queen-ing, washing then blogging

Friday, October 13, 2017

79 Tahun Sinar Mas Berpartisipasi Memajukan Negeri #SM79


Aloha!
Kalo menjelang wiken gini saya paling demen cek promo JSM (Jumat, Sabtu, Minggu) di minimarket. Ngapain? Ya liat promo popok dan minyak goreng. Biasanya sih kalo Filma ya Kunci Mas. Kalo Filma sering banget promo di Indomaret loh, 2L ga sampe 25rb. Mayan banget lah kalo kata buibu, karena 2L Minyak goreng merk lain biasanya mencapai 27rb. Mayan hemat 3000, buat beli permen. Hehehe.

Pengennya juga sih wiken ke ITC. ITC favorit saya ya ITC cempaka mas. Semuanya ada disitu. Enaknya kalo duit lagi penuh sekarung kita jalan2 ke ITC. Kalo duitnya duma di dompet kok berasa cepet abis ya. Hahaha.

Kalo jalan2 kemana2 liat billboard sana sini, makin banyak aja ya iklan HP yang bundling sama provider seluler, yang paling sering sih Smartfren. Dan saya perhatikan emang dia murah sih pakenya. Berpuluh-puluh giga bite paket data harganya tetap terjangkau.

Bingung daritadi saya ngomongin apaan?
Itu, saya lagi ngomongin hasil karya Sinar Mas. Itu yang saya sebutin baru beberapa. Masih banyaaaakkkk lagi. 
Sini, sini saya kasi tau.

Sinar Mas berawal tahun 1938, Sinar Mas kini memiliki 6 pilar bisnis yang melibatkan lebih dari 380.000 orang. Sinar Mas adalah brand dari perusahaan yang bergerak melalui 6 pilar bisnis: Pulp dan Kertas, Agribisnis dan Pangan, Layanan Keuangan, Pengembang dan Realestat, Telekomunikasi, serta Energi dan Infrastruktur yang meski masing-masing dikelola secara independen, namun dipersatukan oleh kesamaan nilai dan histori perusahaan.

Nah…nah…nah…ternyata banyak pilar perusahaan Sinar Mas dan banyak hasil karyanya yang sudah popular dan familiar tapi ga ngeh kalau itu adalah hasil karya dari Sinar Mas.

Sinar Mas berkomitmen pada praktik bisnis berkelanjutan melalui aspek ekonomi, kelestarian lingkungan dan kesejahteraan sosial. Inisiatif terkini adalah untuk terlibat pula dalam penyediaan layanan kesehatan dan pendidikan.

Dari setiap pilar bisnis yang ada, tergambarkan fokus Sinar Mas adalah pengelolaan komoditas serta layanan yang menjadi kebutuhan utama masyarakat, yang sekaligus mampu mendorong kesejahteraan dan perekonomian bangsa.
Apa aja sih 6 pilar bisnisnya?

1. Produk Pulp dan Kertas

Asia Pulp & Paper (APP) adalah lembaga yang menaungi sejumlah pabrik pulp dan kertas di Indonesia, yang meski masing-masing dikelola secara independen, namun dipersatukan oleh kesamaan nilai dan histori: anggota keluarga besar Sinar Mas.
APP memproduksi pulp, kertas beserta produk turunannya – menggunakan sejumlah merek – guna memenuhi kebutuhan dari berbagai penjuru dunia. Bermula dari PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia di Mojokerto, Jawa Timur, pada tahun 1972, APP berkembang menjadi industri berkapasitas produksi hingga 12 juta ton per tahun (tidak menyebut lagi produk yang dihasilkan), yang menjangkau 120 negara di 6 benua, dengan mengandalkan keberadaan sebanyak lebih dari 70 ribu orang karyawan.
Apa produknya? Kertas : Paperline, Concorde, Bola Dunia, Trutone. Tisu : Paseo, Nice, Toply, Livi.
Familiar kan?

2. Agribisnis dan Makanan

Sinar Mas bergerak di sektor agribisnis dan pangan melalui Golden Agri-Resources Ltd (GAR), yang berdiri pada tahun 1996 dan tercatat di Bursa Efek Singapura sejak tahun 1999. Bersama salah satu anak perusahaannya, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 1992, GAR termasuk pengelola perkebunan kelapa sawit terintegrasi terbesar di dunia.
Upaya menjadi yang terdepan dalam menghasilkan minyak sawit berkelanjutan kami lakukan melalui praktik industri perkebunan terbaik yang secara berbarengan membangun sisi ekonomi, kesejahteraan sosial masyarakat dan juga kelestarian lingkungan.
Pengelolaan industri sawit terintegrasi menjadikan kami senantiasa mengedepankan efisiensi, produktivitas, kualitas dan juga keberlanjutan di setiap rantai produksi. Seperti halnya di sektor hulu, GAR juga terus memperkuat kehadirannya di sektor hilir dengan dukungan kekuatan rantai logistik, distribusi, hingga ke variasi jenis produk, agar mampu memenuhi peningkatan jumlah dan ragam kebutuhan konsumen global.

Produknya antara lain minyak goreng Filma, minyak goreng Kunci Mas.

3. Pengembang dan Real Estat

Sinar Mas Land adalah salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam produk, mulai dari kota mandiri, perumahan, kawasan komersial dan industri, hotel hingga resor wisata, yang tersebar tidak saja di Indonesia, tapi juga di Asia hingga Eropa.
Produknya? Semua pusat perbelanjaan ITC itu hasil karya Sinar Mas Land loh. 

Perumahannya antara lain BSD City, Kota Legenda, Kota Wisata, Kota Bunga.

4. Jasa Keuangan

Sinar Mas melalui PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) menyediakan berbagai layanan keuangan bagi nasabah korporasi – termasuk pula usaha mikro, kecil dan menengah – maupun perorangan melalui sejumlah anak perusahaan yang dinaunginya. Menjangkau masyarakat dengan layanan berkualitas global di sektor perbankan, asuransi, pembiayaan nasabah, serta manajemen aset, dengan dukungan layanan terpadu dan solutif, sekaligus mendorong jangkauan keuangan inklusif bagi masyarakat luas.

Salah satu produknya : Asuransi Sinar Mas. Kantor saya dulu pernah pakai asuransi provider ini loh dan layanannya tidak mengecewakan.

5. Komunikasi dan Teknologi

Sinar Mas menyediakan layanan telekomunikasi melalui PT Smartfren Telecom Tbk dengan mengandalkan teknologi 4G LTE Advanced pertama di Indonesia, yakni sebuah teknologi jaringan nirkabel tidak membedakan jaringan GSM ataupun CDMA, dengan menggabungkan dua atau lebih saluran radio (spektrum) untuk mendapatkan kecepatan yang lebih baik.
Sebagai penyedia layanan berbasis 4G LTE dengan jangkauan terluas di Indonesia, inovasi dan penyempurnaan menjadi landasan memenuhi kebutuhan pengguna.

6. Energi dan Infrastruktur

Sinar Mas bergerak pula dalam penyediaan energi listrik, pertambangan batu bara, infrastruktur, bahan kimia, perdagangan ritel dan multimedia, sejak tahun 1998 melalui PT Dian Swastatika Sentosa Tbk dan sejumlah perusahaan di bawah naungannya.

Nah setelah saya kasitau, ternyata banyak kan hasil karya Sinar Mas yang sudah sangat amat familiar dengan kehidupan kita sehari-hari. Dari mulai tisu sampai penyediaan listrik.

Di 2017 ini, Sinar Mas sudah 79 Tahun ikut berpartisipasi membangun negeri Indonesia. 

Sebagai perusahaan besar yang sudah membangun negeri tercatat beberapa proyek CSRnya antara lain :

Momentum perayaan seperti Idul Fitri, Natal dan pergantian tahun kerap diwarnai dengan meningkatnya harga bahan kebutuhan pokok. Sinar MAs coba mengurangi dampaknya melalui kegiatan Bazaar Rakyat yang sejak 2005 telah menyalurkan lebih dari 30 juta liter minyak goreng kemasan bersubsidi di berbagai kota, di pelosok negeri. Bazaar Rakyat sekaligus pula menjadi penanda komitmen Sinar Mas mendukung pemerintah menanggulangi gejolak harga kebutuhan pokok. Bagi Sinar Mas, kegiatan ini juga sebuah kesempatan guna melakukan aktivitas tanggungjawab sosial perusahaan, mengedepankan produk dan merek kebanggaan Sinar Mas .

Mendukung aktivitas rohani warga masyarakat, Sinar Mass secara berkesinambungan mendonasikan hingga ratusan ribu kitab suci Al Quran

Dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, kebutuhan Al Quran di Indonesia setiap tahun, menurut Kementerian Agama mencapai hingga 2 juta eksemplar. Kala kemampuan penerbit untuk memenuhi kebutuhan ini masih terbatas, kami sejak 2008 bergabung memberikan dukungan dengan menggelar Wakaf Al Quran untuk Negeri. Hingga kini, tak kurang dari 500.000 kitab suci Al Quran telah disalurkan di berbagai kota.
Seperti halnya Bazaar Rakyat, dalam kegiatan ini Sinar Mas berbagi mengandalkan produk dan merek milik sendiri, melalui kertas Sinar Tech yang dipergunakan mencetak seluruh kitab suci Al Quran tadi. Wakaf ditujukan ke beragam lembaga pendidikan, organisasi kemasyarakatan, sosial, rumah ibadah, kalangan berkebutuhan khusus, serta potensi masyarakat lainnya.

Oiya, Sinar Mas melalui PT. Smart dan APP Sinar Mas ikut berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia 2017 di ICE BSD periode 11 – 15 Oktober 2017 loh. ICE BSD juga hasil karya Sinar Mas. Penngunjung bisa melihat dan engenal lebih jauh produk ekspor Sinar Mas dari mulai produk –kue yang dibuar dari produk-produk Sinar Mas secara gratis. Yummyyyy



Ga sempet dateng ke Trade Expo? Gampang kok, follow aja semua sosmednya Sinar Mas, selalu update semua beritanya.
Facebook : SinarMasID
Twitter : sinar_masID
Instagram : sinar_masid
Youtube : SinarMasNet
2 comments on "79 Tahun Sinar Mas Berpartisipasi Memajukan Negeri #SM79"

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)