queen-ing, washing then blogging

Tuesday, July 24, 2018

Staycation Hemat? Pakai Airy Rooms Aja Biar Ga Kecewa


Aloha!
Apakabar?
Semoga sehat selalu jiwa dan raga.

Gimana lebaran dan liburannya?
Cukup untuk kembali fresh untuk beraktivitas rutin?

Kalau saya, lumayan padat merayap acara sejak dari kelar lebaran. Lebaran usai, daftar list sanak saudara yang harus dikunjungi kok banyak banget ya.
Saya H-4 sudah mudik dong. Bangga mudik ke Bekasi dari Jonggol. HAHAHAHA.
Baru balik lagi ke rumah seminggu kemudian.

Itupun balik ke rumah, si eyang dan tante ikut serta nginep di rumah. Blom puas kayanya, untel-untelan sama cucunya.
Passss banget ada si eyang yang jago masak, adiknya eyang datang berkunjung ke rumah sekalian makan siang bersama, meninjau rumah kami yang baru ditempati sejak awal Maret lalu.

Ya kalo mau berkunjung, silahkan. Tapi memang saya dan suami belum resmi open house. Lantaran renopnya belum selesai, dan nampak 1 bidang tembok ruang tengah yang masih plesteran. Nawaitunya sih mau open house kalo renopnya sudah selesai, nyatanya kitanya harus membangun bukit uang dulu untuk lanjut renop. *curhat.
Hahaha.

Lalu wiken berikutnya, sepupu mau berkunjung juga, katanya. Otomatis tuan rumah mengosongkan jadwal untuk kunjungan sepupu. Eh pas jam 12 siang sepupu ngabarin ga bisa dateng.
Kuingin berkata kasar, "KASAR"
hahaha.

Minggu depannya, yaitu tanggal 14 kemarin juga sebenernya bentrok dengan acara kakak ipar di rumahnya. Hanya saja, acaranya malem dan agak riweuh sama bocah kalo acaranya malem. Secara, itu jam tidur mereka.
Tapi, di rumah eyang kok rasanya sumpek, tapi pengen keluar, tapi kemana?

Lalu kepikiran staycation ajalah. Bobo syantik di hotel yang on budget (terjangkau) tapi tetap dalam standard nyaman.

Sejak saya tahu ada Airy, kalo keingetan mau staycation atau nginep-nginep dimana gitu, pasti langsung cek aplikasinya Airy.
Penginapannya sesuai budget tapi tetap nyaman dan eksis (emak jaman now butuh wifi untuk eksis XD).

Tips staycation ala saya, emak rempong anak 2 dan ga punya kendaraan pribadi pula. 

1. Lokasi ga perlu terlalu jauh. 

Kalo saya sih ga perlu sampe jauh-jauh ke Lombok. Saya butuh penginapan hotel yang on budget, kalau tempatnya jauh, otomatis ongkosnya juga besar. Jangan sampe ongkosnya lebih besar daripada biaya menginap semalam.
Posisi kemarin di Bekasi (lagi mudik), saya pilih lokasi staycation di Bekasi juga. Hahahaha.
Cemen? Ya kagalah, semua kan ada perhitungannya. Makin jauh, makin puyeng mikirin tempat momongnya. Udah bete dan cape duluan sebelum liburan singkat dimulai.

2. Pilih hotel yang berfasilitas rekreasi.

Kalo saya, setelah pilih lokasi, masukin tanggal dan berapa lama menginap, pasti langsung saya filter yang ada kolam renangnya. Iyes, minimal bocah bisa happy ada kolam renang. Meski bawaan jadi lebih banyak lantaran bawa baju renang, ban renang dan pompanya.

3. Sebisa mungkin cari yang sudah termasuk sarapan.

Jarang sih emang. Kebanyakan hanya jual sewa kamar. Tapi ada juga kok yang jual kamar+breakfast. Sarapan itu remeh tapi something gitu. Bayangin aja pagi-pagi perut keroncongan harus keluar kamar demi nyari makanan. Ga semua orang adalah MORNING PERSON yang langsung ON dan langsung ngumpul nyawanya dan siap cari sarapan. Apalagi punya anak kecil. Pagi-pagi udah panjang aja list things to do nya. Selesai urusan krucil eh penjual sarapan udah siap-siap mau tutup. Dagangannya habis. Lalu perut keroncongan sampai waktu check out tiba dan akhirnya sarapan dibarengin makan siang, jadi Brunch.

4. Ga dapet sarapan? Bawa bekal aja.

I did it. Sebelum check-in saya udah masak nasi banyak, untuk kira-kira makan siang di hotel dan makan malem kalo malemnya tetiba mager melanda. Selain nasi, saya goreng frozen food seperti nugget, katsu, fried fries dan semacamnya. Utamanya sih buat bocah, kalo dewasa kan makannya agak tertunda gak papa. Kalau anak-anak saya, sudah saya biasakan jam 12-1 siang waktunya makan siang. Harus makan, meski dalam perjalanan.  Karena biasanya setelah mereka kenyang, mereka istirahat bobo siang.
Kemarin saya juga pesan lauk saja via goshop untuk menu makan malam. Ayam Kalasan enak dan murah di sekitar BCP.
Jangan lupa bawa bekal air mineral, karena biasanya hanya disediakan 2 botol air mineral 330ml untuk jatah 2 orang.  Saya sehari bisa habis 4liter minum sendiri. Selisihnya? Biasanya saya bawa bekal air mineral yang 1,5L beberapa botol atau air mineral gelas 1 kardus. Hahahaha. Beli aja di warung terdekat sebelum berangkat, karena belum tentu hotel tujuan deket sama minimarket yang harganya standard.

5. Lihat review pengguna lain.

Memang sih kadang yang ditampilin cuma review yang bagus-bagus aja, tapi kadang ada kata kunci ditengah-tengah review bagus yang dibuat orang-orang. Seperti ini,


Artinya ya mungkin kamar mandinya agak sedikit trouble tapi ga begitu mayor banget troublenya.
Yah tiada gading yang tak retak, begitu juga hotel :P.

6. Harga yang ditawarkan masih kurang murah?

Sini-sini saya bisikin cara dapet potongan harga lagi.

Ada voucher potongan harga di promo aplikasi Airy, atau..
Cek akun Gojek, ada tukar poin Gojek dengan voucher Airy loh...
Atauuu coba ubek-ubek email gmail, siapa tahu Google Local Guide memberikan voucher Airy sebagai kompliment atas kontribusi kamu. Mayan 150rb!!!



Pengalaman menginap menggunakan Airy tanggal 14 Juli.


Tadinya sih mau di Airy Joyomartono KM 16 Tambun Selatan, tapi di detik terakhir menjelang jam check-in, Airy Joyomartono full booked :(.

Akhirnya saya reservasi di Airy Cikarang Jababeka Niaga Raya Blok CC 2 Bekasi. Lokasinya gampang banget ditemukan, ga jauh dari Mc. Donalds dan Favehotel.



Parkiran bersih dan luas yang dihiasi dengan pohon ketapang.

Di frontdesk agak ngantri, karena ternyata banyak peminatnya untuk registrasi check-in. Setiap kamar dimintai deposit sebesar 50 ribu (tunai) untuk jaminan kartu kunci kamar. Bisa nambah untuk breakfast dengan harga 35ribu/pax tanpa pengecualian umur dan bisa dibayarkan pada pagi harinya di frontdesk hotel bukan di frontdesk restonya. Jika membayar di frontdesk Resto, perpax nya 50ribu belum termasuk pajak-pajak. Restorannya sebelahan dengan frontdesk hotel. Dan kolam renang terletak di sebelah luar Restorannya.



Hotel ini punya fasilitas trolly barang, jadi kalo bawaannya banyak dan rempong seperti saya, bisa banget menggunakan fasilitas ini, dibantu pihak hotel tentunya.
Ada lift dan tangga. Jarak tiap lantainya tidak terlalu jauh, naik tanggapun ga ngos-ngos-an banget.

Saya reservasi 2 kamar karena mengajak serta eyang dan tante (panggilan anak-anak untuk mertua dan adek ipar saya).
Eyang dan tante di kamar Superior Twin, sementara saya, suami dan anak-anak di kamar Superior Double. Yang ternyata berbeda lantai. Kamar Twin di lantai 3, kamar Double di lantai 2.

Untuk akses masuk kamar, kartu cukup didekatkan sesaat ke handle pintu sampai terdengar lagu pendek dan pintu terbuka, lalu kartu diletakkan di tempat sensor pengatur listrik.
Interiornya bagus dan space saving banget.

Kamar Superior Double

Kamar Superior Twin

Jaminan kenyamanan Airy :

  • Wifi gratis (dan cepat)
  • TV layar datar (LCD dan beberapa chanel dari TV kabel dan TV lokal)
  • Perlengkapan mandi
  • Hot shower
  • AC
  • Tempat tidur bersih
  • Air minum (2 botol air mineral @330ml bersama snack penyambutan)
  • CS 24jam


Semua terpenuhi.
Ditambah pihak hotel menyediakan kettle listrik, kopi, teh, gula, krimer siap seduh. Juga 2 set cangkir beserta sendoknya.

Kamar superior ini dilengkapi dengan karpet, kulkas mini, couch dan stool. Kamar mandi shower, wastafel, dan WC jongkok American standard.
Tiap kamar memiliki balkon namun pintu balkon tidak dapat diakses untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Tersedia menu makanan Restoran, layanan pijat, kalender dan daftar channel TV.

Kolam renang bebas digunakan tamu.



Sejauh ini, saya cukup puas dengan hotel Airy dan tidak pernah kecewa dengan Airy Rooms walau sudah pakai berkali-kali.
Merekomendasikan pakai Airy ke orang lain? Pasti lah.

Ini saya merekomendasikan Airy ke Eyang dan tante saat mereka plesir ke Makasar beberapa minggu silam.


Ayoolahh staycation on budget pake Airy. Ga nyesel deh.

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)