queen-ing, washing then blogging

Monday, November 27, 2017

Cuma Hit Expert Jagonya Basmi Nyamuk Bandel


Aloha!
Siapa yang ga kenal dengan nyamuk? Saya yakin untuk kita yang hidup di katulistiwa dengan musim tropisnya, kita semua familiar dengan nyamuk. 
Tadinya saya termasuk yang sependapat bahwa : “dimana-mana nyamuk, jadi kalo digigit ya wajar aja. Ga usah terlalu parno kalo digigit nyamuk”

Sampai akhirnya, saya punya anak, 2 balita. Yang pagi-pagi baru bangun tidur, tetiba nemu beberapa bentol gigitan nyamuk di muka, di tangan dan di kaki. Padahal pakai AC, bukan tidur di ruangan terbuka.
Saat makan pagi pun, bentol lagi. Setelah mandi, bentol lagi. Main di luar, bentol lagi. Bobo siang, bentol lagi. Hingga mungkin ada quote, “Apapun aktivitasnya, kapanpun, dimanapun pasti bentol”
Saya mulai introspeksi diri dan kondisi rumah.  


Kamar Tidur, tempat beristirahat sekeluarga.

Saya pergunakan tirai nyamuk magnet di pintu kamar. Gunanya untuk melokalisasi nyamuk, agar meminimalisir nyamuk dari luar kamar masuk ke kamar. Lalu, nyamuk yang di dalam kamar? Ya saya basmi dengan obat nyamuk berbentuk semprotan aerosol pada waktu anak-anak selesai salin pakaian mandi sore, sekitar jam 5 sore. 
Nyamuknya hilang? Kadang hilang, kadang engga. Loh?! 
Kadang, menjelang waktu tidur malam, anak-anak bolak-balik ke kamar, buka tutup pintu, buka tutup tirai. Nyamuknya pun ikutan bolak-balik. 
Kadang ternyata nyamuk-nyamuk bersarang di tempat yang tidak kita kira. Seperti tumpukan baju, selimut, gorden, perlengkapan kosmetik anak, bahkan sela kasur dengan tembok. Yang mana, tempat-tempat itu luput pada saat penyemprotan.  

Analisa : Lalu, dimana permasalahannya? 
Kemungkinan : banyaknya sarang nyamuk di dalam kamar yang luput pada saat penyemprotan obat nyamuk atau obat nyamuknya yang kurang ampuh?

Solusi : 
Merapihkan kamar, seperti menghindari tumpukan baju atau hal lainnya hingga mengurangi potensi sarang nyamuk. Mengganti obat nyamuk yang dipakai dengan obat nyamuk khusus yang ampuh untuk mengatasi nyamuk bandel. Karena selama ini, saya pakai minyak nyamuk semprot aerosol merk apa aja yang penting diskon dan dengan volume yang paling banyak. Hahahaha. 


Ruang tamu, tempat beraktivitas di siang hari di luar waktu istirahat.

Nah ini, namanya ruang tamu banyak aja printilannya, banyak aja celah/space yang memungkinkan nyamuk bersarang. Dari mulai kolong meja, belakang sofa, tumpukan mainan anak-anak, figura foto, sampai tumpukan baju kering dari jemuran.
Jelas, saya tahu penyebabnya. Ditambah juga, ruangan ini memiliki akses langsung dengan ruangan luar dan pintu selalu terbuka untuk siapa saja yang mau bertamu, ya orang, ya nyamuk juga.

Solusinya : 
Melokalisasi tempat penyimpanan mainan, melakukan penyemprotan pada sela/celah antara, kadang saya juga menggunakan obat nyamuk cair elektrik. 


Luar rumah.

Nah ini yang agak susah dikontrol. Luar rumah itu sudah banyak variabelnya. Sebersih-bersihnya kita menjaga lingkungan pekarangan rumah, ada juga factor variable lainnya, yaitu tetangga. Seberapa peduli tetangga kita memerangi nyamuk? Kalau, tetangga masa bodo dengan nyamuk, ya kita kebagian dampaknya. 

Pekarangan saya, ada beberapa pohon di taman kecil dan juga ada jemuran. Kalau beraktivitas di luar, sudah pasti, kostum harus pakaian lengkap (baju tangan panjang, celana  panjang)  karena pasti digigit nyamuk.  Anak-anakpun biasanya saya oleskan anti nyamuk oles. Tapi… kenyataannya, tetap saja bakalan digigit. 
Owalahhhh… nyamuk zaman now semakin bandel ya!!! 

Sampai akhirnya, tanggal 23 November 2017 kemarin saya tercerahkan di acara Launching Hit Expert Membasmi Nyamuk Bandel di Dlab – Menteng Jakarta.




Saya mengetahui banyak fakta tentang nyamuk bandel yang bikin wow, antara lain :
1. Nyamuk adalah binatang paling mematikan di dunia menurut data WHO tahun 2016, karena menyebabkan 725 ribu orang meninggal setiap tahunnya. Berarti ga bisa dianggap seremeh anggapan saya dong ya? Oke, noted.



2. Mengikuti perubahan iklim yang cenderung semakin panas, nyamuk semakin cerdas berevolusi. Nyamuk menjadi lebih sering kawin di iklim yang panas dan ukurannya menjadi semakin kecil. Karena ukurannya yang kecil itulah, mereka harus menyedot lebih banyak darah untuk mengejar ke ukuran normalnya agar memenuhi syarat untuk berkembang biak. Terjawab sudah kan, kenapa ‘anak-anak nyamuk’ kok produktif banget gigitnya. Masih kecil kok udah nakal :( 
Ternyata mereka dalam masa pertumbuhan. Makanya nyamuk zaman now ini makin bandel dan agresif cari mangsa. 


Sumber : Fb HIT Terinspirasi Ibu

3. Nyamuk ternyata ga hanya bersarang di genangan air doang, tapi juga di tempat-tempat tersembunyi seperti figura foto, tempat yang gelap, gorden, dll seperti pada ilustrasi ini. Apalagi, ternyata ga hanya manusia yang punya warna favorit, nyamuk bandel juga punya warna favorit untuk bersarang yaitu merah dan hitam. 
Untuk bertelur di air, nyamuk hanya memerlukan 1ml saja. Bayangkan 1 ml, buibu. Itu mah mungkin Cuma takaran air sisaan main masak-masakan di mainan anak-anak. Ya ga sih?




4. Travelling juga menjadi salah satu penyebab bertambahnya populasi nyamuk. Eh maksudnya gimana? Gini loh buibu, misalnya kita travelling ke suatu tempat, trus tempat itu banyak nyamuknya, si nyamuk bisa ikutan juga masuk ke dalam kendaraan kita atau bahkan ikutan nempel di koper. Ga nyangka ya?

Lalu, Hit memperkenalkan formulasi baru untuk membasmi nyamuk Bandel, HIT EXPERT dengan 4 kelebihan dalam 1 produk.
1. Formula baru dengan micro particle, sehingga dapat bertahan lebih lama di udara dan dapat membasmi nyamuk bandel lebih optimal. Micro particle ini memperpanjang durasi untuk membunuh nyamuk loh. 

2. Teknologi double nozzle, yang menghasilkan semprotan lebih jauh dan merata ke seluruh ruangan. Sekali semprot, lebih banyak area potensi sarang nyamuk yang bisa dijangkau. Lebih efektif, buibu.

3. Kemasannya lebih ergonomis,  lebih nyaman saat digenggam dan semprotannya pun lebih halus. Sering ngerasain susahnya megang obat nyamuk semprot dan agak ribet memposisikan tangan saat menekan? Nah, Hit Expert bikin jadi lebih nyaman. Ga usah pegangnya, gampang pula pencetnya.

4. Ada 2 pilihan wangi premium, Sweet Flower dan Fresh Citrus. Hmmm… saya suka Sweet Flower.


Sumber FB HIT Terinspirasi Ibu

Gak hanya itu, saya juga dapet pencerahan informasi tentang kebijaksanaan pemakaian insektisida dalam hal ini obat nyamuk semprot Aerosol.
1. Hit termasuk insektisida kelas U, yang artinya insektisida kelas yang paling aman untuk manusia namun ampuh untuk membasmi serangga. Meskipun aman, tetap tidak disarankan digunakan/disemprotkan saat ada orang. Pada saat disemprotkan, disarankan untuk meninggalkan ruangan.

2. Seberapa banyak insektisida yang harus digunakan? Tergantung dari luas area ruangan, jumlah potensi sarang nyamuk dan pencahayaan ruangan. Makin luas ruangan, makin banyak potensi sarang nyamuk, makin gelap suatu ruangan, makin banyak insektisida yang diperlukan.

3. Gunakan insektisida dengan penyesuaian daur hidup nyamuk, khususnya  Aedes Agepty, disarankan untuk melakukan penyemprotan pada saat nyamuk beraktivitas yaitu pada saat jam 7 pagi sampai 12 siang. Untuk menjelang tidur, karena banyak nyamuk lainnya yang beraktivitas saat malam, disarankan untuk melakukan penyemprotan pada saat jam 5 – 7 sore.

Info tambahan yang bikin saya penasaran sejak dulu adalah tentang 0,8 AE yang tertulis di kaleng Hit. Kira-kira apa ya artinya? Ternyata itu adalah total konsentrasi kandungan bahan aktif yang ada di Hit Expert. 

Alhamdulillah, acara Launching Hit Expert kemarin benar-benar memberikan banyak informasi tentang nyamuk dan cara mengatasinya. 
Terimakasih Hit dan IIDN (Ibu Ibu  Doyan Nulis) yang sudah mengundang saya. 






Untuk nyamuk Bandel masih pake yang lain? Pake Hit Expert aja. 
2 comments on "Cuma Hit Expert Jagonya Basmi Nyamuk Bandel"
  1. Sebel kalau banyak nyamuk. :( Anakku selalu nangis kalau digigit nyamuk. Memang hit membantu deh. :D

    ReplyDelete
  2. Sukaaa...tulisannya lengkap dan padat . Emang ya kita ternyata gak bisa main main sama yang namanya nyamuk...

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)