queen-ing, washing then blogging

Tuesday, May 30, 2017

Investasi Properti Rumah Subsidi Boleh Aja, Tapi...


Aloha!

Apakabar semua?
Maap, yg punya blog lagi sibuk mandorin tiap wiken. Kalo weekdays mah biasa, babysitting. Hahahaha. Entah emang mood lagi baik atau pengaruh renovasi rumah mendekati selesai, jadi bahagia aja terus tiap hari ya selain ngos2an nyari duitnya ya. Hahahaha.
Ya akhirnya demi terwujudnya cita2 renovasi rumah makanya banyak sponsored post di blog ini XD.

Anyway, rumah saya ini udah sering saya ceritain disini sih. Iya, rumah yang udah ampir 5tahun dicicil tapi ga ditempatin. Atas pertimbangan nyicilnya sampe berdarah2, anak udah 2 tapi masih ikutan ortu,
Maka jatuh bangun dicari juga lah duit untuk renovasi.
Seru dan menegangkan. Hahaha.

Beberapa waktu lalu saya kedatangan adeknya suami (dulu pernah diasuh makmer dan tinggal bareng di rumah ini) bersama temen cewenya, ya sebut aja pacarnya.

Si mbak cewe ini wiraswasta, dagang apa aja yang diminta konsumen dan rela keliling daerah sekeliling untuk ngereditin barang apa yang dimauin konsumennya. Si mbak ini masih muda loh (dari saya tentunya), syantik, bodi okeh. Lalu maksudnya?
Maksudnya ya saya salut masih muda mau usaha keliling gitu, biasanya kan ada yg gengsian. Ya pokoknya gitulah dia ceritanya ke saya.

Lalu juga si mbak itu kepengen banget beli rumah. Dia udah survey di pinggiran Jakarta kaya bekasi dan depok sampe ke cikarang dan pengen banget rumah subsidi. Doi bilang kalo di depok udah ga ada rumah subsidi, mungkin karena daerahnya udah jadi daerah mahal. Kalo di Bekasi kaya Cikarang, masih banyak, tapi doi ga sreg sama luas tanah luas bangunan. Kalo di Bekasi kabupaten (macem cikarang, cibitung, tambun utara) rumah subsidi ya palingan Luas Bangunan/Luas Tanah ya minimalis, LB/LT 22/60 gitu ya dengan spek ya apa adanya.

Ya ada harga, ada kualitas. Gitu aja sih. Secara, harga bahan bangunan itu mahal banget. Coba deh bangun rumah from the scratch (dari tanah kosong, bikin pondasi dsb dsb) kayanya ga akan semurah itu.
Belom biaya tukang dan kenek yang kalo harian kisarannya 100-150rb perhari.
Hahahaha.

Trus sebenernya sih yang mau saya bilang adalah, makin cepet kita investasi properti makin bagus.
Kalo mampunya rumah subsidi, ya monggo. Sesubsidi2nya rumah, tetep aja belinya pake duit, ya toh?

Tapi perlu diinget dan jadi bahan pertimbangan kalo ngerenop itu juga mahal. Meski cuma mlester doang. Atau ngeflur doang, atau pasang keramik doang, 'bunyi' biayanya sekian juta. Hahaha.

Selamat berinvestasi property ya sisbro :)

1 comment on "Investasi Properti Rumah Subsidi Boleh Aja, Tapi..."
  1. emberaaaaaan! Masang kanopi aja udah 8 jutaan *garuk-garuk dompet

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)