queen-ing, washing then blogging

Saturday, December 30, 2017

Nostalgia Mendoan Jawa Dengan Tepung Mendoan Acine


Aloha!

Lagi nyari ide untuk detik2 pergantian hari ultahnya sobat saya tgl 31 desember.
Beberapa jam lagi pergantian tahun ya?

Saya mau cerita ringan aja sih, karena biarkanlah badan saya saja yang berat hahaha.

Saya sebenernya mau bikin blogpost khusus tentang mudik ke kampung orang kemarin. Kampung orang? Iya karena saya ga punya kampung halaman. Saya lahir di Jakarta, tinggal di Bekasi. Pernah sih ya waktu SD mudik ke kampung halaman mama di celebes sana, tapi sekali kali itu doang. Ke kampung si papa yang di kota udang juga sekali kalinya, karena kakek nenek di Jakarta sampai akhirnya meninggal dunia.
Jadi, ketika diajakin mudik ke kampungnya bumer, hayoklahhh kita halan2 (baca : plesir, jalan2).

Balik lagi ke blogpost tentang mudik. Ahhh waktunya ga sempet sis. Di jam produktif anak2 pada bangun dan on, si baby tayo liat saya pegang henpon langsung, "a a a..." nadanya tom angela pas ngantuk yang mengisyaratkan mau pinjem henpon buat nonton video elmo atau sekedar liat2 pidio amatir buatan emaknya. Sampe batrenya low, saya charge lagi, full dipake main lagi. Repeat. Lalu feelnya udah keburu ilang. Hahaha.

Jadi singkat kata, mudik kemaren itu ke Cilacap. Kita sih bermalam dan menghabiskan sebagian besar waktu di daerah Cilacap pegunungan, di Rungkang.
Hawanya adem sih, ga sampe dingin menusuk sih karena saya ber 5 tidur di kamar berasa gerah aja sih. Hahahah. Iya lah ber 5, abis aja oksigennya.
Hari pertama, ada cemilan mendoan. Itu tuh cemilan tempe di tepungin. Khas lah pokoknya. Saya tadinya biasa aja, ah di Jekarda juga ada mendoan sis. Palingan rasanya sama, lagian saya lebih suka tahu daripada tempe. Jadi kalo ditawarin, sekedar iya iya aja tapi ga diambil.
Tapilah, ga taunya setiap jam makan, setiap jam ngemil eh kok mendoan selalu ada. Laper juga ini mata, laper juga ini mulut. Mulai lah nyomot 1. Lalu...
.
.
.
Eh?! Rasanya beda sama mendoan di Jekarda. Enak banget ini. Lalu... sayapun ketagihan dan penasaran sama mendoan di sana. Tapi ya emang dasar ga doyan ke dapur dan sibuk ngawasin bocah 2, saya kebagian makan aja ga ngikutin prosesi ngolah dan ngadon. Hahahaha.

Lalu, hari keberapa gitu ya ke Cilacap laut, Teluk Penyu. Ketemunya mendoan lagi. Hahaha. Untungnya enak, jadilah saya hepi-hepi aja.

Pas balik lagi ke Jakarta coret, henpon saya dalam keadaan damaged. Restart aja terus sampe bosen kalo ga dicharge. Jadi harus dicharge baru semua fungsi berjalan normal. Ya yang tadinya biasa pegang henpon kemana-mana lalu kemudian beralih pegang henpon sambil dicharge deket colokan, kok ga mobile ya? Lalu saya mencari kesibukan baru.

Saya pengen bikin mendoan ah. Bisa ga ya nyamain rasa mendoan di Jawa? Browsing browsing disamping colokan berdiri di nyamukin pula, nemulah tepung instan citarasa mendoan asli. Tepung bumbu Acine. Eh, ada banyak jenisnya. Tepung mendoan, tepung kanji, tepung baso dan bumbu ayam goreng.


Asyikk nih buat eksperimen masak-masak di dapur. Eh tapi saya clueless, bisa ga sih modal tepung bumbu Acine ini saya bisa masak? Karena skill masak saya mentok di menu nasgor aja. Huahahaha.
Saya kontak penjualnya via wa, kalo beli tepung Acine ini, ada resepnya ga sih? Pas dijawab, ADA.
Iyesss, saya langsung semangat.

Setelah tepungnya sampai, mulailah saya bereksperimen.
Okeyy, mendoan. Saya beli tempe mendoannya, lalu ngikutin resep, lalu goreng.
Begini penampakannya.
Iyeyyyyy rasanyaaa beneran kaya mendoan tanah Jawa kemaren. Bener-bener bernostalgia makan mendoan jawa. Bener juga ya kata testi para pembeli di FB dan IG nya.

Besokannya, saya penasaran dong. Mau coba apalagi ya. Hmmm... cireng. Hahahaha. Ikutin aja resepnya. Sayang, kata "sedikit air" itu relatip. Sedikit air menurut saya hampir 1 gelas, sedangkan pas saya konsul ke penjualnya "sedikit air" = beberapa sendok aja.
Huahahaha. Gak papalah, yang penting jadi deh cirengnya dan ludes. Lalu... aku terharu.
Belum pernah aku masak lalu habis. Loh?! Hahahaha.
Ya dont judge cireng from it's appearance tapi dari usahanya. Wakakakak.


Tepung bumbu Acine ini tepung bumbu instan sehat loh. Tanpa pengawet, tanpa MSG. Packingannya juga rapih.
Bisa dibeli di Tokopedia dan shopee loh. Harganya start 12ribuan, sepadan banget sama sehat, praktis dan enaknya tepung ini.

Dapet resep juga loh, sehingga bisa langsung jago masak dalam sekejab. Bisa konsul resep juga via WA sama mbak Dewi, penjual yang ramah dan baik hati.

Oiya, saya sempet tanya, "halal ga mbak?"
Menurut mbak Dewi, dijamin halal. Kita tungguin juga sertifikasi halalnya ya mbak, supaya makinnn laris manis tanjung kimpul.

Saya masih bersemangat nyoba varian tepung baso dan bumbu ayam gorengnya loh.
Saya mendukung UKM untuk maju. Kalo bukan kita, siapa lagi yes?

Tepung Bumbu Acine
Ig : @DapurAcine
Fb : @dapuracine [Mami Batik]
Tokopedia acine - Kota Bekasi | Tokopedia https://tokopedia.link/sCoc/ZFkSoQFQiJ
Shopee : shopee.co.id/acine



3 comments on "Nostalgia Mendoan Jawa Dengan Tepung Mendoan Acine"

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)