queen-ing, washing then blogging

Sunday, May 8, 2016

Agensi Mystery Shopping


Alohaaa!!!
Sebenernya udah lama juga mau nulis ini, tapi ya gitu lah bumil, bentar2 males, bentar2 update di blog sebelah ttg kehamilan nya. Huahahaha.

Jadi gini, bagi yang belum tau tentang mystery shopping bisa dibaca dulu posting tentang pengalaman saya jadi shopper ya. Tambah kece lagi kakak, kalo mau daftar juga. Huahahaha.
Dijamin berbayar kok.

Mystery shopping/shopper ini selanjutnya saya singkat jadi MS aja ya, kepanjangan ngetiknya *tuh kan bumil malez*

MS itu asyiknya freelance, ya kapan aja kita mau ngelakuin tugasnya selama masih dalam time frame yang ditentukan sama si agensi.

Tapi yang namanya freelance kan ga selalu tiap bulan ada project. Kadang ada project selama 3bulan Dari agensi ini, trus abis itu kosyong projectnya. Bagi saya yang ketagihan jalan2 trus menghasilkan pastilah kepo sama agensi lain, beneran ada ga si agensi lain? Jadi sementara agensi saya no project, Kali aja di agensi lain lagi banyak project. Lumayan buat melampiaskan hasrat jalan2 Dan dibayar!

Jadi saya info beberapa agensi MS lainnya. Sebelumnya, di agensi2 yang saya sebutkan ini, ada yang sebagian saya nyaris dapet tugas, ada yang sebagian lagi kata shopper nya yang tsurhat sama saya.

Disclaimer : ini bukan post untuk ngejelek2in agensi MS lain ya, hanya berbagi pengalaman dari sisi saya sebagai calon shopper di agensi mereka. 

1| Gapbuster

Webnya silahkan di googling ya. Ini ada sedikit bocoran tentang pengalaman shopper di GB. Saya pun, nyaris kedapetan tugas. NYARIS???? Maksudnya?

Iya, jadi pada suatu pagi, saya turn on paket data Internet, bermunculanlah notifikasi fb, wa, line, dsb dsb. Trus ada pesan di wa menawarkan saya untuk assignment di salah satu mol Bekasi yang menurut saya mol nya gitu banget, ga sesuai dengan target gadget mahal yang dimaksud. Yang ngirim pesan itu nama akunnya GB dengan logo GB juga.
Fee nya lebih besar untuk sekali kunjungan dibanding agensi saya sebelumnya.
Saya diam dulu sesaat. Akhirnya, saya jawab pesan wa tersebut Dan nego fee nya, minta dibayar advance Dan syarat lainnya. *shopper belagu*

Kok masih nego? Kan lebih besar fee Dari agensi sebelumnya?
Masalah nya, saya dihubungi langsung via wa, artinya penugasan langsung, bukan saya yang apply. Berarti ya keputusan tergantung di saya, sayanya mau ditugaskan atau engga? Gitu sih menurut saya.

Satu lagi pertimbangan nya, saya ga tau akun wa itu valid Dan bisa dipertanggungjawabkan atau engga. Ga lucu lah udah pergi melakukan tugas trus ga jelas dibayar atau engga?! Siapa yg mau tanggung ongkos, tenaga, waktu, WiFi dsb dsb nya?

Trus kelanjutannya?
Ya nyaris doang! Alias belum bertugas untuk agensi ini. Wa nya setelah saya reply sama sekali ga ada response, pun saya coba telpon via wa ga bisa. Sesuai dgn status yg mereka tulis di wa GB, yang intinya cuma bisa chat wa aja, ga bisa ditelpon. Ya sutrahlah. Berarti belum rejeki. Rapopo.

2| international service check

Sebenernya saya ga ngeh ada agensi ini. Sampe salah seorang oknum (ya sebut aja gitu, karena doi ngakunya begitu) kontak saya via Google hangout/gtalk. Doi nanyain pengalaman saya MS di ISC. Nah loh? Kapan saya bilang pernah MS an di ISC?

Trus beliau cerita2 lah tentang pengalaman di isc. Mengenai kunjungan di resto fast-food ternama yang ada dimana2. Fee nya sekian tapi harus disertai pembelian produk resto itu. Doi ngeluh karena fee nya ga beberapa, harus beli pula, jadi selisih fee dengan belanja nya, ya ga seberapa. Pun sistem pembayarannya sekitar 40hari kemudian.
Ya namanya curhat didengerin aja.

Tapi bagusnya agensi ini, dia punya semacam coordinator lokal tiap negara di kota tertentu. Nah koordinatornya menurut si oknum ada di kota Bandung. Jadi mungkin banget kita dapet task dari langsung Dari kordinatornya, bukan dari webnya.

Saya sih udah daftar di agensi ini Dan nyaris dapet task lagi. Lagi lagi NYARIS!

Suatu hari saya diimel Dari alamat yang ya lumayan validlah, bahwa saya ditugaskan untuk mencoba layanan pesan antar suatu produk makanan di suatu daerah, yang bukan domisili saya. Ya masih se kotamadya Bekasi sih, tapi beda kodepos.

Ya saya langsung bales imel itu, nanya ini itu. Baru nanya loh, blom nawar fee dsb dsb. Eh ga dijawab lagi -_-.

Piye toh? Ya sutrahlah, ga rejeki lagi toh? Sudah lupakan saja. Huahaha.

3|Albatross online

Kalo ini saya juga udah daftar. Tapi blom dapet notif job Dan kemudian lupa untuk sering2 login ke webnya -_-.

Ada cerita dari shopper nya (Kali ini saya kenal beneran nih shopper nya, bukan oknum), target MS nya, salah satunya produk kosmetik yang lumayan lah harganya di mol ternama pula.

Agensi ini mengharuskan kunjungan yg spesifik untuk produk kosmetik tersebut. Spesifik, maksudnya kita dateng ke counter kosmetik itu, trus harus ketemu sama mbak SPG yang sebut aja namanya Mawar. Ya harus nanya2 Dan dilayanin sama mbak Mawar itu. Kalo mbak Mawar nya ga mau, ya MS nya ga dibayar. Nah loh?!

Pengalaman shopper ini, saat itu mbak Mawar lagi ngelayanin tamu lainnya, pas si shopper balik lagi, eh mbak Mawar nya nolak ngelayanin dia malahan nanya apa keperluannya. Hihihihi

Ya gitulah kendala2 kalo mengalahkan tugas, kadang ga smooth, atau shopper nya masih belum tau 'celah' nya.
Abis itu shopper nya mlz bertugas lagi. Hihihihi.

##########

Kira2 sih baru itu aja agensi yang saya tau Dan saya sudah daftar, tapi yang sudah menghasilkan, baru agensi tempat saya bernaung aja. Hehehehe.

Ada yang punya pengalaman dengan agensi MS lain? Boleh dishare pengalaman nya :)


30 comments on "Agensi Mystery Shopping"
  1. Aku baca berulang-ulang tetap saja gagal paham. Mungkin karena aku lelaki sehingga sangat sulit mencerna tentang dunia shopping. Ini maksunya join bisnis agen atau maksudnya gagal jadi agen atau keluhan tentang agen shopping. Sebentar aku garuk garuk kepala dulu, Bekasi tidaklah jauh daritempat tinggalku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi blom mudeng ya mas? Maksudnya, kita jadi pebelanja misterius. Di beberapa agensi di atas, ada yg menentukan untuk membeli, ada yang cuma tanya2 aja.
      Setelah tugas ramping, dibayar deh mas. Gitu kira2 gambarannya.

      Delete
  2. Tugasnya MS ini harus belanja kah Mba'? Atau sekedar nanya-nanya aja? Jadi pingin ikutaan, tapi saya tinggal di desa, bisa nggak ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang harus belanja, ada yg engga. Kalo di agensi saya sih, engga belanja.
      Sementara memang masih di kota2 besar, nanti kota lainnya menyusul mbak :)

      Delete
  3. mbak ratu emang expert yang beginian :D hihi

    ReplyDelete
  4. aku gagal paham yang berikutnya haduh.. kayaknya ini bahasa anak muda ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha, semua umur yang sdh berumur 18tahun bisa ikutan kok Kang :)

      Delete
  5. Kayak gini di kota kecil (kabupaten) ada gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara ini baru di kota besar seperti jabotabek, makasar, Surabaya. Mudah2an kota lainnya menyusul :)

      Delete
  6. duh aku udah baca dua kali belum terlalu ngerti banget nih mbak, tapi masih penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya mah mbak, dapet tugas, dateng ke toko tersebut dalam time frame yg ditentukan, trus tanya2 (kadang ada jg yg harus dibeli), poto2, report, dibayar deh. Gitu mbak :D

      Delete
  7. itu mall atau tempat yg dikunjunginya terserah kita atau sudah ditentukan? kalo beda kota sama kita gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasi biasanya berdasarkan domisili terdekat yang mbak Santi daftarkan, karena nanti ada map yang memetakan jarak dari tempat tinggal mbak ke toko2.
      Kalo beda kota. Ya palingan yang masih reasonable sih jaraknya. Ga pernah sih kita ditugasin untuk yang jaraknya 100km an gitu. Paling ya kaya jabotabek, mentok2 40-60km yang masih bs ditempuh naik bus atau kereta mbak :)

      Delete
  8. Replies
    1. Dibagian mana hayoo ngga ngertinya? *menjelma jadi guru private :p

      Delete
    2. jadi ceritanya kita dibayar buat belanja? :s

      terus untungnya buat yg bayar kita apa? :s

      Delete
    3. Kita dibayar untuk berkunjung ke toko, nanya2 trus belanja (tergantung permintaan).
      Untungnya? Mereka dapet data pelayanan konsumen dong, untuk riset peningkatan pelayanan/informasi ttg competitor :)

      Delete
  9. mba, saya blm ngambil penugas, pengennya yg lokasi deket2 aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalo baru awal ya yang deket2 aja dulu mbak untuk dapetin sensasinya :)

      Delete
  10. Mba..ternyata ada ya profesi macam begini..cihuy juga ya buat dicoba..makasih info-nya mba..

    ReplyDelete
  11. Mb ratuuuu, klo prodak yang dimystery shopkan itu biasanya dalam bentuk apa sih
    Misal pas kita ditugasin, trus suruh nyobain tu prodak, apa beli ndiri dulu..tar abis direview ama agensinya baru dibayar ??
    Ulala aku belum mudeng hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produknya macem2 say, tergantung project Dan agensinya.
      Kalo di agensiku biasa, produknya komponen computer. Untungnya ga disuruh beli pake duit sendiri trus reimburse! Cuma disuruh nanya2 aja sesuai dengan kuisioner yang harus diisi.
      Bukan seperti produk review, tapi kunjungan ke toko trus mengamati service Dan penjelasan para karyawan toko tersebut

      Delete
  12. Aku malah baru tau mba sama yang beginian

    ReplyDelete
  13. MS ini ada di semua kota yah Mba ratu? atau hanya di kota besar ajah? soalnya saya tinggal di kota kecil :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara ini kayanya baru di kota besar saja mbak IRA :)
      Kota2 lainnya semoga cepat menyusul

      Delete
  14. Mbak, MS ini kalau tanya2 ke SPG kayak pembeli yang lainnya ndak? atau ada hal khusus yang ditanyai sampai-sampai SPG (mungkin curiga atau memang benaran gak mau dg alasan lain) melayani MS tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama mbak. Ga yg ngejelimet gimana2 kok. Std kaya pembeli awam aja. Kemungkinan curiga ada sih, cuma lebih mungkin curiga kalo org banyak nanya pasti ga beli. Hahahaha

      Delete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)