queen-ing, washing then blogging

Tuesday, November 15, 2016

Masakan Rumahan Yang Selalu Ngangenin


Aloha!

Apakabar?
Semoga sehat selalu ya.

Baru minggu lalu saya keluar dirawat di RS. Iyes, emang ga diwara wiri di sosmed, ya kecuali IG karena amazing bisa mompa sampe hampir 200ml.

Eh iya, balik lagi dirawat, karena DB. Iya digigit nyamuk aedes itu loh. Digigitnya mah biasa, badan mungkin yang lagi ga fit jadinya ya drop, langsung keluar bintik2 merah ditangan, trombosit turun sampe 44rb (normalnya 150rb). Terakhir kali keluar RS, trombosit udah 80rb an. Mayan lah.

Setelah sampe rumahpun, saya masih ngerasa sakit kepala. Udah di kerokin, udah minum paracetamol, masih pusing aja, akhirnya dibawa tidur dan mendingan.
Baru deh besokannya mulai beraktivitas.
Tapi itupun masih butuh bantuan, panggil si omanya Arman untuk bantuin ngasuh 2 anak ini. Bala bantuan didatangkan karena si Eyangnya Arman besokannya langsung cao ke Pekalongan.

Mumpung ada si mama bantuin di rumah, berasa ada di rumah si mama. Lalu kemudian saya keingetan masakan rumahan handmadenya si mama. Masakannya kata sebagian orang mah aneh dan halah-cuma-gitu-doang tapi kata saya uenak banget.

Tahu Pedas

Alias tahu balado alias tahu dimasak bareng sama sambel. Gampang kok bikinnya. Bawang merah, bawang putih, cabe, tomat, terasi diulek kasar. Diulek ya, jangan diblender, kalo diblender jadi pahit. Takarannya? Ya disesuaikan aja, kalo doyan pedes rasio cabe rawitnya 2x nya cabe merah biasa. Kalo doyannya pedes semu2, banyakin tomat, cabe ala kadarnya.  Kalo males bikin sambel, sambel terasi sisa pecel lele/pecel ayam juga bisa dipake :D.
Setelah diulek kasar, trus digoreng dengan minyak dikit. Kalo udah mulai menguap di udara bikin bersin2, batuk2, waktunya masukin tahu putih yang udah dipotong dadu.
Tahunya beneran raw/mentah, ya bolehlah direbus dulu, tapi jangan digoreng dulu. Hilang kelezatannya. Diaduk2 sampe sambel meresap ke tahu. Ngaduknya jangan terlalu semangat sampe khilaf, karena tahu putih itu rapuh.
Selesai deh. Makannya pake nasi anget deh, hmmm mamamiaaa.

Tumis Kol

Kol? Dibikin sayur? Yang bener?
Gitu komen orang2 yang pernah denger saya doyan sayur kol. Padahal mah, eunak bangetttt.
Cara bikinnya juga simpel. Ya yang simpel2 aja, karena kalo yang ribet saya ga inget step2nya. Hahahaha.
Kol dicincang2 halus kaya mau bikin saladnya hokben gitu loh. Biasanya sih 'tulang' kol selalu saya buang. Trus bumbu dasar bawang putih bawang merah dan garam ditumis alakadarnya, kalo udah harum, kasi air dikit buat ngerebus kolnya bersama bumbu, sampai layu. Setelah layu dengan keadaan masih agak berair, ceplokin 1 telor sembari aduk2 asal, trus kasi saus tiram dikit dan lada. Koreksi rasa. Masak sampai kol sesuai selera (maksudnya ada yang doyan agak keras, ada yang doyan 'lodoh'). Iyeyyyy. Jadi deh. Makannya sama nasi anget dan pas lagi lapar sangat. Pastiii deh uenak banget.

Kan, cuma-gitu-doang? Tapi beneran saya kangen masakan yang cuma-gitu-doang. Mau replikasi di dapur sendiri tapi kok ya aku ga bully-able ?!
Hihihihihi.

Cobain deh resep masakan rumahan dari saya, gampang banget dan ekonomis. Hahahaha.

PS. Saya ga salah makan obat kok keluar RS tetiba share resep masakan :D
13 comments on "Masakan Rumahan Yang Selalu Ngangenin"
  1. Ya ampun abis kena DB ya... Moga-moga cepet pulih ya...

    Masalah mama emang selalu juara ya..

    ReplyDelete
  2. favorit setiap orang pasti adalah masakan emaknya mbak ya kan :D

    ReplyDelete
  3. semoga sehat terus kedepannya ya mbakkk :)

    ReplyDelete
  4. hmm pasti duo A kangen banget pas mamanya di RS

    ReplyDelete
  5. Jangankan Kol, timun aja kusayur hahhahaha..

    ReplyDelete
  6. Sudah sembuh, Mbak?

    Aku kalo tumis kol buat isian. Habisnya numis byk jdnya dikit

    ReplyDelete
  7. Tumis kol saya juga suka bikin 😀 kadang kol gulai kuning juga campur teri basah

    ReplyDelete
  8. Aloha jugaakkk
    Sumpah ya, aku beneran bikin tumis kol pedes kemaren abis baca ini hahhaha
    Diirisnya tipis2, banyakin rawit huaaahahah

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)