips Belanja Hemat Versi RatuSYA"
  1. sama mba, sekarang lg belajar hemat nih haha walaupun jarang pake daftar tp sy cuma belanja yang dbtuhkan aja d toko.terdekat atau kalau lg di kampus belanjanya di.koperasi biar dpt SHU banyak akhir tahun nanti wkkk..tips yang manjur berikutnya belanjanya jangan di.supermarket, d pasae tradisional or.d toko kecil aja

    ReplyDelete
  2. doh da aku mah suka kalap kalau grocery shopping mbak haha

    ReplyDelete
  3. Tips belanja hemat versiku: minta bayarin :)

    ReplyDelete
  4. Satu lagi mbak, belanja bareng suami... Yang tugasnya sebagai pengerem hahahaha

    ReplyDelete
  5. kalo udah ada daftar belanja, laper mata bisa ditahan ya... :)

    ReplyDelete
  6. Waduh mbak paling susah yang poin promo mbak.hehe Kalap mbak kapan lagi kalau udah promo @tutupmata

    ReplyDelete
  7. sering versi online juga kok apalag skr males jalan ke mall

    ReplyDelete
  8. Tips belanja hemat ala aku,... nunggu promo atau diskon besar :P :D

    ReplyDelete
  9. akakakakk...kalimatnya joss mak, karena ulah sendiri :D tapi tetep aja ya diulang lagi

    ReplyDelete
  10. Versi hemat aku:

    1. Pake spending tracker.
    2. Bawa duit cash, ga pake kartu.
    3. 60% gaji masuk tabungan yg ga bisa diambil kl ga kena penalti :)

    ReplyDelete
  11. tips nya keren mbak, aku banget. Soalnya nih ya, aku tuh sering banget malah beli hal-hal yang gak butuh untuk dibeli :D

    ReplyDelete
  12. Jurus yang paling jitu bawa duit secukupnya terus pasang kacamata kuda, belanja sesuai list belanjaan yang udah dibuat. Jangan cheating atau maksa beli yang ga direncanain (meski kadang suka aja kealamin sih :D)

    ReplyDelete
  13. NGGA BISA!!! Aku ngga bisa hemat bunda hahahahhaha, ini aja dah belanja macem - macem ngga karuan. HELP meeeee. Kalau tips belanja aku gini aja deh, mmhhhhh gimana yah hahahhaha. Ngayal aja susah apalagi real life hahahahhaha.

    ReplyDelete
  14. Yang susah itu nahan godaan diskon dan tahu ditabungan ada uang dingin, hihihihi

    ReplyDelete
  15. Aloha jugaaakkk !*kemudian ditabok

    Hmmm ngacung, yg klo beli sayur aja bisa kalap muahaha

    ReplyDelete
  16. saya juga kalo belanja suka lupa diri Mba Ratu, huhuhu
    selalu ngelakuin semua hal yang ditulis diatas tapi untuk yang nomor 3 itu kok jawabannya "pasti butuh" yah?

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)