queen-ing, washing then blogging

Thursday, October 6, 2016

Jangan Sampe Jadi Pelaku Mutilasi


Aloha!

Jumpa lagi.
Jadi ya kemaren pagi saya buka wa group dan dikagetkan karena sebut aja si jeng Mawar ngomongin tentang mutilasi ibu ke anaknya sendiri. Double Gokil kan?

Gokil yang pertama karena pagi2 ngomongin mutilasi.
Gokil yang kedua karena si ibu bisa tega mutilasi anaknya sendiri.

Lalu mulailah bermunculan komen2 dari para member group, ya ibu Melati, ibu Bogenvil dan ibu Lavender.
Ya namanya ibu bunga2an, kadang komennya bener, kadang komennya error.
Ahahaha.
Saya mau kasi pendapat sedikit mengenai kasus ini.

Saya adalah anak ibu saya.
Denger kabar ini, langsung alhamdulillah saya dulu ga dimutilasi sama ibu saya. Udah di kandungan 9 bulan dijagain, ngelahirinnya normal (ibu saya PRO NORMAL dan PRO ASI banget), abis dilahirin kudu diasuh pula sampe saya sekarang sebesar ini. Mungkin kalo dulu si mama tau saya pernah mengecewakan hatinya, udah dipotong kecil2 kali.
Tau kan ibu2 jaman saya lahir itu ibu2 hebat, ga kenal sama istilah ART, semua diurus sendiri sebisanya, bahkan saya juga ga tau apakah "support-system"-nya ibu baru melahirkan berjalan dengan semestinya atau engga, which was papa saya. Apakah dulu beliau siap tanggap mengambil alih kerjaan rumah atau apalah yg bisa dia handle sementara. Atau hanya sekedar memberi nafkah. Saya ga tau juga.
Saya bersyukur diberi kesempatan untuk hidup sampai beranakpinak sampai sekarang, karena mama saya 'cukup waras', tersupport sehingga tidak mengalami gangguan apalah seperti PPD (kelanjutan dari baby blues akut) atau gangguan berhalusinasi sehingga berniat menghabisi nyawa saya.
'Cukup waras' disini maksudnya tetap rasional untuk mengganggap bayi itu anak saya, bukan daging rendang yang siap dipotong2 atau diolah jadi apalah.
Sepele ya kata cukup waras? Padahal kenyataannya? Susah mempraktekkannya. Artinya sangat dalam, gaes. Bener. Saya ga tau apa para bapak atau anak lelaki tau tentang kewarasan ibu setelah melahirkan. Oiya satu lagi, ibu saya berhasil survive mengasuh saya dan adik saya yang jaraknya cuma setaun dari bayi orok sampe sekarang.
DUA ANAK PADA SAAT BERSAMAAN itu sesuatu. Waras ga waras, bedanya tipis. I feel that. Dan saya bangga menjadi anak ibu yang hebat.
Btw jaman saya kecil banyak pelaku mutilasi loh. Bener deh.

Saya adalah ibu dari anak2 saya, Arman (nyaris 3 tahun) & Andini (2 bulan)
Punya 2 anak kecil pada saat bersama adalah berkah, anugerah dan....nightmare tidak berkesudahan. Ahahahaha. Dan realitasnya nightmare ini masih lama, HAHAHAHA.
Saya ngerasain stressnya, dimana yang satu nangis minta nen, pada saat bersamaan yang satu minta gendong. Gimana coba?
Ga cuma itu, rumah udah pasti berantakan, piring kotor numpuk di sink. Baju kotor pun masih dalam ember rendaman.
Saya ga masalah rumah berantakan, tapi kadang yg bikin stress itu 'para penonton'.
"Ya harus bagi waktu dong, ya harus bisa pegang 22nya dong."
Trus tanggapan saya? Diemin aja.
Trus abis itu curhat sama sobat kental lalu dibully. Ahahahaha.
Gapapalah dibully disuruh liburan ke bali ubud tapi ga sekalian kasi tiket PP dan akomodasi atau diragukan kemampuan survival saya kalo pindah ke rumah sendiri yg jauh dari ortu, dibecandain, gpp. Yang penting abis curhat, esmosi reda dan siap kembali ke 'challenge of life'.
Yang bilang baby blues dan PPD cuma mitos, sini cobain. Saya ga nyalahin si ibu pelaku mutilasi itu juga sih, karena saya ga tau keadaan sebenernya. Saya ga bisa bilang, "kok tega? Ih gila ya tuh ibu"
Karena saya tau dan menjalani peran yang sama. Cuma mungkin bedanya saya ember, saya pelariannya main sosmes, cek imel, dan nulis blog.
Suami saya cuma bilang, "kok tega? Kok bisa?"
Trus abis itu ga mau denger kelanjutan ceritanya. Padahal dia lebih sering nonton channel FX yang isinya pembunuhan semua -_-.

Saya juga ibu beranak dua tanpa ART, tapi dibantu ibu mertua dan mama saya juga.
Bantuan berupa ikutan ngasuh Arman kalo saya lagi pegang Andin, atau sebaliknya.
Mama saya bagian bikinin booster ASI dari daun legendaris, bernama Katuk. Dan juga back up saat mama mertua saya lagi ada urusan keluar rumah.
Itu udah banyak bala bantuannya aja, saya masih STRESS.
Apalagi kalo macem si ibu pelaku mutilasi.
Ya yg mutilasi mah udah kejadian ga bisa diputar ulang dan nyawa kembali raga utuh lagi.

Yang ngerasa hampir senasib dengan ibu pelaku mutilasi, dalam artian hampir stress ngurusin anak banyak, suami jauh dan jarang di rumah, saran saya :

Minta bantuan dari orang sekitar. Ya orangtua, ya tetangga, ya temen, siapa aja. 

Biarin dikata cemen ga mampu ngehandle anak, demi kewarasan ngurus manusia kecil nan ga tau apa2. Karena masa2 awal ibu baru melahirkan itu rawan banget, saya mendukung adanya cuti untuk para suami untuk mensupport istrinya yang baru melahirkan, ya minimal 2minggu lah, tapi untuk istri pertama aja ya :)

Curhat!

Jangan abaikan thepower of curhat.
Curhat sama orang yang dipercaya bisa meringankan beban pikiran. Curhat bisa secara online via wa, line, bbm dan sejenisnya. Jangan apdet status di FB yg dibaca sejuta umat. Eh kalo curhat di blog? Hm...hm...

Ganti suasana.

Lingkungan sehari2 saya rasa juga berpengaruh kepada psikis seseorang. Ya saya ga nyalahin pelaku karena tinggal di rumah petakan, karena saya juga tinggal dipetakan. Hahahaha. Maksudnya, kadang sesuatu yang terlalu minimalis juga bikin pikiran dan mood jadi ikutan sumpek. Supaya ga sumpek? Ya jalan2 aja, ga perlu jauh2 ke singapur atau ke maldives. Cukup keluar rumah aja beberapa saat, ke ruang terbuka. Bisa ke taman terdekat atau nenangga sebentar atau jalan2 aja minimarket terdekat, buat ngadem sesaat.

Dandan.

Sekali2 mah boleh buat penyemangat hidup dan sugesti diri kalau kita memang cantik, berharga dan berguna.

Lakukan hal yang kita suka. Kecuali, memutilasi -_-. 

Ya nonton tivi sejenak, ngikutin kelanjutannya sinetron lonceng Cinta *eh. Masak2 kek, nulis2 kek, rapih2 kek. Atau anything else that keep us still positive.

Itu aja sih menurut saya untuk menjaga kewarasan ibu. Ada yang mau nambahin?

26 comments on "Jangan Sampe Jadi Pelaku Mutilasi"
  1. wahwah curhat menjadi yang paling utama nih disini.. Ohh iya kalau laki-laki wajar gak sih curhat-curhatan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya curhat jadi yang utama disini. Namanya juga blogger curhatan ;)
      Hmmm wajar2 aja, kan laki2 manusia juga butuh take and give.

      Delete
  2. Aku ngikutin kasus ini juga mba karena sempet ngerasa tertekan parah dan anak-anak yang kena. Kemarin saya ikutin berita info dari keluarga, katanya dia ga dikasih mengunjungi keluarganya. Bukan ga mungkin ya dia udah depresi dari kelahiran anak pertama, anak kedua makin jadi dan perlu dicek juga peranan si suami. Liat kasus ini makin prihatin dan pengen banget ada penyuluhan tentang Kesehatan Mental Ibu. Soal kayak gini kan masyarakat kita belum ngerti-ngerti amat. Sedih liat ibu-ibu yang mukul anak karna emang stress, orang lain malah menghakimi. Huhuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak sih mbak dugaannya. Yang katanya istri kedua lah, yang katanya pendiem lah dsb dsb.
      Tapi diluar dari yang katanya2, saya yakin dia stress dan butuh bantuan. Saya jg setuju adanya penyuluhan kesehatan mental ibu baru melahirkan dan juga konsellingnya. Ayoo kita usulkan !!!

      Delete
  3. Kalo aku ketemu pelaku si Mutilasi, rasanya aku pgn bilang, pengen mabokin sampe sadar trus bilang, gak ada kerjaan yg lebih menarik lagi apa ya, selain mutilasi anak lo sendiri?
    Yahh kalo mau mutilasi ya mbok ya yang wajar2 aja, ikan kek, apa ayam gitu yah :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gemes ya mak Oline. Eh tapi bener loh, kayanya stress deh ngurus anak 2 ga ada bantuan. Emang harus ada system support yang mapan sih

      Delete
  4. Saya sih selalu berdoa dan mengharapkan yang terbaik untuk semuanya agar dihindarkan dari hal-hal yang kurang baik. Amiin

    ReplyDelete
  5. angkat topi buat ibu2 yg udah melahirkan anak2 generasi 80an dan 90an :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, salut. aku pun sadar dan terima kalo dibilang cemen. Ahahaha

      Delete
  6. Hihihi..baca tulisannya Mba Ratu bikin saya senyum-senyum sendiri, ceria banget, I feel that too punya balita dan batita tuh rempong Minta ampun, tapi yah untung masih waras dan beruntung banget mama saya juga waras bisa ngegedein saya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya salut loh sama ibu2 yang tetap waras.
      Btw, terlalu ceria untuk menceritakan kisah tragis ya?

      Delete
  7. Kayaknya abis bebenah template nih, di mobile terlihat enak.

    Yup aq setuju ibu2 jadul macem ibu qta kok ya hebat2 ya, pdhl pendidikan mgkn gak setinggi qt, bahkan mgkn gaptek pula dibandingkan ibu2 milenial macem qt. Tapi knp dlu kayaknya menjalani hidup brasa woles aja. Kayaknya tgkt insecuritas *halah* rendah. Gak mikir pake skin care/gak, makan apa, lahiran di dokter/bidan, asi no asi, blabla.

    Skrg ilmu pengetahuan emg berkembang pesat, informasi bebas, bs diunduh kapan aja, tapi malah bikin was2 dlm bertindak. Ditambah dg peer pressure yg tinggi. Duuh klo dalam hati pgn banget ngejalanin dg sewoles emak2 jadul deh. Tapi klo ga update pengetahuan ntr gak ngerti apa2. Dan beresiko. Hemm...

    Aah smg qt bs mengatasi aneka hal yg berkaitan dg itu ya mba. Trus diksh support sistem yg baik, dan sll waras.

    Kejadian yg kmrn smg bs jadi pemicu sosialisasi ppd/bb/resiko2 paska melahirkan, agr makin banyak yg memahami, gak cm ibunya saja tetapi jg masyarakat luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Tia, baru ganti template.
      Iya makin canggih, makin banyak pressurenya, makin banyak standardnya. Kalo ga ngikutin standar ini dibilang ga sempurna lah, ga kekinian lah dsb dsb. Itu juga salah satu dampak dari arua informasi yang terlalu deras namun user belum punya filter yang pas yg mana yg harus diaplikasikan kedalam kehidupannya.
      Makasih sharingnya mbak :)

      Delete
  8. Ngeri ya bila seseorang, apalagi ibu, tega melakukan itu. Di manakah hatinya? Maka, untuk menjaga kewarasan, bisa juga tuh... mempunyai aktivitas dalam sebuah komunitas; bisa komunitas hobi maupun pengajian.

    Eh, saya lihat gambarnya kok jadi ingat abang pembuat martabak langganan, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm sebenernya saya juga mau bilang, dimana support suaminya sampe istrinya sutress dan dia ga tau. Tega ga tega mah udah ilang mas kalo org stress. Hihihi. Nanti kalo punya istri ditanyain ya apakabarnya hari ini ;).

      Iya gambarnya cakep ya, karena kalo saya kasi gambar mutilasi beneran, syerem juga. Hahahaha

      Delete
  9. mau duns dibully. Di ajak ke bali kan yaah. Hahahaaa...

    Ampun nih judul horor banget.
    Pas bgt aku lagi ngikutin berita ibu2 yg depresi itu lho, mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha mutilasi ga ada yg ga horor. Eh iya gmn kelanjutannya?

      Delete
  10. Jangan ikut ilmu hitam juga nanti ada bisikan bisikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nuntut ilmu sesat jg bisa dijadikan motif. Untung potongan2annya ga dimakan >“<

      Delete
  11. aku nggak aware isu yang satu ini lho mbak :O ini gimana sik kejadiannya

    ReplyDelete
  12. syukurlah daku nggak dimulitasi juga sama emak, secara daku ngerepotin

    ReplyDelete
  13. Setuju mak, setidaknya sekedar jalan-jalan ke taman aja perasaan ibu pasti udah lega ya.. Salam, ibu tulip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo ibu tulip. Iyes, jalan2 murmer aja. Pake daster juga masih ok kalo ke taman doang. Ahahaha

      Delete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)