queen-ing, washing then blogging

Tuesday, May 9, 2017

Mau Beli Apartemen Murah? Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Menyesal


Alohaaa!

Jumpa lagi dengan blogger property wanna be.
Maafkan baru update lagi, lagi sibuk mandorin property yg di cileungsi euy. Tsaahhh. Berasa banyak aja propertynya.
Oiya, yang cileungsi itu sih rumah, bukan apartemen.
Kayanya juga di cileungsi belum ada apartemen yang sudah berdiri.

Beberapa waktu lalu selintas lalu saya sempet baca artikel tentang Rusunami. Rumah susun murah yang terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.
Hmm sebenernya rumah susun itu ya apartment. Setujuu?

Apartemen merupakan salah satu hunian yang sangat tepat dimiliki oleh seseorang yang ingin tinggal di pusat kota. Beli apartemen murah saat ini sudah bukan lagi hal yang mustahil untuk dilakukan.

Murah mahal memang relatif sih. Tapi kalau menurut saya murah itu dibawah 500juta. Meski uang 100juta aja saya ga pernah megang apalagi mampir di rekening. Wkwkwkwkwk. Ya apartemen murah ya sekitaran dibawah 500jutaan lah.

Apartemen sudah bukan lagi digunakan sebagai tempat tinggal atau hunian melainkan dapat dimanfaatkan juga sebagai alat untuk investasi yang sangat menguntungkan. Maka tak heran bila banyak para pengusaha apartemen baru yang menawarkan nilai jual yang sangat terjangkau. Sangat menggiurkan memang, namun sebelum memutuskan untuk beli apartemen murah tersebut ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar tidak menyesal dengan keputusan tersebut.

Lokasi Apartemen

Lokasi memang merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan saat membeli sebuah hunian. Ada baiknya melakukan survey terlebih dahulu ke beberapa perusahaan apartemen dan mengunjungi apartemen tersebut guna menentukan wilayan atau kawasan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Umumnya yang menjadi prioritas saat memilih lokasi ialah akses jalan yang mudah, dekat dengan jalan tol, dekat dengan universitas atau perkantoran, hingga fasilitas umum seperti rumah sakit, supermarket, bank dan alat transportasi umum. Tentunya lokasi yang strategis ini akan berpengaruh pada nilai jual apartemen tersebut.

Pilih Beli Tunai Atau Kredit

Masalah finansial memang cukup sensitif, sehingga sangat perlu untuk mendapatkan perhatian yang ekstra. Pertimbangan tata cara pembayaran dan nilai jual menjadi hal yang cukup penting saat beli apartemen murah. Bagi kamu yang mampu, (aku mampu. Mampu ngutang, wkwkwkwk)
tidak akan menjadi masalah besar untuk melakukan pembayaran secara tunai. Dengan begitu tidak perlu dibebankan dengan cicilan dan bunga setiap bulannya sehingga akan lebih murah jika melakukannya secara tunai. Namun bila tidak memiliki uang tunai sebanyak itu dan tetap ingin melakukan pembayaran secara tunai, tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan uang.

Bagi yang memiliki penghasilan menengah kebawah. Pilihan untuk membayar apartemen murah dengan cara kredit atau menyicil adalah cara yang paling tepat, bisa menggunakan layanan KPA atau ( Kredit Pemilikan Apartemen), beberapa bank di Indonesia sudah ada yang memiliki program KPA ini. Lebih memudahkan untuk mengelola keuangan, dan tidak perlu mengeluarkan uang yang cukup besar dalam satu kali transaksi. Jika membayar uang muka atau DP diawal, pembayaran cicilanmu kedepannya akan lebih ringan.

Namun sayangnya jika melakukan pembayaran dengan cara ini, total uang yang dikeluarkan akan lebih besar dari pada aslinya. Suku bunga yang fluktuatif pun turut menambah resiko cicilan bertambah tinggi setiap tahunnya.

Fasilitas

Setiap perusahaan menyediakan fasilitas dengan kelebihannya tersendiri. Meskipun untuk beli apartemen murah, bukan berarti pasrah begitu saja dengan fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan apartemen. Pilih apartemen Jakarta Selatan yang memiliki lingkungan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu fasilitas yang sangat lengkap, cukup untuk memenuhi kebutuhan saja. Fasilitas seperti food court, ATM center, fasilitas olahraga, minimarket, area terbuka hijau hingga taman bermain biasanya ditawarkan oleh apartemen. Namun yang paling penting diperhatikan ialah fasilitas keamanan apartemen tersebut. Kenyamanan akan hadir ketika lingkungan apartemen memiliki sistem keamanan yang sangat baik.

Status Tanah Apartemen

Sebelum membeli apartemen murah, perlu dilakukan pengecekan terhadap status tanah yang dgunakan untuk membangun apartemen. Pastikan tanah yang digunakan bukan merupakan tanah sewa atau tanah sengketa. Dokumen yang akan diterima pun harus legal dan tidak memiliki masalah atau misalnya menjadi jaminan bank.

Pastikan pula apartemen Jakarta Selatan yang kamu pilih sudah sah menjadi milik pengembang. Bukan yang memiliki status BOT atau Build, Operate, transfer. BOT merupakan pemanfaatan asset milik daerah atau Negara berupa tanah yang manfaatnya dilimpahkan kepada pihak lain dalam jangka waktu tertentu. Hal ini tentu akan menjadi masalah ketika waktu yang ditentukan sudah habis. Bangunan dan tanah harus dikembalikan kepada pemerintah daerah atau pemerintah pusat.


Planning Masa Depan

Beli apartemen murah tidak bisa dilakukan ketika hanya ingin memilikinya saja, namun membelinya sesuai dengan kebutuhanmu. Jika para jomblo atau belum memiliki pasangan hidup, akan memilih untuk beli apartemen Jakarta Selatan dengan tipe Studio yang memiliki luas tidak terlalu besar.
Namun suatu hari nanti tentu akan memutuskan untuk memiliki keluarga sendiri sehingga beli apartemen murah dengan tipe studio saja tidaklah cukup. Ada baiknya melakukan antisipasi dengan memilih apartemen yang setidaknya memiliki 2 kamar, sehingga tidak perlu investasi dua kali.

Gimana? Udah tercerahkan?
Setelah mengetahui ha–hal diatas,  tentu akan lebih matang lagi untuk memantapkan keputusan beli apartemen murah. Tidak perlu lagi khawatir akan resiko yang akan ditemui di masa mendatang.
Ayolah coba cek rusunami itu dimana aja lokasinya :D
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)