queen-ing, washing then blogging

Wednesday, April 12, 2017

Referensi Tanya Pakar Kehamilan

Weheartit

Aloha!

Andin sudah mau 10 bulan, tapi kalo ditanya tentang kehamilan Andin kemaren kayanya sih masih rada2 inget.

Semalem group kerjaan lagi membahas masalah kuning pada bayi baru lahir. Hmmm... saya masih inget, ya Arman, ya Andin, mereka semua kuning sampe nyaris 2 bulan. Ga disinar? Ga.
Karena DSA ga kasi saran untuk disinar.
Karena kuningnya ga sampe mata.
Karena mungkin saya pikir ada hubungannya dengan proteinuri saya selama kehamilan.
Jadi ya yang saya lakukan hanya kasi ASI dan jemur. Itupun kalau matahari bersahabat.
Hahaha, jangan ditiru ya. Ikutin kata hati aja, kalo ngerasa perlu disinar ya silahkan disinar. Hehehe.

Ngomong2 tentang kehamilan saya di usia diatas 30 tahun, memang agak beresiko. Ya namanya umur, makin bertambah, makin berkurang potensi organ tubuh.

Oiya, kehamilan saya termasuk high risk, dengan adanya proteinuria (protein terbuang ke urin) sampai +3 dan juga kemungkinan ikat leher rahim (sirklase atau cerclage) dan konsekuensinya adalah bedrest.
Apakah kehamilan resiko tinggi membuat saya menyerah dan putus asa?

Ya enggalah. Soalnya hamil itu rejeki, bener2 hak vetonya Allah. Kalo Allah belom kasi mandat untuk hamil, ya ga bakalan terjadi. Mumpung dikasi kesempatan hamil, ya nikmatin aja hamil high risk dan high cost ini.

Selama saya bedrest paska operasi sirklase, me time banget. Ya anggap aja me time lah, daripada bete mikirin bedrest mau ngapain, mendingan pegang gadget. Browsing apa aja yang mau saya tahu berkaitan dengan kehamilan saya termasuk tanya pakar kehamilan dan update blog. Hahahaha.

Trus tanya pakar kehamilan dimana? Banyak kok. Ini yang saya lakukan sewaktu mencari referensi untuk keadaan kehamilan saya :

1. Forum ibuhamil.com
Disini saya tinggal klik search topik, lalu keluarlah thread yang mengandung kata kunci yang saya cari. Enaknya banyak sharing pengalaman dari para bumil, kadang ada beberapa kutipan dari dokter obgsynnya masing2.

2. Babycenter.com
Nah kalo ini kayanya web wajib bumil. Ada tentang perkembangan janin hari ke hari, minggu ke minggu. Juga ada forum dan blog artikelnya. Enaknya juga ada aplikasinya tapi lumayan gede aplikasinya. Kalo HPnya ga mumpuni RAMnya mendingan sih buka webnya aja.

3. Forum ibudanbalita
Saya tahu forum ini sejak saya konsumsi susu hamil. Ya berhubung ga ada kerjaan, semua teks yang ada di kardus susu dari yang tulisannya bold gede2 sampe yang kecil2 nyempil, saya bacain semua. Termasuk web susu bendera ini.
Saya kira isinya cuma tentang susu aja. Ternyata banyak info di web ini, termasuk tanya pakar kehamilan karena ada dokter spesialis kandungan yang akan menjawab pertanyaan. Tanya apa aja, gratis kok.

4. Forum whatsapp group
Loh? Iya, temen2 SMA saya ada yang berprofesi dokter kandungan, jadi bisa sekalian tanya pakar kehamilan dikit. Ya kalo udah lebih spesifik sih mending japri.

5. Konsul japri dengan beberapa teman dokter kandungan di sosmed.
Iya saya juga melakukan ini, bertanyanya juga general sih, ga yang spesifik gimana2, karena bagaimanapun juga konsultasi ya berdasarkan observasi langsung.

6. Konsul japri dengan PMO (Personal Maternity Officer) dan dokter kandungan.
Kalo ada keluhan biasanya saya konsul dulu sama PMO. Ntar PMOnya yang info ke dokter saya. Atau bisa juga sih hubungi dokternya langsung.
Saya suka, suka, suka banget sama dokter kandungan saya, karena bisa dihubungi ke no hp nya. Ya ga sering2 banget sih konsulnya karena saya juga males nulis sms panjang2 dan kuatir ada perbedaan bahasa lisan dan tulisan. Lagian kan dokter emang kerjaannya bales sms?

Anyway dari semua cara yang saya jabarkan diatas, TETEP LEBIH AKURAT konsultasi face to face dengan observasi langsung. Adapun saran, rekomendasi yang kita dapatkan dari online bisa juga didiskusikan langsung dengan dokter kandungan dengan data dan observasi langsung.
Bukan begitu?

Ada yang mau share tentang pengalaman referensi informasi kehamilan?
1 comment on "Referensi Tanya Pakar Kehamilan"
  1. Aku dulu jarang nanya di situs gitu mbak... Paling ikutan dulu itu kalo nggak salah ibudanbalita. Tapi saat anak lahir, intensnya ngikuti twit dokter anak yang rajin share dan jawab pertanyaan melalui twitter...

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)