queen-ing, washing then blogging

Thursday, November 10, 2016

Merawat dan Membersihkan Gigi itu Penting Banget Lho!


Aloha!
Sedang musim ga enak badan, ini saya juga kena. Semoga para emak, bapak dan kakak dedek sekalian sehat terus semua ya. Lagi ga enak badan tapi ngeblog jalan terus dong harus huahaha.

Sehat itu berharga dan harta kita yang paling mahal, eh ya ga sih? Karena itu wajib banget jaga kesehatan selagi bisa, jadi kalo tepar gini masalah kesehatannya ga banyak-banyak dan bikin repot. Ngomong-ngomong soal perawatan kesehatan nih, saya kok lupa kapan terakhir kali periksa gigi. Saking hecticnya kerja freelance dan ngurusin kehamilan, which is lebih memfokuskan diri ke kontrol-kontrol kehamilan ketimbang kontrol yang lainnya.

Padahal perawatan gigi seharusnya dilakukan paling dua dua kali dalam setahun lho, wah kelewat nih saya. Pada kurun waktu enam bulan itu, kita diharapkan buat melakukan pemeriksaan rutin dan membersihkan gigi ke dokter gigi untuk mencegah adanya hal yang ga diharapkan terjadi pada gigi kita misalnya sih gigi berlubang atau masalah lain pada gigi.

Jadi ceritanya ini pernah dialami oleh adiknya teman saya. Waktu itu gigi dia katanya ngilu pas berenang dan ngilu yang sama kembali terjadi setiap kali dia melakukan kegiatan yang sama. Kejadian yang terus terjadi itu bikin dia mempertimbangkan saran temannya (aih ribet ya?) untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat.

Usut punya usut setelah dia diperiksa, dokter gigi melihat keadaan gigi dan mulut adik teman saya ini dan melakukan scaling atau membersihkan gigi dari karang dan kotoran. Setelah melakukan scaling itu, dokter giginya memberikan kesimpulan bahwa adik teman saya itu kudu rontgen gigi di lab sesuai dengan rujukan beliau. Ya sutra dong, beberapa hari kemudian dia foto rontgen gigi.

Membawa hasil foto rontgen gigi, terus dia kembali melakukan pemeriksaan gigi lagi dan dokter gigi menarik kesimpulan bahwa gigi dia oke kok, baik-baik aja. Karena kemudian dia masih mengalami masalah pada gigi lagi yaitu ngilu-ngilu, dokter gigi akhirnya ngasih injury time selama tiga sampai lima bulan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut agar bisa dianalisis langkah medis apa akan diambil. Dalam kurun waktu tersebut tentu dia juga harus rajin membersihkan gigi. Tapi karena ga ada masalah dan ngilunya berhenti, dia ga meriksain giginya lagi buat follow up.

Eh baru deh beberapa tahun kemudian sekitar satu sampai dua tahun dia nggak mengalami masalah apapun pada giginya sih. Sampai temennya dia yang sedang koas kedokteran gigi meminta dia buat jadi daftar terakhir pasien. Nah suatu waktu, teman dia ini butuh pasien untuk melakukan foto gigi atau rontgen gigi.
Adiknya si teman menyanggupi saja karena dia pikir sekalian lah bantu temen kan? Jadi dia kemudian terlibat dalam dua rangkaian rontgen gigi. Hasil rontgen itu langsung bisa diketahui setelah dilakukan dan ternyata dia diketahui  mengalami impaksi pada keempat giginya. Dia dianjurkan untuk melakukan beberapa perawatan khusus untuk mencegah adanya masalah gigi yang disebabkan – katanya sih - kurang bisa menjaga kebersihan gigi.

Cukup serius karena bahkan kalau sudah lebih parah harus dioperasi. Dianya kaget dong, padahal dia sudah demikian telaten lho merawat giginya selama ini. Apapun itu, namanya operasi kan tetep aja serem.

Ya ga sih? Saya aja denger kata operasi ada rasa ngilu gimana gitu, padahal baru denger doang lho.
Jadi, gimana cara membersihkan gigi yang baik? Ini yang disarankan para dokter gigi untuk menjaga kebersihan gigi kita agar tetep kuat sampek tua – aamiin:

Sikat gigi minimal dua kali sehari
Sikat gigi paling ga dilakukan minimal dua kali sehari pas mandi pagi dan sore, sudah pasti pada tahu dong dengan kampanyenya yang riwa-riwi di televisi. Sikat gigi sebelum tidur juga sangat dianjurkan biar kuman dan bakteri ga mengancam kesehatan gigi saat malam hari. Kita juga kudu rajin ganti sikat gigi dua sampai empat kali setahun.

Ke Dokter Gigi 6 bulan sekali
Bikin janji pemeriksaan gigi secara rutin ke dokter gigi agar kita tahu kondisi terbaru gigi kita, kalau perlu juga dilakukan scaling terutama kalau gigi kita terasa kurang nyaman soalnya ada karang giginya. Biar tetep senyum pede gitu, masa cakep-cakep giginya item-item gegara plak dan karang gigi ih?

Menggunakan produk yang tepat untuk perawatan gigi
Untuk memastikan gigi kita bener-bener dalam keadaan baik dan bersih dokter gigi biasanya juga menganjurkan kita untuk melakukan perawatan secara mandiri dengan menggunakan benang gigi dan berkumur sehabis makan atau setelah menggosok gigi. Dari dokter gigi lho ini, bukan kata saya bok yang jelas hehe. Berkumur-kumur maksudnya agar sisa kotoran makanan yang ada di rongga gigi dan gusi itu lepas, ga ngikut mulu di gigi kita terus. Untuk hasil yang sempurna dan senyum kita makin pede dengan napas yang wangi ga bau naga, kalau berkumur pakai juga fluoride-fortified, anticavity mouthwash kayak LISTERINE® mouthwash yang akan menjaga gigi kita tetap terlindungi dan napas semerbak anti bau naga .

Kalau kamu, pernah punya masalah gigi ga? Masalahnya apa nih kalau boleh tau? :D
8 comments on "Merawat dan Membersihkan Gigi itu Penting Banget Lho!"
  1. Yang cek 6 bulan sekalu suka kusepelekan ni, alhasil pas si geraham tembelan dah tewel jadi kalang kabut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambalanku udah lama bingit, sejak kuliah, gratisan, alhamdulillah masih bertahan ;)

      Delete
  2. perawatan gigi emang penting ya, karena kalo udah sakit gigi, gak kuku bangeeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi ya mbak San?

      Delete
  3. buat aku kontrol gigi lebih penting daripada nyalon mbak, biar sehat giginya
    kalo ga sehat mau makan aja susah
    menderita :/

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)