queen-ing, washing then blogging

Monday, October 24, 2016

Hal Yang Mempengaruhi Sewa Apartemen



Aloha!

Ada yang inget film Friends, yang temenan dan tinggal di apartemen. Kayanya happening banget film itu. Dan lalu pokoknya saya dan sobat karib bertekad mau tinggal bareng di apartemen.
Trus? Ya ga terwujud dong. Hahahaha.
Sobat karibnya keburu nikah. Ga mungkinlah share apartemen sama pasutri. Ya toh?

Nah, yang punya apartemen tapi belum berniat menempati, bisa disewain kok.
Tapi kalo disewain biasanya apartementnya udah full furnished, jadi penyewa tinggal masuk nyewa cantik aja. Bawa pakaian dan bawa diri.
Sewa apartemen jadi salah satu bisnis properti.
Keuntungannya lumayan loh dan bukan sekedar receh. Sewa apartemen menjadi opsi yang lebih ekonomis dibanding menginap di hotel untuk perjalanan singkat.

Nah kalau empunya apartemen sudah bertekad bulat untuk menyewakan apartemennya, untuk menentukan harga sewa apartemen bisa memperhatikan hal berikut :

1. Pemilihan Lokasi yang strategis
Lokasi menentukan investasi. Itu kata saya. Hahahaha. Maksudnya, makin startegis lokasi apartemen yang disewakan, makin besar biaya sewanya.
Lokasi strategis menjadi incaran banyak penyewa.
Rata–rata orang akan menyewa apartemen yang terletak dekat pusat kota dan pusat perbelanjaan. Masalah kondisi jalan yang ada di sekitar lokasi apartemen juga berpengaruh. Contohnya bila anda mempunyai sebuah tempat sewa apartemen yang memiliki lokasi yang rawan macet, maka para calon penyewa akan berpikir ulang.


2. Kalkulasi biaya yang dikeluarkan
Mulai dari perawatan seperti mengisi furnitur, mengganti perabotan yang sudah usang dengan yang baru, mengganti kerusakan properti, biaya operasional rutin seperti iuran apartemen, listrik, air, telepon, dsb

3. Renovasi dan pengembangan
Jika mengharapkan menyewa apartemen lebih banyak,  kita bisa melakukan renovasi atau pengembangan wilayah. Renovasi bisa untuk mempercantik atau memperbaiki unit apartemen yang rusak. Pengembangan dilakukan untuk menambah unit dan fasilitas agar menarik konsumen.

Jadi gimana? Udah siap nyewain apartemen?

Picture from :http://www.cotemaison.fr/loft-appartement/appartement-paris-8-un-38-m2-refait-a-neuf-par-un-archi-d-interieur_25428.html
15 comments on "Hal Yang Mempengaruhi Sewa Apartemen"
  1. Kalau saya mah tidak ngurus mbak kalau soal ini mah biasanya cemewew saya yang ngurus karena dia lebih tahu harus bagaimana apabila dibandingkan dengan saya mah.

    ReplyDelete
  2. Baru tertarik sama yang namanya investasi apartemen. Tentunya tips ini berguna buat ngerenovasi apartemen biar lebih keliahatan keren. :)

    ReplyDelete
  3. beberapa bulan lalu saya sempet nyewa apart & memang kesan selama menginap disana beda banget dengan di hotel hahha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik ya? Lebih fleksibel dibanding di hotel kan?

      Delete
  4. lokasi strategis ngaruh banget ya, mba. makin dekat lokasi pusat kota makin mahal. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo deket sentra bisnis lebih muahal lagi

      Delete
  5. Wuiihhh.... apartemennya cantik bangettt. Aku juga pengen deh suatu saat bisa punya apartemen di mana...manaaaa....

    ReplyDelete
  6. Saya kok jadi tertarik bila suatu saat mengunjungi suatu dalam waktu yang agak lama, apalagi sering, tentu menyewa apartemen lebih menarik ya ketimbang cari hotel.

    ReplyDelete
  7. Sewain apartemen ya Mbak? Kalau nyewa mungkin sih ... tapi kalau menyewakan saya ngga berani. Bisa nangis 7 hari 7 malam. Lah wong, apartemennya ngga punya. Xixi.
    Becanda denk, Mbak. Siapa tahu yak rejeki bisa punya apartemen dikemudian hari. Aamiin.
    Nice share Mbak ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn semoga kita semua segera bisa berinvestasi apartemen ya

      Delete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)