queen-ing, washing then blogging

Friday, August 5, 2016

Menghindari Kebohongan Asuransi


Aloha!

Kalau ditanya menurut apa menurut saya asuransi jiwa itu penting? Penting dong. Apalagi buat ibu rumah tangga seperti saya. Okelah, kita memang ga bisa menduga-duga apa yang akan terjadi dimasa depan. Ga ada yang tahu pula. Tapi itulah kenapa kita butuh asuransi. Karena dengan asuransi apa yang ada dimasa depan dan diluar dugaan kita paling tidak bisa dirasa lebih ringan.

Biasanya orang beli asuransi jiwa adalah karena memperhitungkan buat dukungan financial untuk keluarganya jika saja nih terjadi sesuatu diluar dugaan. Jadi sih ini langkah preventif ya, bukan karena sotoy huahaha

Tapi tunggu dulu, milih asuransi pun juga kudu bijak. Karena ini adalah langkah yang besar, apalagi  tujuannya buat masa depan keluarga. Jangan sampai aja kerja keras kita bayar premi malah jadi dimanfaatkan pihak-pihak tertentu yang ga bertanggung jawab.
Gimana sih caranya jauh-jauh dari penipuan asuransi beginian?



1. Itung-itungan dengan seksama

Yuhuu kita harus itung-itungan dulu untuk langkah awal. Itung-itungan peritungan itu penting, jangan sampai aja malah justru buntung. Apa yang harus dihitung. Pertama tentu penghasilan yang kita terima dalam perbulan, perkiraan kotor aja dulu deh. Trus pengeluaran perbulannya apa aja, kalau repot ngitung apa aja ya paling ga perkiraan per bulan pengeluaran berapa banyak. Sisanya berapa? Nah baru deh sisanya buat nabung dan asuransi. Dengan alokasi duit segitu berapa banyak coverage dan bayar premi yang bisa kita laksanakan? Nah catet lah itu.
Terus tetapkan juga yang kita butuh dari produk asuransi apakah hanya asuransinya aja atau mau sekalian investasi seperti Asuransi plus investasi ASLI Rencana Optima Astra Life misalnya. Pokoknya tentukan kebutuhan kita dulu untuk produk asuransi yang seperti apa.

2. Bandingkan penawaran

Selama ini kita pasti sering deh dapat selebaran penawaran asuransi, kadang di seminar-seminar, via email atau bahkan via telepon. Jangan buru-buru memutuskan entah karena latar belakang ga enak sama marketingnya atau sudah terbuai dengan janji-janji manis keuntungan yang bisa kita dapatkan kalau gabung dengan sebuah perusahaan asuransi. Mending minta penawaran dulu deh untuk perbandingan, sekaligus untuk kita pelajari apakah sesuai dengan dana yang kita alokasikan untuk asuransi atau belum, utamanya juga program dan fasilitas yang lebih kita minati jika ada beberapa produk asuransi yang sesuai perhitungan dana kita mak.

3. Pilih perusahaan atau agen asuransi dengan reputasi terpercaya

Penting untuk memilih perusahaan atau agen yang sudah terkenal dan banyak yang tahu atau setidaknya banyak orang-orang yang kita kenal yang juga memakan jasanya. Dari sisi keuangan juga kuat sehingga resiko untuk memasukkan uang kita ke dalam perusahaan tersebut kecil. Jangan duluan tergoda iming-iming keuntungan dan fasilitas ini itu padahal belum ada buktinya dari perusahaan yang reputasinya tidak kita ketahui. Bahaya juga kan, sama ajalah kayak nitip uang kita sembarang ke orang yang kita temui di jalan. Kalau bingung memilih, salah satu yang bisa kita pertimbangkan adalah Asuransi plus investasi ASLI Rencana Optima Astra Life. Pasti udah familiar kan mak dengan Astra Life?

4. Cek complain dan testimony perusahaan asuransi yang ‘mengambil hati kita’

Jatuh hati pada layanan sebuah perusahaan asuransi atau agennya sih ga dilarang, tapi bukan berarti kita jadi langsung memutuskan untuk milih perusahaan itu tanpa cek ricek dulu. Jatuh hati kan tetap harus logis ya mak, jangan mau dikadalin huahahaha. Ingat-ingat aja orang yang menawarkan produknya pastilah ramah dan menyenangkan biar kita tergoda buat beli. Ya ga? Makanya itu penting untuk surfing internet atau cari tahu di Koran surat pelanggan, atau orang di sekitar kita yang menggunakan perusahaan terkait. Oke nggak fasilitasnya, pelayanannya selalu bagus dan menyenangkan ga?

Jadi gitu sih menurut saya. Kalau ada trik lain, tambahkan via komentar yuk!

6 comments on "Menghindari Kebohongan Asuransi"
  1. Memang asuransi tuh penting banget n sekarang udah banyak yg sadar ikut asuransi. Yg suka bikin kewalahan itu penawaran yg bertubi-tubi dari sana sini ^^
    Betul, kudu dicek dulu kredibilitas perusahaan asuransi yg mau kita ikuti

    ReplyDelete
  2. Iya betul mbak saya juga sekarang masih nyari lagi untuk memilih asuransi yang tepat dan yang bisa menjamin gituh.

    ReplyDelete
  3. selama ini pake dari kantor, sekarang masih galauers hahaha

    ReplyDelete
  4. Sulit bundaaaaa huuhuhuhuh aku punya pengalaman buruk dengan asuransi. Ngga mau lagi pake asurasi hahahahhahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf buk, boleh dishare pengalamannya? Trimakasih..

      Delete
    2. Trimakasih admin buat infonya..
      Ini bisa menjadi pemacu semangat buat saya.

      Delete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)