queen-ing, washing then blogging

Wednesday, May 31, 2017

Dia Orang Yang Tepat?

WeheartIt

Aloha!

Apakabar semua?
Semoga sehat2 aja ya. Sehat mahal sis. Hahahaha.

Sebenernya saya bingung mau cerita apa. Mau cerita sedot tungau kekinian tapi blom tuntas prosesnya, nantilah ditulis.
Kita cerita2 tentang pasangan hidup aja ya.

Jadi gini, status saya menikah 1x dengan 2 anak. Otomatis, suaminya 1 ya. Setuju?
Maksudnya saya nulis berapa kali nikah ya untuk mengkondisikan berapa kali saya beradaptasi dengan si mantan pacar yang sekarang jadi bapake anak2 saya.
Kalo nikah 2x berarti 2x juga beradaptasi, dan seterusnya.

Kehidupan setelah menikah ga seperti di dongeng Disney yang epilognya happy ending ever after. Kehidupan setelah menikah ya hidup baru tentang beradaptasi dengan ritme, kebiasaan dan... ekspektasi satu sama lain.

RITME
Saya morning person, sementara paksu cenderung kaga. Mau bilang "bukan" kok frontal amat. Huahahahaha. Karena untuk case penting doi bisalah jadi morning person, maksudnya ya tetap bisa diandalkan. Iyalah, suamik siapa duluuuu??? Hahaaha.
Sebagai orang yang memulai serentetan aktivitas pagi, udah jelas ritmenya. Dibangunin bocah, main sama bocah, nyari sarapan, nyuapin bocah besar, nyuapin bayik, mandiin bayik, mandiin abangnya, lalu bermain bersama.
Mulai kzl kalo ritme saya yang udah teratur itu tiba2 terdistraksi sama ritme paksu yang mulainya belakangan. Nah loh. Gimana?
Ya dikomunikasikan aja, kalo serangkaian aktivitas itu baku dan ga bisa diganggu. Walau proses ini agak lama, kadang saya memperlambat ritme supaya agak sesuai, kadang sayanya tetap pada speed karena ngejar waktu untuk persiapan pergi kemana gitu. Sekali lagi ya butuh waktu untuk menyamakan ritme atau menyamakan speednya supaya ga tabrakan lalu bubar. Hahahaha.

KEBIASAAN.
Nah ini, susah ngubahnya. Ya ga bisa diubah juga kali ya? Tapi pasti bisa disesuaikan kadarnya. Seperti, saya biasanya makan sembari menikmati proses makannya itu sendiri. Kalo makan pecel ayam, sampe daging yg nempel ditulang saya kuliti dengan penghayatan tinggi yang berimbas pada durasi waktu makan yang lama. Sementara paksu kalo makan hap hap hap hap selesai. Ga ada adegan jilatin tangan bekas sambel pecel ayam. Hahahaha. Solusinya, ya saya makan tetap dengan penghayatan tinggi tapi dipercepat durasi penghayatannya secara anak udah pada nungguin, paksu juga udah ngasi kode buat gantian pegang anak. Ya begitulah namanya juga ga punya bebisiter. Hahahaha.

EKSPEKTASI
Nah yang ini ngeri2 sedap. Sensitip sih. Hahaha. Saya ekspektasinya rumah selalu rapih, anak terawat, semua bahagia kaya gambar dibrosur developer perumahan. KENYATAANNYA, boro2 rapih, deadline blom dibikin, anak2 gelendotan sepanjang hari, rambut awut2an, boro2 mandi.
Mbok ya, paksu pulang kerja bantuin kek nyuci piring, sapu2, rapihin mainan.
Eh engga. Eh?!?!?
Ternyata doi cape juga, hari yang melelahkan. Ya sudahlah. Ekspektasinya ditelen aja lagi. Kalo cape, ya udah, istirahat. Besok aja lanjut lagi. Marah2 sendiri juga bikin hipertensi.

See? Itu contoh2 nyata keseharian setelah menikah dan ga punya ART dan nanny. Wakakakak.
Lalu? Intinya mah ya back to reality, komunikasiin berdua, si istri maunya apa, si suami maunya apa. Harus mau beradaptasi. Karena rumahtangga ya ada suami, ada istri, ada anak2. Bukan maunya paksu aja seperti kebiasaan jaman lajang, ataupun maunya permaisuri jaman jadi wanita kurir. Disesuaikan dengan tempatnya, rumah. Bukan kantor. Rumah, tempat kita ngerasa nyaman satu sama lain dengan SOP, visi, misi dan goal yang kita bikin sendiri dengan gaya kita (suami istri) sendiri.

Lalu kalo ngedumel si paksu mah begini, si istri mah begitu. Ga begini, ga begitu, ga kaya suami si A, ga kaya istri si B.
YA EMANG BUKAN. Kita bukan nikah sama suami A atau istri si B. Jadi ga usah dibanding2in. Jelas beda.

Kalo ga seperti si A, si B ya terima aja. Jangan diliat kekurangannya. Kalo liat kekurangannya, ntar kurang mulu, malahan ngutang XD.
Yang kita nikahin ya manusia, yang ga sempurna. Kalo tetep ga puas juga, yaodah, nikahin aja malekat, tapi malekatnya mau ga sama situ?
*lalu terdiam.
Lapang dada nerima orang yang kita pilih untuk kita habiskan umur bersamanya. Karena ga cuma kita yang lapang dada, dia juga. Jadi ga usah sok2 victim, kita yang teraniaya, lah kita yang milih sama dia. Kalo kita teraniaya, ya diapun pasti ngerasa gitu.

Ibarat nyari yang jual madu asli, kalo pun ternyata ga asli tapi pasti tetep kerasa manisnya ala2 madu, kecuali madu brotowali yang pait itu. Hahahaha.
Eh sama ga pengandaiannya? XD

Coba diliat lagi kelebihannya. Dibalik kekurangan pasti adalah kelebihannya.

Kaya sekarang saya nginep di RS nemenin si Andini, suami saya tiap malem juga nemenin saya dengan asumsi kalo malem saya mau ke toilet paksu bisa gantiin saya pegang Andini meski kenyataannya ga gitu. Hahahaha. Ya disyukuri aja niat baiknya, masih mau peduli istri dan anaknya.
Kalo anak saya sakit, dia yang gendongin sepanjang hari, peluk2in. GA SEMUA SUAMI MAU PEGANG ANAK, jadi ya disyukuri aja.

Gimana? Udah kaya penasehat pernikahan blom? Hahaha
Ada yang mau nambahin?

7 comments on "Dia Orang Yang Tepat?"
  1. Aku sama suami juga saling bertolak belakang. Jarang jalan seirama. Tapi, mungkin itu juga yaa yang bikin pernikahan kami rasanya lengkap? :)

    ReplyDelete
  2. Semua ada kelebihan dan kekurangan, ya? :D Yang penting disyukuri.

    ReplyDelete
  3. Pasti ada kurang dan lebihnya. Kalau istilah jawanya mungkin Nrimo Ing Pandum :)

    ReplyDelete
  4. Iya,,,nasihat pernikahan merasuk jiwa. Hehehe, jadi perempuan harus banyak bersyukur katanya. Hemm semoga aku bisaaa

    ReplyDelete
  5. kehidupan rumah tangga pasti ada kelebihan dan kekurangannya ... itulah bumbu2 rumah tangga

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)