queen-ing, washing then blogging

Thursday, December 22, 2016

Ngobrolin Senam Hamil


Aloha!
Dulu – uhuk (((dulu))) padahal rasanya baru kemaren huahaha - ketika sedang hamil Arman, saya jadi rajin baca-baca berbagai informasi yang bahas soal kehamilan. Ya baca-baca referensi yang berkaitan dengan macem-macem hal yang berpengaruh pada kesehatan ibu hamil gitu. Sebagai calon ibu wajar aja dong ah kalau saya punya kekhawatiran lebih apalagi sedang hamil gini, huhuh mana banyak banget tuh mitos yang berkembang di masyarakat yang kudu saya saring kebenarannya baik melalui berbagai referensi bacaan maupun orang yang berkompeten dibidangnya.  Nah kebetulan dari awal hamil saya udah mulai rencanain untuk beraktivitas yang dapat menunjang kesehatan kehamilan. Beberapa hal dibawah enih ada dalam to do list saya:

Berjemur

Berjemur saat pagi hari baik banget loh untuk tubuh karena sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D. Berjemur pagi hari bisa kita lakuin pada kurun waktu antara jam 7-9 pagi, ya sama lah kayak jemur-jemur bayi, ibu hamil juga butuh sinar matahari pagi biar semakin glowing nan sehat, ahey! Melibihi jam-jam tersebut cahaya matahari udah ga baik buat tubuh karena mengandung ultraviolet. Makanya selama masa kehamilan, saya selalu meluangkan waktu untuk berjemur dipagi hari, kalah deh turis manca sama sayah huahahha.

Mengkonsumsi makanan yang baik

Masa kehamilan meskipun bikin seneng tapi juga adalah masa yang rentan makanya saya komitmen buat menjaga asupan makanan biar keadaan kehamilan dan kondisi janin tetep sehat. Makanan yang dikonsumsi bumil sebaiknya banyakin buah-buahan dan sayuran. Buah yang bagus untuk dikonsumsi adalah buah alpukat, kiwi, apel dll. Sedangkan sayur yang oke buat ibu hamil adalah brokoli, wortel, kacang merah, dll.

Dengan variasi asupan gizi yang diperhatikan masuk ke tubuh, seorang bumil cantik nan smart dapat memaksimalkan nutrisi yang diterima tubuhnya dan bayi. Ga cuma itu aja sih selain buah dan sayuran, tubuh juga perlu asupan yang berasal dari hewani seperti daging tanpa lemak, ikan dan telur. Big no kulit-kulit ayam goreng se endues apapun.

Menghindari stress

Janin bisat ngerasain loh apa yang dirasakan oleh ibunya. Nah makanya ibu kudu bisa mengontrol pikiran yang bisa bikin stress biar ga berdampak ke janin.

Mengontrol stress selain mikir yang hepi-hepi aja juga bisa diatur dengan olahraga. Olahraga yang saya lakuin saat hamil adalah:

#1 Berjalan kaki

Saya memilih jalan kaki sebagai salah satu referensi olahraga semasa hamil karena e karena jalan kaki adalah salah satu olahraga aman yang bisa dilakukan seorang bumil kayak saya. Saya biasanya jalan kaki ini sembari berjemur dipagi hari. Jadi ibaratnya sekali dayung 2 3 pulau terlampaui, ya olahraga ya berjemur syukur-syukur tetap langsing huahaha.
Bisa juga sambil jalan kaki enaknya dengerin murrotal biar hati adem tanpa emosi jiwa hehe dan murrotal juga baik lho untuk perkembangan janin.

#2 Senam hamil

Senam hamil adalah jenis senam yang dilakukan oleh para ibu hamil (ya iyalah ya!). Senam hamil tujuannya ya untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Senam hamil dipercaya dapat membuat ibu hamil jadi lebih bugar dan senam yang satu ini kadang jadi salah satu yang wajib disiapkan untuk menghadapi persiapan kelahiran.
Senam hamil tentunya ya beda dari senam yang biasa dilakukan kebanyakan orang. Bedanya nih senam hamil hanya memakai gerakan-gerakan kecil yang ga berat karena balik lagi ke tujuan awal senam hamil yaitu biar otot-otot panggul bumil lentur jadi bisa melancarkan proses persalinan.
Dengan melakukan senam hamil secara rutin dan berkala, para ibu hamil kece bisa menekan stress karena gerakan senam yang dilakukan, ketemu teman baru dan bisa saling sharing soal ilmu parenting sekalian sama temen senam yang ga lagi hamil anak pertama. Asik kan?
9 comments on "Ngobrolin Senam Hamil"
  1. Ngikutin tutorial senam hamil dari Bidan. Memang manfaatnya kerasa banget sih. ^_^

    ReplyDelete
  2. Senam hamil emang efektif menghindari stres pada ibu. ^_^

    ReplyDelete
  3. Belum sempat ngerasain, Tapi ada rencana kalau hamil juga rutin melakukan senam ini. Senamnya ringan sekali waktu lihat di video. ^_^

    ReplyDelete
  4. Saya jg dl senam hamil setelah 7 bln... Bingung deh sbelum 7 bln olahraga apa

    ReplyDelete
  5. Belum pernah ikutan senam hamil, gantinya saya lebih sering olahraga jalan kaki. hehehehe

    ReplyDelete
  6. Aku juga dulu ikut senam hamil dan menikmatinya bangeeet

    ReplyDelete
  7. belum bisa komen banyak sayah mbak hehehee

    ReplyDelete
  8. Belon pernah senam Hamil... hiks tidak kekinian sekaleeee...

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)