queen-ing, washing then blogging

Wednesday, June 14, 2017

Joran Alat Pancing Dilihat dari Bentuk dan Kegunaannya


Aloha!
Siapa yang suka memancing?

Memancing adalah jenis hobi yang dilakukan oleh banyak orang terutama untuk laki-laki. Banyak laki-laki yang hobi melakukan hobi memancing ini baik di danau kecil, empang, bahkan yang mempunyai hobi memancing dan diseriusi akan memancing sampai ke laut. Dimana ikan yang akan ada dan didapat di laut tentu saja akan lebih besar dan juga beragam. Salah satu hal yang perlu diperhatikan apabila ingin menekuni hobi ini adalah dengan mengenal komponen alat pancing yang bisa digunakan untuk memancing di tempat yang tepat. Misalnya salah satu alat pancing yang sering digunakan dan harus dimiliki adalah joran pancing yang juga disebut rod.

Rod tersebut akan menjadi alat yang penting bagi orang yang menekuni hobi memancing ini. Fungsi dari alat rod ini sendiri dapat digunakan untuk alat bertarung dengan ikan-ikan ketika sedang memancing. Sehingga apabila akan memancing, Anda harus memilih rod yang tepat agar dapat memenangkan pertarungan tersebut. Dimana untuk ikan yang besar dan tempat yang luas dan dalam harus memilih jenis yang cocok karena akan dapat mempengaruhi hasil yang akan didapatkan nantinya.

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh orang yang hobi memancing ketika memilih joran adalah dengan mengenal jenis-jenisnya. Jenis tersebut akan menentukan juga tempat dan lawan ikan yang pas untuk digunakan. Beberapa jenis rod yang ada dan bisa dipilih contohnya adalah:

1. Rod antena atau telescopic merupakan jenis rod yang biasanya digunakan untuk para profesional untuk perlombaan pancing. Jenis rod ini akan mudah sekali untuk mempelintir apabila terbebani oleh ikan yang dipancing. Selain itu kekuatan dari rod jenis antena ini dibagi menjadi bagian-bagian sehingga akan memudahkan penggunanya karena beban yang ada tidak terkumpul menjadi satu.

2. Rod tegek merupakan jenis kedua yang mempunyai jenis lenturnya pas yang ada pada 2 hingga 3 ruas di ujungnya saja. Hal tersebut agar dapat menahan ikan tidak mudah kabur.

3. Rod sambung merupakan jenis selanjutnya yang sangat populer digunakan untuk memancing. Hal tersebut karena jenis ini mempunyai sambungan hingga empat bagian yang membuatnya bekerja secara maksimal.

Memilih jenis pancing dan rod tersebut harus dilakukan dengan matang karena akan menentukan hasil ikan dan pertarungan ketika memancing. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah dari lokasi memancing tersebut apakah di tempat yang dalam atau laut dangkal sehingga akan lebih memudahkan untuk memilih rod yang tepat untuk digunakan. Tempat dan lawan yaitu ikan menjadi pertimbangan utama untuk dapat memilih jenis rod yang tepat nantinya.

Selain dari jenis yang ada, memilih rod ini juga dapat dipilih dari jenis sambungan pada rod tersebut. Beberapa macam sambungan rod yang bisa dipilih adalah:

1. Rod sambung kosong yang merupakan jenis rod yang atas dan bawahnya kosong. Jenis sambungan ini akan menyebabkan alat pancing mudah patah dan juga tidak kuat seperti sambungan lainnya.

2. Rod bawah kosong atau atas kosong merupakan sambungan yang hanya diletakkan di salah satu sudut satu.

3. Rod sambungan solid yang keduanya mempunyai sambungan sehingga akan lebih kuat.

Sambungan untuk joran tersebut dibagi menjadi dua yaitu sambungan put ini dan put over. Untuk sambungan put in akan mempunyai sambungan yang di bawahnya lebih besar untuk dapat menahan ikan lebih baik. Sedangkan put over sambungan yang atasnya besar sehingga orang yang memancing akan lebih kuat untuk dapat menarik ikan yang berhasil menggigit umpan.

12 comments on "Joran Alat Pancing Dilihat dari Bentuk dan Kegunaannya"
  1. Yang hobi mancing pasti tahu nih. :D

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Akupun baru tau mbak. Aku taunya bagian makan hasil pancingan yg udah mateng sajalah. Hahaha

      Delete
  3. Saya nggak hobi mancing karena kasihan ikannnya kena kail. Tapi baru saja hari ini saya mancing dengan volunteers di yayasan tempat saya bekerja. Ya rasanya menyenangkan kalau kailnya digigit ikan.
    Oh ternyata jora pancing namnya rod, ya... soalnya volunteer dari Amrika bilang "fishing pool" hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak istilahnya mbak. Mungkin mancig mania lebih ngerti. Akupun ga tega sama ikannya. Mending beli dari pasar, ga tersakiti oleh kail

      Delete
  4. ternyata alat panjing aja banyak macemnya, saya lebih baik terima hasilnya saja, makan ikannya aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss. Saya juga makan ikannya aja, beli yang udah jadi ^^

      Delete
  5. ayahku nih yg fav bgt ama mancing. kl mancing bisa tahan berjam-jam

    ReplyDelete
  6. Babeku ni yang hobi mancing
    Klo di tempat asal simbahku pakenya jodang mb, kayak jaring gitu, jadi lebih lebar cuma mancingnya di kali (trus aku ingetnya malah maenan enceng gondog wkk)

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)