queen-ing, washing then blogging

Saturday, June 25, 2016

Rindu Pada Manusia-manusia Baik dan Jujur


Saya sebenarnya bukanlah seorang pemerhati politik apalagi sampai berkecimpung di dalamnya. Akan tetapi sebagai seorang yang sering membaca berita itu saya juga sering melihat beberapa judul berita yang mengulas seputar korupsi yang dilakukan oleh pejabat negara kita.

Dan baru-baru ini seperti yang kita tahu bahwa kembali-politisi dari partai demokrat yang merupakan anggota komisi III DPR RI ditangkap oleh KPK karena ketahuan korupsi.

Dalam hati saya bertanya-tanya sebenarnya apa sih yang dicari oleh para pejabat tersebut yang sepertinya sudah cukup kaya dan memiliki banyak uang sehingga rasanya wajar apabila mereka tidak membutuhkan uang tambahan untuk menunjang hidup mereka yang boleh dikatakan cukup mewah jika dilihat dari rata-rata kemampuan orang Indonesia.

Hal tersebutlah yang seringkali menggelitik dan membuat hati saya bertanya-tanya, sebenarnya apa yang membuat mereka tanpa malu-malu dan tanpa rasa takut melakukan tindak korupsi baik dengan skala kecil maupun skala yang besar?

Bahkan yang lebih mengherankan lagi, tampaknya beberapa bulan belakangan ini penangkapan terhadap para koruptor semakin menjadi-jadi tidak hanya terjadi kepada para anggota dewan melainkan juga terjadi kepada para hakim atau yang bekerja di pengadilan.

Tentu saja hal tersebut sangat disayangkan mengingat para pejabat adalah orang-orang yang memiliki tanggung jawab sangat besar, adalah orang-orang yang diberikan kepercayaan oleh rakyat, serta merupakan orang-orang yang seharusnya memegang dengan baik amanah rakyat dan menyampaikan segala sesuatunya termasuk seharusnya menghindari tindak korupsi.

Lebih dari itu, sangat disayangkan karena tidak sedikit juga penyogokan atau tindak korupsi dilakukan oleh mereka yang duduk atau bertugas di pengadilan. Di mana seharusnya, tempat tersebut adalah tempat yang bebas dari korupsi atau sogok-menyogok.

Sejak dahulu kepercayaan rakyat terhadap para pejabat sebenarnya sudah sangat tipis. Ditambah dengan berbagai kejadian akhir-akhir ini seperti tindak korupsi atau pemanfaatan jabatan seperti yang dilakukan oleh Fadle Zeng (nama samaran) adalah tindakan tidak terpuji yang membuat kepercayaan rakyat terhadap pemerintah semakin jauh berkurang.

Namun kadangkala hati saya begitu berbunga-bunga ketika menemukan berita-berita yang sangat inspiratif yang datangnya dari rakyat kecil atau pejabat-pejabat negara yang masih peduli dengan kemanusiaan. Contohnya adalah Vincent Setiadi yang secara sukarela memungut ranjau ranjau paku setiap hari, atau aparatur negara yang tanpa jijik memandikan dan membersihkan tunawisma, atau beberapa tentara yang bahu-membahu membantu mengatasi korban musibah dan lain-lain.

Tentu saja kita terus berharap kemunculan Vincent Setiadi yang lainnya di tengah-tengah kita untuk memberikan rasa nyaman sekaligus untuk menghibur di tengah-tengah krisis moral yang terjadi pada mereka-mereka yang menghalalkan korupsi atau pemanfaatan jabatan untuk kepentingannya pribadi.

Sebenarnya sungguh tidak pantas rasanya bagi saya untuk berbicara mengenai hal ini karena bukanlah seseorang yang memperhatikan politik secara serius. Akan tetapi semoga saja di bulan ramadhan yang penuh barokah ini ada banyak pejabat yang semoga diberikan hidayah dan dibukakan hatinya untuk selalu jujur dan menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.
2 comments on "Rindu Pada Manusia-manusia Baik dan Jujur"

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)