queen-ing, washing then blogging

Monday, August 1, 2016

Mencuci Dalaman Berkawat Tanpa Capek ala Ibu Baru Lahiran

Aloha!
Ibu-ibu terutama yang barusan lahiran atau punya bayi yang masih ASI pasti deh ga asing dengan korset. Orang-orang tua dulu sering banget memberikan saran untuk pakai setagen pasca lahiran, katanya sih biar perutnya kenceng kembali setelah lahiran. Bener atau ga secara ilmiah saya kurang tahu. Cuma saya sih sebagai anak dan menantu yang baik, disuruh pakai penahan perut gitu apa salahnya, nurut aja nyenengin orang tua.

Makin lama pake setagen makin terasa ribet, gimana ga lah setagen kan panjang ya jadi lepas pasangnya juga susah. Pengganti yang paling praktis dan simple saat ini buat saya sih korset. Memang sih pemakai korset jatuhnya ga cuma ibu-ibu habis lahiran, tapi juga anak gadis yang lagi mau pakai kebaya atau gaun biar bentuk berut dan punggungnya ga kelipet-lipet.

Biasanya korset dilengkapi dengan kawat lentur dan lunak di dalamnya sehingga meskipun bentuknya sederhana dan cuma selembar doang tapi mampu menekan perut dan pinggang biar tegak dan terlihat rata.

Disisi lain, pemakaian korset yang simple banget ini dibandingkan setagen tidak sesederhana cara pencuciannya. Setagen sekalipun ribetnya bikin kesel, tapi nyucinya gampang tinggal urai biasa dan dimasukkin mesin cuci. Udah begitu doang. Nah pakai korset ga bisa sembarangan asal nyuci di mesin cuci, nanti kawatnya rusak dan bentuk korset juga jadi jelek. Rugi dong beli mahal-mahal itu daleman.

Biar blog ini makin sesuai tagline yang ada kata ‘washing’-nya padahal posting tentang washing cuma ada berapa maka kali ini saya mau bahas cara nyuci korset dan daleman berkawat atau berbentuk lain dengan tanpa ribet dan capek. Untuk nyuci daleman gini pastinya ga enak ya kalau kudu minta tolong orang lain.

Cara Mencuci Pakaian Dalam Berbentuk dan Berkawat Tanpa Capek


Satu: Cuci dengan tangan 

Yap, cuci dengan tangan untuk menghindari pakaian dalam berkawat kita rusak di mesin cuci apalagi pas di spin. Better pakai tangan aja lah. Ga susah dan ga beresiko daleman rusak padahal harganya juga lumayan bikin pijit kening.

Dua: Jangan terlalu lama menunda pencucian

Lebih baik 2-3 hari dicuci daripada numpuk selama dua minggu karena malas nyucinya, justru malah jadi berat dan bikin malas kan.

Tiga: Siapkan baskom kecil dan meja agak tinggi

Kenapa baskom? Ya biar nyaman aja nyuci diatas meja, ibu-ibu baru lahiran terutama kan agak susah juga duduk apalagi jongkok ya. Nyucinya lebih baik diatas meja kayak lagi nyuci beras ga jauh dari wastafel, kalau pakai ember yang tinggi ga bakal nyaman buat kita sih. Ya kalau merasa fine sih terserah aja.

Empat: Rendam dengan sabun detergen dan gunakan sabun mandi

Cukup dengan sesendok kecil detergen aja kok untuk rendaman kita biar tangan ga panas, kecuali cucian dalemannya bejibun ya. Kalau saya untuk detergen seadanya saja, kalau yang ada Rinso matic ya dipakai aja yang ada itu. Rendam dan tinggalin dulu sejam dua jam baru kucek lembut bersama dengan sabun mandi di area pakaian dalam yang biasanya berkeringat. Kenapa sabun mandi, karena untuk mencuci pakaian dalam noda membandel biasanya justru sabun mandi lebih oke hasil membersihkannya.

Lima: Bilas dan Jemur

Setelah itu sudah deh cukup bilas sampai sabun detergen dan sisa sabun bersih atau tambahkan pewangi pakaian sesuai selera terus jemur. Ga usah meres terlalu keras, sekadarnya aja biar ga ngerusak kawat. Proses nyuci sederhana ini ga sampek lebih dari 15 menit. Ga bikin capek bahkan untuk ibu-ibu baru lahiran gini. Kelar itu bisa langsung istirahat lagi memulihkan tenaga :D

Ada yang mau share nyuci daleman berkawat selain yang saya tulis diatas?


7 comments on "Mencuci Dalaman Berkawat Tanpa Capek ala Ibu Baru Lahiran"
  1. Aku masih ngalami pakai stagen mbak. Ribet awalnya tapi lama2 jadi biasa hehe

    ReplyDelete
  2. Punyaku patah kawatnya karena masuk ke mesin cuci. Hahaha kecampur

    ReplyDelete
  3. Punyaku patah kawatnya karena masuk ke mesin cuci. Hahaha kecampur

    ReplyDelete
  4. Punyaku patah kawatnya karena masuk ke mesin cuci. Hahaha kecampur

    ReplyDelete
  5. Will share this to my wife... thanks Mbak Ratu

    ReplyDelete
  6. ada kantong mencuci bra loh mba ternyata, aku aja baru tahu..

    ReplyDelete
  7. aku suka pakai kantong khusus :)..tpai paling aman memang pakai tangan aja :)

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)