queen-ing, washing then blogging

Monday, November 14, 2016

Membuat Bayi Tidur Nyenyak dengan Posisi Tidur Bayi yang Tepat ketika Sakit


Aloha!
Alhamdulillah ya sekarang sudah bisa eksis lagi di media social ala ibu hits jaman sekarang (((ibu hits))). Setelah sempet dirawat inap di rumah sakit karena badan saya drop banget (eh tapi kok masih sempet-sempetnya ngeblog ya? *abaikan).

Kangen banget sama duo A yang pastinye lah di rumah, ga ikut saya yang lagi sakit. Kangennya itu susah gambarin, gegara tiap hari saya ribet ngurusin duo bocah gitu pisah langsung deh bawaannya galau.

Apa kareba semua? Semoga sehat-sehat ya sekalian.

Saya sering ditanya sama teman yang baru punya bayik, jadi tersanjung sih saya dipandang lebih ahli dalam masalah perbocahan dan perbayikan huahaha. Tapi memang ada beberapa masalah yang sering bikin panik para emak baru, contohnya adalah saat bayi sedang ada masalah kesehatan entah itu dalam tahap ga enak badan atau udah sakit.

Nah daripada saya kudu jembrengin setiap dapet chat pertanyaan gitu dan ngetiknya aduhai pegel senam jari karena sambil rempong di rumah ada satu bocah aktif satunya selow tapi sering nangis mending saya tulis ajalah di posting ini. Biar apa?

Biar tiap dapet pertanyaan yang sama langsung aja saya kasih link postingan ini. Asik, berbagi sambil nambah visitor dan viewer *modusss.

Jadi disini saya  bakal bahas bagaimana mengatasi masalah bayi yang sedang nggak enak badan atau sakit. Ketika bayi lagi nggak enak badan atau sudah beneran sakit biasaya para bayik sering mengalami masalah susah tidur, jadi posisi tidur bayi jadi ikutan serba ga nyaman gitu. Ya normal sih, kita aja orang dewasa kalau lagi ga enak badan berasa salah mulu kan posisi tidurnya apalagi bayi yang ga bisa memposisikan tidur yang paling pewe buat dia.

Misalnya kalau bayi lagi flu. Ketika bayi sedang flu, hidung si bayik berlendir banyak padahal bayi belum bisa mengeluarkan lendir sendiri makanya si bayik bakal susah bernafas dan bayi jadi susah tidur. Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah:

#1 Membuat nafas lega
Membuat bayi bernafas lega adalah salah satu cara agar bayi tetap berada dalam posisi tidur yang nyaman. Caranya gimana? Siapkan baskom berisi air hangat di ruangan tidur bayi dan tambahkan deh minyak kayu putih yang dapat melegakan nafas. Dengan menghirup aroma dari uap air hangat itu, dapat membantu mengencerkan lendir jadi bayi dapat bernafas lebih lega.

#2 Membantu mengeluarkan lendir
Cara diatas kan tujuannya untuk mengencerkan lendir hidung tersumbat. Nah setelah lendir bisa dikeluarkan, setelah itu tugas para emak adalah mengeluarkan lendir untuk membuat rongga hidung bayik bersih. Ada beberapa cara buat ngeluarin lendir dari hidung bayik, seperti membaringkan posisi tidur bayi dalam keadaan tengkurap terus ditepuk-tepuk lembut punggungnya biar perlahan-lahan lendir akan keluar dengan alami.
Biar lebih efektif, para emak bisa lho menjemur bayi sekitar pukul enam hingga pukul tujuh agar badan bayi menjadi hangat dan membantu meredakan flu. Posisi tubuh bayi pas dijemur adalah meletakkan bayi di tempat yang nyaman terus tutupi mata bayi dengan penutup yang aman dan lembut buat bayi. Kemudian tunggu hingga sekitar lima belas menit atau sesuai kebutuhan. Selain bikin tubuh bayi hangat, menjemur bayi di bawah sinar matahari pada jam tertentu berkhasiat baik untuk tubuh bayi karena penyerapan kandungan-kandungan yang baik dari sinar matahari.

#3 Posisi yang baik untuk bayi dalam keadaan flu
Habis cara-cara yang udah saya tulis diatas dilakukan, sebelum flu benar-benar sembuh, hidung bayi pasti akan tersumbat karena produksi lendir berlebihan ketika sakit flu. Makanya untuk mengatasi itu, para emaks dapat mensiasasi dengan mengatur posisi tidur bayi untuk membuat bayi bisa tidur nyenyak meskipun hidungnya penuh lendir karena pilek jadi nafasnya nggak terganggu.
Para emaks bisa memposisikan badan bayi secara terlentang dengan posisi kepala lebih tinggi yang bisa bikin bayi lebih dapat bernafas lega. Meskipun memang sih nggak semua bayi bisa tenang dalam keadaan sakit. Kalau bayinya rewel, para emaks dapat menggendongnya dan mengatur badan bayi dengan posisi badan bayi dibuat senyaman mungkin untuk memperlancar bayi bernafas.

Perawatan yang bisa kita praktekkan untuk membuat bayi lebih nyaman tidur saat nggak enak badan adalah menaburkan dan memijat tubuh bayi dengan JOHNSONS bedtime baby powder sebelumnya. Bedtime baby powder bisa lho membantu menenangkan bayi dan menyamankan tidur bayi gegara kandungan natural calm.

Tapi sebagai emak-emak beranak dua biasa, jadi tentu saya tetep bukan yang ahli dibidang perbayikan. Saya belajar karena pengalaman dari duo bocah saja. Jadi jika masalah kesulitan tidur bayi masih kejadian setelah menerapkan cara-cara diatas ya sebaiknya para emaks segera berkonsultasi dengan dokter anak terdekat untuk memastikan kondisi si bayi.

Buat emak-emaks yang sedang baca tulisan ini dan punya pengalaman yang lebih keren dalam perawataan bayi saat sakit boleh lho nambahin, saya mah apa masih banyak kurangnya :D
6 comments on "Membuat Bayi Tidur Nyenyak dengan Posisi Tidur Bayi yang Tepat ketika Sakit"
  1. apalagi saya mah apa atuh, hahahaha
    get well soon everyone :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha toss dong. Tapi mah biasanya kita belajar dari pengalaman fen

      Delete
  2. perhatian bangetttt kamu mba. nice info nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah punya anak mah harus perhatian hal2 kaya gini

      Delete
  3. Kalau bayi lg flu, yg liat aja kasian

    ReplyDelete
  4. Kasihan memang kalau lihat bayi sesak gitu. Ternyata posisi tidur bisa membantu ya

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)