queen-ing, washing then blogging

Wednesday, August 2, 2017

Ini Manfaat Olahraga Lari Kekinian


Aloha!

Liat2 sosmed, pasti ada aja di TL saya yang aplot hasil jarak olahraga larinya. Dan saya bukan salah satu dari mereka XD. Huahahaha. Maafkan.

Yang mau saya bilang adalah lari merupakan olahraga kekinian beserta smartgear dan aplikasinya. Lari merupakan salah satu olahraga ringan yang manfaatnya begitu banyak. Tidak hanya bisa menurunkan risiko terserang berbagai macam penyakit saja, namun juga ada banyak manfaat lainnya yang bisa langsung kita rasakan. Olahraga ini tidak hanya murah, namun bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Beberapa manfaat lari antara lain meningkatkan kesehatan, meningkatkan kebugaran tubuh, memperlancar aliran darah, hingga mampu memicu pengeluaran hormon dan enzim yang bisa merangsang jantung dan otot untuk bekerja lebih baik.

Ayoo yang belum tergerak hatinya untuk memulai olahraga lari, kayanya kamu perlu tau beberapa manfaat lari bagi tubuh yang bisa dirasakan berikut ini.

Pertama, bisa mengurangi berat badan.
APAAA??? BENARKAH???
OKE, BESOK KITA MULAI LARI!
Olahraga lari ini ternyata bisa memicu pembakaran kalori di dalam tubuh, Banyaknya kalori yang dibakar tersebut dipengaruhi oleh seberapa jauh jarak lari dan seberapa cepat lari tersebut. Setidaknya, dalam jarak 1,5 km saja sudah bisa membakar sekitar 100 kalori di dalam tubuh.

Kedua, lari juga baik bagi kesehatan lutut, bahkan pada penderita arthritis sekalipun. Sejauh ini, studi telah menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga lari bisa menurunkan risiko arthritis pada lutut dan pinggul, kemudian merangsang pertumbuhan tulang rawan pada lutut.

Lalu manfaat lainnya ialah mencegah osteoporosis. Olahraga ini bisa memicu pembentukan sel-sel tulang yang baru. Sehingga hal ini lah yang bisa membuat tulang menjadi lebih kuat, lalu menurunkan risiko terkena osteoporosis di hari yang mendatang.

Dan yang lebih penting, berlari bisa mengurangi risiko jantung koroner. Dengan berlari hingga 16 km per minggu, setidaknya dapat meningkatkan HDL maupun kolesterol baik yang ada di dalam tubuh. Bahkan lari juga bisa mengurangi kadar trigliserida dan lemak di dalam tubuh. Apabila mampu meningkatkan jarak lari hingga 80 km per minggu, maka kita akan mengalami peningkatan pada HDL secara signifikan. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga lari secara teratur selama lebih dari 50 menit dalam waktu seminggu bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Namun ingat, saat sedang menjalankan olahraga secara teratur juga harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan pola makan sehat pula.

Bagi penggemar berolahraga lari, bisa rutin berlari sendiri maupun berkelompok. Saat ini banyak komunitas-komunitas lari di berbagai kota di Indonesia yang bisa Anda ikuti. Tentu saja berlari bersama kelompok akan terasa lebih menyenangkan. Mungkin saat hendak bergabung komunitas lari, kita mau tetep eksis dong punya baju samaan sebagai seragam, membutuhkan baju atau jersey lari. Kamu bisa bikin baju lari di vendor-vendor terpercaya. Biasanya ada banyak vendor yang menawarkan pembuatan baju lari dengan spesifikasi yang berbeda-beda.

Langkah awal, tentu harus benar-benar melihat spesifikasi yang dibutuhkan saat hendak bikin baju lari. Coba perhatikan kebutuhan apa yang harus ada pada kaos running tersebut. Sebisa mungkin dibuat sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan oleh tim. Namun jika Anda berlari seorang diri, Anda bisa menyesuaikan dengan kesenangan dan kenyamanan Anda sendiri. Jangan pernah membuat baju jersey olahraga yang malah membuat tidak nyaman saat dikenakan. Selain itu, juga perlu memerhatikan faktor biaya yang dibutuhkan. Sesuaikan pakaian olahraga yang diinginkan dengan budget yang dimiliki. Tentu bahan yang berkualitas untuk sebuah baju olahraga akan dibanderol dengan harga yang sedikit mahal. Namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Jadi, kapan mau mulai lari?
Hm...
Hm...
2 comments on "Ini Manfaat Olahraga Lari Kekinian"
  1. Bikin enak kok lari pagi... pulangnya mampir pasar beli nasi jagung wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  2. Lari itu sehat loh, menurut saya juga lari itu olahraga yang murah dan mudah juga. tinggal mengatur waktu dan jadwal sndiri aj. hehehheh

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)