queen-ing, washing then blogging

Tuesday, October 11, 2016

Fenomena Jual Beli di Grup Facebook Non Jual Beli

Reader, jangan lost focus :D

Aloha!

Apakabar semuanya?
Selamat hari Selasa.

Hihihi.
Jadi, mau borong apa di harbolnas ini?
Ngomong2 belanja online saya jadi inget tentang onlen sop saya, onlen sop yang kalo ada yang mesen ya syukur. Ga ada yang mesen juga rapopo. Onlen sop macam apa itu? Plak.
Hahahaha.

Saya jualan produk pencuci wajah. Produknya lulus BPOM kok dan dipakai banyak dokter kulit. Oiya saya cuma reseller ya, bukan owner brand itu. Owner dan reseller, tetiba teringat obrolan saya dengan sahabat blogger tentang jabatan freelancer di linkedin.
Kalo naro kata2 owner di profile linkedin kok berasa onlen sop ya sis? Ahahahaha.

Oiya, balik lagi ke belanja onlen.
Udah pada tau lah kalo belanja di ecommerce besar pasti difasilitasi rekening bersama. Yang artinya uang yang dibayarkan oleh pembeli masuk dulu ke rekening bersama, setelah barang diterima oleh si pembeli, barulah dananya masuk ke akunnya si penjual. Aman dan nyaman.

Yang ga terfasilitasi rekening bersama ya macemnya penjual online mandiri, yang jualanya cuma mau di channel sosmed nya aja seperti IG, FB, dan sejenisnya. Atau yang numpang jualan di group FB. Rekening banknya atas nama si owner online shop tersebut.

Nah yang di group FB ini menarik nih. Saya ikutan beberapa group di FB, dari mulai group masak2 sampe group ASI MPASI. Yang namanya group, pastilah seiring dengan banyaknya member, ada permintaan ada penawaran, ada yang jualan.

Sayangnya ga semua penjual yang tergabung di grup itu amanah, adalah yang gabung di grup untuk jualan aja dan tipu2 pula. Setelah uang ditransfer, barang tak kunjung datang, pembelinya posting dong di wall group tersebut.

Maksud pembeli yang tertipu itu sih ya pasti pengen curhat,
pengen dapet solusi kalo sukur2 uangnya bisa balik,
supaya jadi pembelajaran untuk member lain supaya ga tertipu, dan... ada juga yang minta tolong admin turun tangan atas persoalan ini.

Ya ga salah sih, cuma kadang kesian aja si admin. Karena mereka sama sekali ga dapet komisi apapun dari transaksi antar member trus diminta ikutan menyelesaikan pula.
Kadang ada admin yang baik yang mau turun tangan, kadang ya ga mau ikut campur juga, la wong jadi admin ga dibayar dan urusan pribadinya aja juga bejibun eh kok mau ngurusin orang lain.

Nah, kalo udah ada kasus yang ketipu gitu. Tetep aja ada orang yang bakalan komen, "harusnya admin bikin akun rekening bersama..."
Dan lalu saya ngakak...

Yaelah mas mbak, situ gabung di grup yang jelas2 bukan grup jual beli, yang mau masuk disitu harus ada approval admin, MASIH UNTUNG SI ADMIN RELA MENYISIHKAN WAKTUNYA UNTUK APPROVE SITU.
Ga disuruh pula harus kudu wajib beli barang dagangan sesama member, adminnya pun kerjanya sukarela. NGAPAIN JUGA adminnya harus ngeribetin diri sendiri ngurusin pula rekening bersama? Situ waras?

Ya kalo mau aman, jual belinya via marketplace aja, jangan ke perseorangan. Oiya, saya bukan antek2 marketplace juga loh tapi emang cuma ecommerce besar yang punya rekening bersama, kalo itu mau kalian sis.

Jadi ya, yang ikutan group yang sama dengan saya, trus jual beli trus minta rekening bersama, pikir2 dulu deh. Kesian adminnya.

Oiya, saya bukan admin salah satu group itu. Saya hanya pemerhati aja. Kalo ga urgent2 banget kaya minta resep atau nanya bahan kue atau nanya problem tumbuh kembang anak, males saya komen apalagi ngelike. Saya kzl sama notifikasinya yang terus2an ganggu home screen hp saya tentang thread yg saya komenin atau yang saya like in. Udah gitu kalo member groupnya ratusan, sampe serial Thapki selesai tuh notifikasi masih terus2an aja ada.

Jadi, kalian punya cerita seru jual beli online di group FB?
12 comments on "Fenomena Jual Beli di Grup Facebook Non Jual Beli"
  1. Mesti admin yg disalahin karena dia buka fasilitas (grup) karena pembeli tidak mau tahu. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin perlu rules yang jelas yaa dan batasan tugas admin sepertinya

      Delete
  2. kok tumben ya, mb. harbolnas tahun ini gaungnya nggak sekencang tahun lalu. hehe, apa akunya aja yang telat nyadar. wekeke :D

    ReplyDelete
  3. Ternyata seperti itu ya fenomenanya mbak.. untung belum pernah jual beli lewat facebook.. masih di marketplace aja sih.. hheehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang terpenting sebelum transaksi harus memastikan keamanan dan tingkat kepercayaan konsumen memenuhi kriteria kita sebagai calon pembeli

      Delete
  4. Huahahha, ngeselin ya mbak kalo ada kejadian begii, apalagi kalo penjualnya maksa bgt orang-orang utk beli daganagannyaaa x)

    ReplyDelete
  5. ya kalau pakai rekber mah gapapa mbak kalau ada fee nya haha
    dengan catatan hrg produknya mayan mahal ya... kalau cuma 50rebuan kayak belanjaan washitape sama refill plannerku mah ya masa pake rekber ya haha

    ReplyDelete
  6. linked in ku yagitugitulah isinya hahahaaaa standar
    nggak keren2 banget biasa ajijah

    ReplyDelete
  7. aku lost fokus lihat gambar si abang *apaan sih
    haha

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)