queen-ing, washing then blogging

Friday, December 16, 2016

Dongengin Anak, Penting?

pic source: missliterati.com

Dan mereka hidup bahagia selamanya…

Cerita dongeng tuh hampir semua endingnya kayak gitu ya, apalagi yang soal pangeran dan putri-putrian tuh. Yang cerita soal fable juga sama ding, mereka kemudian hidup rukun berdampingan di hutan itu selamanya. Ya mirip-mirip sih kalimatnya.

Di film kartun, sinetron atau tayangan tv apa aja, banyak sekalee adegan orang tua lagi bacain dongeng anaknya yang mau tidur. Templatenya juga mirip-mirip waktu jaman dulu. Si anak biasanya tiduran dengan posisi bantal tinggi di punggung untuk lebih tegak sementara si ibu atau si ayah memeluk dia sambil tidur di sampingnya, bawa buku cerita dongeng anak dan dongengin si anak yang mau bobo tersebut. Ga lupa ada segelas susu diatas nakas.

Terus kalau udah kelar dongengin dan buku dongeng ditutup, biasanya diakhirin dengan kalimat dan mereka hidup bahagia selamanya maka si anak nguap pertanda mulai ngantuk. Orang tuanya mengangsurkan susu untuk diminum, kelar anak minum susu, emak atau bapaknya naruh lagi gelas susu di atas nakas kemudian merendahkan bantal tidur anak untuk ga lagi pas dibawah punggungnya biar posisi jadi rebahan. Anaknya rebahan, orang tuanya naikin selimut sampe di dada si anak, ngelus rambut kecup kening selamat malam terus matiin lampu dan bawa gelas kosong keluar kamar.
Manis banget ya?

Udah lupa itu scene di film apa, dominannya sih di sinetron jadul yang sound track-nya aja unik khusus dinyanyiin untuk sinetron itu ajah.

Tapi sukses lah efeknya, saya pas masih abege lagi nonton sinetron itu jadi pengen kayak gitu kalau udah punya anak nanti huahahaha. Harapan ketika masih muda.
Kalau sekarang alesannya udah berubah, karena dongeng baik bagi tumbuh kembang anak. Ceritanya emang fiksi tapi bisa sangat bermanfaat yaitu:

#1 Dongeng dapat membantu mengajarkan kepada anak cara memecahkan sebuah masalah
Kan ada tuh dongeng-dongeng yang menuntut tokoh utama untuk menyelesaikan sebuah masalah, nah anak bisa mempelajari dari situ contoh-contoh masalah dan cara untuk menghadapinya.

#2 Dongeng mengajari sekaligus mendidik anak tentang perbedaan benar dan salah
Dalam dongeng biasanya ada tokoh antagonis dan protagonist, biasanya tokoh protagonis digambarkan baik hati dan memiliki banyak sifat baik, meskipun menemui banyak permasalahan dalam hidupnya, ending cerita akan selalu menceritakan bahwa yang benar dan baik hati yang akan selalu menang. Berbeda dengan antagonis yang biasanya kalah atau menemui permasalahan berat akibat ulahnya sendiri.

#3 Dongeng membantu anak untuk belajar berpikir kritis
Penokohan dongeng ada bermacam-macam, ada tokoh yang layak ditiru anak ada yang tidak. Anak bisa menanggapi dan bertanya tentang tokoh-tokoh dengan perlakuan yang ada di dalamnya dan orang tua bisa membantu menjelaskan dengan didasari nilai-nilai moral.

Tuh keren banget kan manfaat dongeng, sayangnya kalau saya lagi baca dongeng Arman masih sering lebih tertarik pada mainan dan Andin sendiri cuma bengong-bengong ngeliatin saya karena belum ngerti huahahaha. Masih setia menunggu saat yang pas dongengin mereka.

Emaks sendiri suka baca dongeng buat anak atau langsung dongeng tanpa buku? Sharing yuk ah! :D
5 comments on "Dongengin Anak, Penting?"
  1. anak2 kalo udah didongeingin gamau berenti :D. saya juga suka dongengin anak2 pas amu bobo :)

    ReplyDelete
  2. jadi inget waktu kecil sering di dongengin, sekarang jadi ngedongengin :D

    ReplyDelete
  3. Saya kurang trampil mengarang indah, jadi ya butuh buku. Tapi kadang, baca bukunya dulu baru pas ndongeng nggak pake pegang buku. Hahaha. Bacain dongeng, bisa buat anak juga lebih banyak kosa kata, karena kadang di buku banyak juga kosa kata yang nggak biasa dipakai sehari-hari.

    ReplyDelete
  4. gua juga setuju kalo dongeng buat anak penting...
    si emma tiap malem kalo mau tidur kudu didongengin. yang bikin ribet dongengnya harus ngarang sendiri dan harus baru setiap hari. yang ada pusing kita mikirinnya :P

    ReplyDelete
  5. Dulu anakku suka banget didongengin, sekarang lebih suka lari2 daripada dengar dongeng. :'D

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)