queen-ing, washing then blogging

Tuesday, November 29, 2016

5 Spot Foto Pre-Wedding di Indonesia Untuk Para Penggemar Gotik



Aloha!!

Siapa yang nikahannya pake poto prewed?
Siapa yang nikahannya ga pake foto prewed? SAYA!!!

Dan lalu saya terngiang-ngiang pengen poto prewed pake baju bridal meski status udah married officially.
Pas belom hamil, paksu bilang tarsok tarsok (ntar, besok) mulu. Giliran saya hamil minta poto prewed malahan gini komennya, "masa poto pake baju bridal dalam kondisi hamil? Ntar kamu disangka nikah karena hamil duluan?!" Please deh. T_T

Padahal saya cuma pengen poto pake baju bridal doang, yg biasa pula. Yg putih. Bukan tematik macem gotik atau macem gaunnya Zaskia Gotik *apa sih?!

Ngomong-ngomong tentang prewed, ada juga loh pasangan yang memilih gotik sebagai tema prewednya. Gotik sering dikaitkan pada hal-hal bernuansa misterius dan menyeramkan. Namun, bukan berarti orang-orang yang bergaya Gotik atau penyuka hal-hal berbau Gotik itu jahat atau pengikut aliran sesat, mereka hanya punya sudut pandang yang berbeda dalam menilai banyak hal kehidupan. Mereka tak lain adalah orang-orang yang menemukan keindahan dari hal-hal yang dianggap gelap pada umumnya.
Saya kadang suka, kadang engga. Suka karena kalo pake hitam menyamarkan tubuh maksimalis, tapi kata orang kalo mau nikah jangan pake yang gelap-gelap. Ya mana-mana aja dih, tergantung kesepakatan calon mempelai.

Merasa menjadi salah satu tipe penggemar Gotik? Kalau iya, bisa dipastikan pasti suka pergi ke tempat-tempat yang misterius dan bergaya Eropa abad pertengahan, sebab arsitektur bangunan dan nuansa yang ditimbulkannya betul-betul Gotik, cocok sama style dan karakter misterius.

Bukan tak mungkin, tempat-tempat seperti ini ketika sedang liburan, bisa untuk hunting foto atau mencari ketenangan yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Bahkan mungkin memimpikan tema Gotik untuk foto pre-wedding pernikahan suatu hari, yang dilatari tempat-tempat bergaya Gotik ini.

Nah, kalau di Indonesia, di mana kira-kira bisa menemukan lokasinya? Berikut ini adalah acuan tempat-tempat bernuansa Gotik yang bisa dikunjungi.

Museum Taman Prasati Jakarta

Atau namanya kuburan Belanda di daerah Tanah Abang. Museum di Jalan Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat, ini menjadi salah satu cagar budaya peninggalan bangsa kolonial. Koleksinya berupa prasasti batu nisan kuno dan bermacam-macam miniatur makam dari seluruh propinsi di Indonesia.

Nisan-nisan kuno peninggalan Belanda ini sangat unik untuk dijadikan spot foto Gotik, ada patung malaikat dan juga kereta jenazah antik di mana Anda bisa berpose dengan dandanan ala Gotik di dekatnya. Apalagi kalau Anda mengatur warna fotonya ke hitam-putih, dijamin Anda bakal sukses terlihat misterius di tempat ini.

Museum ini sudah umum dijadikan lokasi hunting foto, dan ternyata di sini juga terdapat makam Soe Hok Gie, seorang aktivis Indonesia Tionghoa yang mengkritisi kekuasaan Orde Lama dan Orde Baru, di tahun 60-an. Ia tewas dalam pendakian di Gunung Semeru, pada usia 26 tahun.

Lawang Sewu Semarang

Tempat yang satu ini terkenal angker di Semarang, tapi kalau Anda penggemar Gotik, pasti malah penasaran. Bangunan tua peninggalan Belanda ini begitu megah, dengan banyak pintu dan jendela yang berukuran besar. Saking banyaknya pintu dan jendela, muncul julukan Lawang Sewu yang berarti Seribu Pintu.

Nampak menara kembar bergaya Gotik pada sisi depan bangunannya, melengkapi keindahan arsitektur berciri khas Eropa di masa awal 1900-an. Dulunya gedung ini dipakai sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Namun, seiring pendudukan Jepang di masa silam, fungsi gedung ini berubah menjadi penjara bawah tanah sekaligus saluran pembuangan air.

Kini, Lawang Sewu sebagai salah satu cagar budaya, juga menjadi destinasi wisata populer di Kota Semarang. Anda bisa puas mengambil gambar foto bernuansa Gotik di gedung ini, sebab ada banyak sekali spot foto menarik di dalam bangunan yang bisa menjadi latar foto Gotik Anda.

Gereja Gotik Yogyakarta

Gereja ini bukan tempat ibadah. Lalu apa? Sebagian masyarakat Yogyakarta yang bermukim di daerah Sayidan, Gondomanan, menganggap bangunan tua ini sebagai salah satu cagar budaya. Bentuk bangunannya bergaya arsitektur Eropa, yang tengah berdiri megah di sebuah gang di antara pemukiman warga.

Banyak isu beredar seputar keberadaan bangunan yang dijuluki Gereja Gotik oleh masyarakat Yogyakarta ini. Namun, setelah ditelusuri ternyata bangunan ini hanyalah sebuah rumah hunian milik warga keturunan Tionghoa, yang juga digunakan sebagai usaha konfeksi keluarga.

Julukan gereja muncul sebab bentuk bangunan mirip Gereja Katedral, dan ada patung Yesus besar berdiri di atasnya. Pemilik bangunan ini lantas diketahui adalah orang yang sama dengan pemilik Museum Ulen Sentalu.

Dilihat dari luar, bangunannya tampak tak terawat, pagar dan dindingnya yang tinggi sudah dijalari tanaman liar, bahkan cat-catnya telah mengelupas dan ada bagian-bagian yang rusak. Namun, bukan masalah bagi Anda si pemburu spot foto Gotik yang memang mencari nuansa tempat jauh dari kesan terawat. Malah, penyanyi tenar Ari Lasso pernah mengambil gambar untuk video klipnya di tempat ini.

Gereja Katedral Jakarta

Gereja ini punya pamor paling tinggi di Indonesia. Arsitektur bangunannya indah megah mengadopsi gaya neo-gotik Eropa yang populer beberapa abad silam. Ada beberapa kejadian tragis yang pernah dialami gereja ini, yaitu pernah terbakar di tahun 1826 bersama 180 rumah penduduk di sekitarnya, dan terkena sasaran ledakan bom pada Malam Natal di tahun 2000.

Kini Gereja Katedral telah pulih dan berfungsi sebagai tempat ibadah seperti sebelumnya, bahkan keindahan arsitekturnya semakin dikagumi dan dibanggakan. Kalau Anda mencari lokasi foto Gotik yang bernuansa kental Eropa, apalagi untuk foto pre-wedding, gereja ini menjadi pilihan tepat.

Anda tinggal permisi minta ijin pada petugas penjaga gereja untuk berfoto-foto di sini, mereka pasti tidak akan keberatan. Lebih baik lagi kalau setelah selesai berfoto, Anda berikan tip untuk penjaga gereja.

Makam Belanda di Kebun Raya Bogor

Di dalam area Kebun Raya Bogor, terdapat sepetak kompleks makam Belanda yang unik. Bagi pengunjung yang melintas mungkin tidak menyadari kehadiran makam ini karena keberadaannya tertutupi rindangnya pohon-pohon bambu. Namun, makam kuno tersembunyi ini seolah-olah mampu menyihir siapa pun yang bisa menemukannya, terutama Anda.

Cukup membayar harga tiket masuk kawasan Kebun Raya Bogor seharga Rp. 15.000, Anda bisa menjumpai 42 buah makam di kompleks pemakaman Belanda ini. Sebanyak 38 makam di antaranya memiliki identitas, dan 4 sisa lainnya tidak dikenal. Salah satu makam bahkan berusia lebih tua dari pada Kebun Raya Bogor itu sendiri, yang diperkirakan berumur 230 tahun alias 33 tahun lebih dulu dari didirikannya Kebun Raya Bogor. Makam tertua ini milik Cornelis Potmans, seorang administrator toko obat berdarah Belanda.

Ornamen pada nisan-nisan di makam kuno ini sangat unik, dengan batu-batunya yang bernuansa putih bercampur lumut hijau, menjadi daya pikat tersendiri bagi para penggiat fotografi Gotik, apalagi kalau ditambah berkas sinar cahaya matahari yang menembus kerimbunan pohon-pohon bambu. Kereeen!

Masih ada banyak lokasi bernuansa Gotik lainnya yang bisa Anda kunjungi. Misalnya Benteng Pendem di Cilacap, Makam Peneleh di Surabaya, dan benteng-benteng tua di berbagai daerah di Indonesia. Cek tiket pesawat menuju tempat-tempat ini untuk merencanakan photo shoot Pre-wedding Gotik Anda.

Jadi, ada yang mau sponsorin saya prewed pake baju bridal?
Huahahahaha.
9 comments on "5 Spot Foto Pre-Wedding di Indonesia Untuk Para Penggemar Gotik"
  1. aku juga pengen potoh2 hits gitu mbak tapi entah kapan yak bwahahahha
    foto ala prewed mah banyak tapi pake baju sehari2 terus dipotoin pake hape pun juga

    ReplyDelete
  2. Wah, abis itu undangannya desain horor. TOP sudah :v

    ReplyDelete
  3. Saya lambaikan tangan ke kamera aja. Penakut soalnya

    ReplyDelete
  4. Nggak kebayang waktu pemotretan, ada penampakan ikut nongol

    ReplyDelete
  5. Aku search di google. Justru keren dan unik ya kalau temanya gothic? :D

    ReplyDelete
  6. Ahahahaha ceyem-ceyem bak ratu, takut ada yang ikut nongol di foto :D

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)