queen-ing, washing then blogging

Monday, January 16, 2017

Pengalaman Mencuci Dengan Mesin Cuci Top Loading


Aloha!

Postingan pertama di tahun 2017!
Ish ish ish mendadak kehilangan semangat ngeblog. Padahal mah blogger lain kayanya pada bersemangat banget ngeblog di tahun 2017 ini.
Ayo kencangkan ikat kepala dan mulai ngeblog!

Jadi sesuai tagline blog ini, washing.
Saya mau ngomongin tentang cuci mencuci. Sebenernya mah berawal dari threadnya salah satu friend blogger femes di fb yang nanyain tentang mesin cuci. Saya mah sumbang saran aja dan kepikiran bikin postingan.

Saya selama ini pake mesin cuci uploading (bukaan atas) merk Samsung tipe WA80VA.
Mesin cuci ini mesin cuci otomatis. Tinggal cemplung2, pencet, mesinnya nyanyi, jemur.
Saya bahas satu persatu ya dari pelak pencuci aktip yang nyuci 2x seminggu.

Kapasitasnya 8kg. 

Gimana taunya udah 8kg atau belum? Pake perasaan. Huahahaha. Ya kayanya sih pake timbangan. Kalo saya, masukin aja yang mau dicuci, biasanya 10-15 kaos dewasa trus tunggu si mesin mengestimasi load air yg diperlukan. Nah disaat itu tabung akan bergerak2 sesaat untuk menentukan load air. Kalo gerakannnya masih enak dilihat (masih bergerak dengan "semangat" powerful) berarti bolehlah ditambah 1-2baju dewasa lagi. Tapi kalo gerakannya lemah gemulai, nampaknya udah agak overload. Kurangi load pakaian kotornya.

Operasional.

Operasionalnya gancil! Masukin baju kotornya ke dalam tabung dalam keadaan minim air (maksudnya kalo abis direndam, diperas dulu sebelum masuk mesin cuci), pencet On, pilih mode pencucian (saya biasa pilih quick supaya lebih cepat dan lebih hemat air), lalu pencet Start. Masukin detergent. Udah, tinggalin aja, ntar kalo udah selesai si mesin bakalan nyanyi sendiri. Kadar kering sekitar 70%, diangin2in seharian di terik panas atau di deket kondensor AC juga kering kok.

Detergent.

Berhubung ini mesin cuci full automatic, katanya harusnya pake detergent matic. Saya pernah pake detergent tenar yg warna hijau dari yang bubuk sampe yang cair, pun udah nyoba detergent matic yang bubuk. Kesimpulannya? Sama aja. Mana2 aja boleh dipake, disesuaikan aja sama budget.

Softener.

Hm... saya sebenernya males pake2 softener, buang2 uang sih dan males nunggunya. Karena pengalaman pake softener hanya wangi saat dicuci aja, pas dijemur perlahan hilang. Nah, dimesin cuci ini ada tempat naro softener, tapi ga pernah saya taro disitu karena nampaknya softenernya mulai dituang saat pengisian air awal bersama sabun. Bisa sih wangi, asal kita tuang di pengisian air akhir, tapilah namanya mesin cuci otomatis kan idealnya boleh ditinggal sembari ngerjain kerjaan lain. Lah kalo kita nungguin kapan pengisian air terakhirnya, ya buang2 waktu. Kalo saya, kalo pas ketemu pengisian air terakhir, ya pake softener. Ya kalo tiba2 pas balik lagi ke mesin cuci pas mesinnya nyanyi, ya sudah relakan saja baju wangi detergent.

Tingkat kebersihan.

Hm... kalo untuk ujung2 pakaian kaya ujung lengan, ujung celana panjang, kerah, tetep aja butuh bantuan kucek2 sikat2 di tempat terpisah sebelum dimasukin ke mesin. Saya pasti tetep rendam-kucek-sikat bagian2 rentan kotor seperti ujung2 pakaian itu. Lah kok? Ya namanya mesin cuci kan tujuannya mempermudah pekerjaan. Ya at least kita ga squad jump bilas cucian, atau mengerahkan otot bisep trisep untuk meras pakaian. Sungguh praktis untuk ibu2 sibuk macem saya, apalagi untuk ibu hamil tua mulai dari usia kehamilan 7 bulan dan selanjutnya, tinggal formalitas kucek2, cemplung2 ke mesin cuci trus ngemil syantik deh.

Maintanance.

Yang perlu dikontrol adalah filter yang di tabung. Tiap selesai cuci, filternya dicuci dan sikat2 pake sikat gigi bekas. Juga filter selang air yang pas masuk ke mesin, kadang kotoran bikin aliran air jadi kecil. Biasanya saya bersihin sebulan sekali.
Selama 5tahun ini 2x panggil teknisi Samsungnya untuk memperbaiki. Yang pertama, sensornya ga berfungsi sehingga air terus aja ngisi ke tabung sampe nyaris luber dan baju ngapung2.
Yang kedua, eror DE (door error). Idealnya mesin ga beroperasi kalau pintunya terbuka. Tapi sama teknisinya, dilangsungin aja, ga pake sensor pintu lagi. Jadi pintu tetap kebukapun mesin tetap jalan. Ga masalah sih, malahan enak bisa nambah2 baju kalo ketinggalan. Hahahaha.

Listrik dan Air.

Untuk listrik ya standarlah, ga gede2 amat, tapi lupa berapa watt nya. Hahahaha. Kalo ga salah dibawah 400watt.
Makin lama waktu program pencucian, kemungkinan besar makin banyak air yang diperlukan. Saya pake program quick yang estimasinya sekitar 28menit, 1cycle cuma 2x ngisi air. Pernah pake program fuzzy sekitar 46menit, 1 cycle 3x isi air.

Alasan.

Oh iya alasan pakai top loading? Ya karena ga sanggup handwash,
gempor bilas meras pake twin tub,
gak mampu beli mesin cuci front loading yang listriknya juga aduhai gede. Hahahaha.

Ya gitu aja sih. Ada yang mau nambahin?

10 comments on "Pengalaman Mencuci Dengan Mesin Cuci Top Loading"
  1. ah aku mah yang penting mesin cucinya udah mudahin pekerjaan banget mbak gausah ngucek all the time hahaha

    ReplyDelete
  2. Pengen dong kenalan sama si cantik sahabat ibu rumah tangga ini. ^_^

    ReplyDelete
  3. Boleh nih coba. Kebetulan mesin cuci di rumah sudah error. :)

    ReplyDelete
  4. Aku masih pake dua tabung mak, nabung dlu buat beli mesin cuci aduhai..

    ReplyDelete
  5. Dulu aku punya top loading dan rusak krn selang aslinya gak kupakai, krannya gak nyampe, maklum di rumah kontrakan hehe. Skrng akhirnya ganti dua tabung. Enaknya top loading tu otomatis jd ditinggal ngapa2in tahu2 udah ngeringin TFS :D

    ReplyDelete
  6. Ratu, don't worry, ada temennya nih si bunda yang suka males-malesan ngeblog, apalagi kalo deket cucu, hiks... hepi-hepi gimanaa gitu. Gambar mesin cucinya, mana, Ratu.

    ReplyDelete
  7. Ratu, don't worry, nih ada temennya bunda yang baru mulai mosting beberapa aja di tahun 2017. Btw mana gambar mesin cucinya nih.

    ReplyDelete
  8. Thank you tipsnya sangat bermanfaat. Kebetulan pengen beli mesin cuci baru gara-gara kemaren saya liat mesin cuci di Toko ACE Hardware.

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)