queen-ing, washing then blogging

Friday, October 28, 2016

Generasi Muda, Ayo Berkontribusi Untuk Indonesia


Aloha!
Kamu! Iya kamu.
Generasi mudanya Indonesia.
Apa kontribusimu untuk Indonesia?

Saya ingat beberapa waktu lalu, saya menonton channel tivi lokal yang menampilkan beberapa siswa sekolah Mts. Attaqwa 03 Bekasi membuat alat penjernih air sederhana menggunakan dacron, zeolit dan arang.



Aihhh keren banget ya?
Sampe sekarang saya masing ngerasa amazing. Salut loh.
Umur sedemikian muda, sudah bisa berkarya dan sangat berguna.

Saya suka nih ilmu yang simpel tapi aplikatif seperti ini dan bisa berguna untuk masyarakat luas. Seperti yang kamu tahu bahwa air itu masalah penting, bukan masalah sepele.
Saya aja maju mundur cantik mau pindah ke rumah baru karena masih takut masalah air tanah ga sesuai ekspektasi. Ya ada sih air PAM, tapi kan yang make sejuta umat dan ada waktu tertentunya dimana debit airnya sedemikian besar atau sedemikian kecil.
Selain dari itu, ada banyak masyarakat yang air tanahnya keruh tapi terpaksa tetap dikonsumsi karena butuh.
Teknologi sederhana mereka tidak mahal dan bisa dibuat siapa saja.
Saya pun berniat mengadaptasinya untuk rumah saya nantinya.

Beberapa tahun belakangan ini saya mengamati perkembangan generasi muda Indonesia cukup membanggakan. Inilah beberapa diantaranya :
  • Pelajar Indonesia meraih 9 medali di kompetisi open memory di Malaysia. 
  • Mahasiswa ITS membuat kursi kuliah penghasil listrik 
  • Mahasiswa UI membuat aplikasi ayobacain, sebuah aplikasi audiobook untuk tuna netra. 

Keren kan?
Btw, saya lebih keren loh. Darimana coba saya tahu prestasi kamu kalo ga kamu yang ngasih tau ? Ya bisa cek di opini.id dong.

Kamu sudah tau dong apa itu opini.id?
Belum? Wah kamu kudet ah. Sini sini tante (((TANTE))) bisikin.

Opini.id adalah media penyaluran aktivitas kreatif, berita-berita anak muda yang berprestasi, komunitas yang membangun bangsa dan peduli bangsa dan hal lain yang berguna bagi bangsa ini.

Banyak banget hal menarik tentang Indonesia disini. Cobain deh buka opini.id ada banyak topik disana yang bisa kamu komentari atau bisa kamu beri pendapat bahkan bisa ikutan polling.



Itu baru beberapa contoh kecil dan dilakukan berkelompok.
Masih inget Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 kan? Bahwa kita bisa maju kalau bersama-sama maka dari itu Jong Jong seluruh Indonesia (Jong United) mengikrarkan Sumpah Pemuda. Kamu masih inget dong pastinya. Eh ada yang lupa? Sini, sini, tante (((Tante))) ingetin.

SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA
Djakarta, 28 Oktober 1928

Jadi, balik lagi ke peribahasa andalan, Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh.
Ayo dong bersatu dan berkarya, jangan mau terprovokasi dengan broadcast-broadcast message ga jelas asal usulnya dan tidak bisa dimintai pertanggungjawabannya.
Generasi Muda Indonesia adalah generasi muda yang cerdas dan kreatif.

Sebut saja komunitas Akademi Berbagi (akademiberbagi.org). Komunitas yang dimulai sejak Juni 2010, Akademi Berbagi adalah kelas belajar gratis tentang berbagai hal: menulis, fotografi, jurnalistik, advertising, komunikasi dan seterusnya. Semua kelas free. Peserta tidak dipungut biaya, guru tidak dibayar, tempat juga meminjam. Semua dilatari semangat berbagi—karena berbagi bikin happy.

Saya pernah beberapa kali ikut kelasnya. Senang rasanya berdiskusi mengenai ilmu baru dengan orang-orang baru yang se 'frekuensi'.

Ini pengalaman saya ikutan kelas Akademi Berbagi Bekasi.

Trus trus sepanjang ini, Tante (((Tante))) mau bilang apa sih?
Tante (((Tante))) mau bilang Opini.id Situsnya Anak Muda Yang Punya Kepedulian.
Kamu peduli? Ayo dong berkontribusi di opini.id

6 comments on "Generasi Muda, Ayo Berkontribusi Untuk Indonesia"
  1. Makasih Tantee udah ingatin soal Sumpah Pemudaa 😂😂😂
    Akademi berbagi emang keren Yahh Mbakk aku pernah ikutann dan orang mudanya seru-seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2 dek. Oh ya, ada akademi berbagi juga disana? Seru ya dpt ilmu gratis

      Delete
  2. anak muda sekarang banyak yang berprestasi, sayang kalau yang diangkat itu yang negatifnya yo

    ReplyDelete
  3. seringkali diingatkan agar berusaha berkontribusi untuk negeri sesuai dengann bidangmu.
    apakah memang seperti itu ya?
    adakah jalan terbaik untuk berkontribusi untuk negeri?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkontribusi bisa drngan cara apa saja asal positip. Cuma kan kalo sesuai bidang kita, kita lebih mengetahui sela dan ilmunya :)

      Delete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)