queen-ing, washing then blogging

Monday, October 24, 2016

Mengatasi Bau Mulut Pemicu Ilfil


Aloha!

Pernah ga ngalamin sesuatu yang bikin ilfil? Bikin ilfil contohnya seperti kangen pacar pengen ngobrol panjang lebar melepas rindu, eh lalu pas ketemu jadi ilfil lantaran bau mulutnya ga sedap ya udah sih, ganti pacar aja yang lebih sedap :D

Atau,
Pengen ngobrolin harga2 kebutuhan yang semakin mahal sama suami, udah pake teh yang bisa bicara, eh malahan gondok2an nada tinggi dan ga ada solusi lantaran salah satu pihak bau mulut yang memicu pembicaraan sensitip tentang uang jadi lebih sensitip dibandingkan tanaman putri malu. Nah kalo opsi ganti suami/istri agak sulit mengingat nikah aja musti mengikutsertakan keluarga besar :D

Iyes, bau mulut itu sepele, umum tapi nyebelin. Apalagi secara harfiah, berbau artinya menimbulkan bau tidak sedap, dari mulut pula yang vital banget sering kita pake berkomunikasi.

Saya punya 7 tips mengatasi bau mulut supaya ga memicu ilfil.

#1 Rajin Sikat Gigi
Minimal saat mandi pagi dan menjelang tidur. Emang sih kadang rasa segar, wangi dan kesatnya berlaku sesaat setelah sikat gigi, tapi efeknya besar loh.
Kalo kita rajin sikat gigi, minimal banget kita dapet gigi bersih. Efek selanjutnya adalah mencegah gigi berlubang, menjaga kesehatan mulut.
Iyes lah, apasih isinya mulut? Ya gigi, ya gusi, ya lidah. Kalo gigi dan gusi terpelihara dengan baik, bau mulut tak sedap bisa diminimalisir dari faktor gigi dan gusi.
Sebagian besar penyebab bau mulut karena kesehatan gigi yang tidak terpelihara seperti gigi berlubang, gusi bengkak, plak dan sebagainya.

#2 Stop merokok
Ya kalau belum bisa berenti merokok, minimal banget kalo mau ngomong sama orang non perokok mulutnya kumur2 dulu pake air putih atau apalah yang bikin efek bau rokok yang ada di mulut agak hilang. Soalnya kalo sesama perokok kayanya fine2 aja sama bau rokok dari mulut lawan bicaranya.
Btw, rokok itu tidak hanya menyebabkan kematian, kemandulan dan penyakit kronis lainnya seperti yang tertulis di bungkus rokok lengkap dengan foto orang ngerokok sambil lehernya bolong, tapi juga menyebabkan baju, rambut berbau. Bisa dibilang saya benci bau rokok >_<

#3 Hindari makanan berbau tajam
Udah pastilah kalo makan duren, mulut bakalan bau duren. Hahahaha. Kalo pengen banget tapi ga mau bau mulut? Ya abis makan duren, kembali lagi ke tips #1. Hahahahaha.
Oiya tips ini bisa diterapkan kalo lagi puasa, karena bau mulut standard udah pasti ada, supaya bau mulut ga terlalu aneh lebih baik hindari makanan berbau tajam.

#4 Jangan Skip Sarapan Pagi
Bener loh! Percaya ga percaya sarapan pagi itu membantu mengontrol bau mulut. Coba deh bandingin aroma mulut, antara orang yang emang terbiasa sarapan pagi dengan yang ga pernah sarapan pagi. Pasti yang ga sarapan pagi lebih santer bau mulutnya.

#5 Kunyah Permen Wangi Mint
Ini tips yang sifatnya temporer dan singkat banget. Kalo butuh efek cepet dan instan karena tiba2 harus ngomong sama orang lantaran masalah proyek besar, ya coba kunyah/makan permen wangi semacam permen2 beraroma mint atau permen 'pedas'.

#6 Gunakan Berkumur dengan Mouthwash
Nah kalo ini partnernya sikat gigi dan pasta gigi. Lumayan ampuh untuk menjaga mulut tetap segar. Coba deh pake Listerine Zero Antiseptic Mouthwash, pasti harum lebih lama.


#7 Jangan lupa berdoa
Setelah melakukan semua hal di atas, jangan lupa berdoa supaya semuanya berjalan sesuai rencana ya. Hihihihihi.

Itu aja sih tips dari saya untuk mengatasi bau mulut pemicu ilfil. Hm ada yang punya tips lain?

8 comments on "Mengatasi Bau Mulut Pemicu Ilfil"
  1. makasih tipsnya, sangat terasa bau mulut klu lg puasa, kadang mulut agak bau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo puasa memang begitu mbak, produksi air lir berkurang

      Delete
  2. bau mulut emang bikin gak pede. apalagi kalo lagi sariawan :)

    ReplyDelete
  3. yang nomor 4 itu setuju Mba, sarapan pagi memang bisa mengurangi bau mulut :)

    ReplyDelete
  4. Setuju sama mbak Irawati, #4 itu banyak yang melewatkannya apalagi yang percaya sama diet skip sarapan. Padahal itu juga bisa memicu DM, diabetes mellitus.

    ReplyDelete
  5. bau mulut emang nggak banget sih mbak :D

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)