queen-ing, washing then blogging

Wednesday, August 24, 2016

Apartemen atau Rumah?


Aloha!

Jaman sekarang, properti mulai dilirik sebagai investasi maupun tempat untuk tinggal. 

Tinggal di apartemen sudah menjadi gaya hidup baru bagi kalangan masyarakat kelas menengah ke atas yang bertempat tinggal di kota besar di Indonesia. Sebagian besar alasan mereka adalah akses yang lebih dekat ke tempat kerja, menghemat waktu  dan menghindari kemacetan yang kerap terjadi. 
Mayoritas yang sewa apartemen adalah pasangan muda yang mobile, eksekutif muda dan expatriat.

Banyak yang bilang, tinggal di apartemen bisa meningkatkan prestige tersendiri. Tapi, masih banyak juga orang yang masih ingin tinggal di rumah biasa, berpijak di tanah dan memiliki halaman yang luas untuk sekedar melepas kepenatan dari hecticnya suasana di tempat kerja.
Kalau saya sendiri? saya tetap lebih suka tinggal di rumah biasa yang ada halamannya. Hihihi.
Iya, saya tipe ibu rumah tangga biasa yang tidak memperhitungkan kemacetan sebagai rutinitas sehari-hari. Saya lebih suka melihat anak-anak saya berlarian kesana kemari bersama dengan teman-temannya di halaman rumah sendiri.

Menurut saya, Rumah adalah tempat tinggal yang sangat pas untuk berkeluarga. Rumah adalah tempat dimana kita pulang dan menemukan gaya hidup keluarga kita sendiri, karena rumah memberi kebebasan yang lebih untuk penghuninya bila dibandingkan dengan apartemen. 

Terus, menurut pendapat saya, apa saja sih plus minus tinggal rumah dan apartemen?
Berikut summary saya.

Plus Minus Tinggal di Rumah

Bisa di renovasi sesuka hati. Apalagi kalau rumah tumbuh, yang bisa direnovasi saat penambahan anggota keluarga atau penambahan ruang untuk kebutuhan lainnya, tapi balik lagi ke lahan yang tersedia ya. Kalau tidak ada lahan sisa, perluasan bisa dilakukan secara vertikal ke atas, menambah lantai. Konsekuensi dari  penambahan lantai vertikal ke atas adalah memerlukan biaya yang lebih besar daripada penambahan secara horisontal. 

Privasi lebih terjamin. Karena kita sebagai pemilik rumah bisa menentukan sendiri seberapa private rumah yang akan kita tempati. Pengaturan pagar, hadap rumah, bukaan-bukaan seperti jendela dan pintu untuk menjaga seberapa private rumah kita.

Harga Rumah yang agak tinggi & perawatan rumah yang harus dilakukan berkala menjadi konsekuensi dari tinggal di rumah. Biaya perawatan rumah selaras dengan ukuran rumah. Semakin besar, maka semakin besar dana dan waktu yang dibutuhkan untuk perawatan rumah.

Plus dan minus tinggal di Apartemen

Tidak perlu melakukan Perawatan.  Setiap Unit apartemen sudah dilengkapi dengan staff pengelola yang mencakup petugas harian, kebersihan dan satpam. 

Lokasi yang Strategis. Kebanyakan apartemen dibangun di sekitar lokasi yang dekat dengan perkantoran, rumah sakit, mall, sekolah, bandara, dan tempat - tempat yang sering dikunjungi. 

Luas apartemen tidak bisa diperluas lagi karna lokasi apartemen berbatasan langsung dengan apartemen milik orang lain. 

Privasi Rendah Karena bertempat tinggal saling berhimpitan. Kita harus menjaga ketenangan dan tidak membuat keramaian.

Status kepemilikan adalah HGB, tidak bisa ditingkatkan menjadi SHM. 

Nahhh, setelah tahu plus dan minusnya tinggal di rumah dan apartemen, kira-kira kamu lebih suka yang mana?
4 comments on "Apartemen atau Rumah?"
  1. Kalau saya lebih memilih rumah karena saya masih ingin punya tanaman-tanaman, bersosialisasi dengan pedagang sayur keliling dan para tetangga. Melihat anak-anak kecil yang bermain ceria di luar rumah, dan pastinya hak milik sendiri untuk tanah dan bangunannya.

    Saya pernah merasakan tinggal di apartment (nge-kost) agar dekat dengan kantor saat awal-awal kerja. Tapi kayak hampa, dan memutuskan PP saat itu Rumah ortu di bekasi ke kantor di BSD :D karena muncul makhluk-makhluk tak kasat mata di kamar apartment yang saya tempati >.< hohoho

    ReplyDelete
  2. Saya pernah pingin tinggal di apartemen, bukan karena apa sih... nggak terlalu luas tapi bisa mencakup semua... Hehehe

    ReplyDelete
  3. Ya pasti prefer nya rumah ya. Tapi balik balik tergantung budget dan lokasi Hehe.
    Di Indo dulu bisa afford rumah, disini afford nya apartment... Hehe

    ReplyDelete
  4. saya sekarang sedang tinggal di rumah, jadi kalau suruh saya pilih, saya pengen tinggal di apartemen, karena alasan yang disebutkan agan, dan karena saya belum pernah tinggal di apartemen dalam jangka waktu yang panjang..

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)