queen-ing, washing then blogging

Tuesday, August 23, 2016

Klaim Asuransi Mobil Harus Ngapain?


E:\BLOGGING\IKLAN\futuready.jpg
Aloha!
Ngomongin asuransi memang nggak ada kelarnya ya mak! Ciyus. Kalau ada mobil keluarga, pasti dong kita kuatir apa mobil kita bakalan sehat selalu dan ga kenapa-napa? Mengingat pengguna jalan makin kesini makin serampangan aja.
Dulu jaman masih sekolah kita sering dong diajarin mengenai tata tertib pengguna jalan, mematuhi peraturan lalu lintas dan ga seenaknya sendiri di jalan raya. Kenapa harus hati-hati yak arena selain membahayakan diri sendiri juga membahayakan orang lain ya dong.
Sementara jaman sekarang RIP pelajaran moral pengguna jalan seperti ini atau emang anak-anak jaman sekarang salah tontonan dan panutan. Sering ada teman yang cerita bagaimana hampir nyerempet anak orang di jalan gara-gara dia pakai motor ugal-ugalan, saya sendiri juga pernah ngalamin. Ngeri, dalam hati saya nyebut dan berharap Armano dan Andini gedenya ga kayak begitu.
Itu salah satu alasan kenapa asuransi mobil penting buat kita mak, karena kita hati-hati banget di jalan juga ga cukup, ada banyak pengguna jalan lain yang sering khilaf di jalan raya yang ga bawa stok hati-hatinya. Walhasil sekalipun udah hati-hati kita tetep jadi kena batunya.
Biasanya untuk mobil yang dibeli gress dari showroom dan masih baru banget sih udah include dengan asuransinya ya, ga usah mikirin lagi lah huahaha. Tapi buat kita yang beli mobilnya ga gress dari showroom tentu perlu mikirin dan alokasikan dana buat beli asuransi sendiri. Nah kalau masih bingung beli asuransi apa dan dimana yang paling nyaman buat kita, bisa langsung mampir deh ke Futuready.com. Futuready adalah supermarket online beragam asuransi mak, ga sekadar supermarket online tapi Futuready juga resmi mengantongi lisensi dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Jadi kita bisa feel free aja pilih-pilih mana asuransi yang pas buat kebutuhan kita disini, no worries.
Pas kita sudah beli asuransi mobil buat mobil kita nih mak, apa nih yang kudu kita perhatikan? Tentu yang harus kita catet dan simpen adalah apa saja yang musti kita lakukan kalau mau mengklaim asuransi tersebut. Ini penting banget biar ga ada dokumen yang kurang dan kelewat jadi pemrosesan klaim juga cepet.
Gimana kalau kita sudah punya asuransi mobil, kelewat nyatet hal-hal yang musti diperhatikan buat klaim dan pengen tahu apa sih yang harus dilakukan kalau-kalau kita mau klaim asuransi mobil kita tersebut? Ini dia cara klaim asuransi mobil pada langkah-langkah awalnya:
  1. Telepon Customer Service
Pertama-tama telepon dulu deh pihak langsungnya, bisa via cs dulu atau lebih baik lagi kalau langsung ke person in charge yang handle akun asuransi milik kita. Kalau sebelumnya kita agak gak ngeh nah ini waktunya nanya-nanya sebenernya kerusakan apa aja sih yang ditanggung dan yang ga ditanggung untuk asuransi yang kita ikutin? Kalau perlu minta dokumen via email untuk bukti tertulisnya.
  1. Lapor segera setelah terjadi kerusakan
Ketika ada bagian mobil yang rusak atau terjadi sesuatu dan sudah kita cek kalau termasuk dari biasaya yang ditanggung asuransi, jangan buang waktu segera deh lapor ke person in charge-nya agar segera bisa diproses. Laporan yang cepat juga mempengaruhi follow up lho, soalnya pihak asuransi juga perlu survey dulu kerusakan mobil kita dengan surat rekomendasi dari bengkel yang kita pakai jasanya. Biasanya kebanyakan perusahaan asuransi menerima klaim selambat-lambatnya hanya 3 hari sesudah hari kejadian. Karena itu makin cepet makin baik.
  1. Lengkapi berkas
Untuk pelaporan tentu berkas kita juga harus lengkap ya. Berkas apa aja sih yang harus kita lengkapi? Untuk kasus kehilangan tentu menyertakan surat kehilangan dari kepolisian. Sementara untuk kasus kerusakan beberapa data yang dibutuhkan kurang lebihnya adalah: formulir klaim, salinan / copy dari STNK, SIM dan KTP, identitas orang yang terlibat insiden dengan kita, data polis, kontak saksi, dokumentasi berupa foto kerusakan mobil.
Itulah cara klaim asuransi mobil yang kita harus perhatikan jika ingin mengajukan klaim asuransi mobil ya.

Ada tambahan? Share di komentar dong
5 comments on "Klaim Asuransi Mobil Harus Ngapain? "
  1. Kalau saya kudu beli mobilnya dulu, baru ikutan asuransinya, huehehe...

    ReplyDelete
  2. Kalo aku malah aku kumpulin dulu baret-baret nya baru nanti sekalian di claim asuransinya :D

    ReplyDelete
  3. emang enaknya beli baru sih mbak jadi plus asuransinya gitu hahaha
    cuma ya berat sih bayarnya

    ReplyDelete
  4. noted kalau suatu saat nanti mau klaim asuransi :D

    ReplyDelete
  5. Makasih banyak atas info klaim asuransi mobil.

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)