queen-ing, washing then blogging

Monday, April 15, 2019

Pesan Tiket Pesawat Murah Jakarta Malang Untuk Perjalanan Bisnis


Aloha!
Jumpa lagi dengan saya di sini. 
Tetiba, saya ngomongin perjalanan bisnis. Aseekkkk. 
Eits jangan keselek dulu, baca dulu sampe selesai, supaya ga miss-understanding.

Jadi, udah dari sejak awal Maret 2019 ini, ibu mertua saya sudah sounding bahwa di bulan April ini, dia bakalan melakukan perjalanan bisnis ke Malang. Ya namanya perjalanan bisnis, ya sebisa mungkin kan segala sesuatu memerlukan kecepatan tinggi. Time is money, begitu kata para pengusaha. Jadi, makin cepat waktu yang diperlukan, makin banyak uang yang bisa dihasilkan. 

Perjalanan bisnis kali ini, merupakan agenda lanjutan pertemuan dengan pihak instansi pemerintahan yang berwenang mengenai follow-up surat-surat terkait. Iya, sebelumnya ibu saya ini pernah melakukan perjalanan bisnis untuk urusan yang sama. 
Pada perjalanan bisnis sebelumnya, ibu saya menggunakan moda transportasi kereta dari Jakarta, kemudian pulang kembali menggunakan pesawat. 

Untuk perjalanan bisnis ke Malang yang kedua, sudah diwacanakan ibu saya ingin menggunakan transportasi pesawat karena menghemat banyak waktu perjalanan bila dibandingkan dengan menggunakan moda transportasi kereta api yang bisa dikonversikan menjadi pengurusan hal lainnya yang terkait dengan surat-surat terkait. 

Saya, tentu saja tidak ikut serta dalam perjalanan bisnis ini, karena kesibukan saya menjaga daycare tetap aman dan tentram :D.  Tetapiiii, saya yang mengatur akomodasinya. Ibu mertua saya sengaja tidak mengoneksikan ponsel pintarnya dengan segala aplikasi kekinian yang menurut saya dan para netizen sangat memudahkan hidup. Jadi, otomatis, saya bertindak sebagai asisten pribadi yang mengurus segala sesuatunya dari tiket pesawat yang termurah dan hotel untuk beliau tinggal. 

Kali ini sih ga banyak permintaannya, karena murni perjalanan bisnis sehingga tidak membutuhkan rekomendasi tempat-tempat wisata. Cukup tiket pesawat dan hotel yang terdekat dengan kantor instansi tersebut. 

Tadinya, saya ingin melakukan pemesanan tiket pesawat melalui laptop agar ibu saya juga bisa melihat langsung detail perjalanannya beserta harganya. Kan di laptop hurufnya bisa dibesarin sehingga ga perlu pake kacamata bacanya. Penting banget pemilihan maskapai berdasarkan jam take-off dan harga, menurut ibu saya. Bagasi 0 kg, ga penting, karena biasanya ibu saya hanya membawa 1 tas yang muat di cabin saja.
Namun, ternyata ibu saya lebih suka saya mencarinya dan sama-sama berdiskusi mengenai pemesanan tiket pesawat melalui ponsel. Okehlah, saya buka aplikasi Pegipegi aja. 

Cara Pesan Tiket Pesawat di PegiPegi

Aplikasi Pegipegi ini seger banget tampilannya dengan warna orangenya. Tampilannya pun memudahkan banget (user friendly). 

1. Supaya segala sesuatunya mudah, register aja dulu termasuk data penumpang, nanti tinggal klik klik aja, tanpa harus ngetik lagi. Karena ngetik data penumpang saat memesan memerlukan waktu loh. Tau sendiri kan kalo di OTA itu ga bisa kelamaan, harga yang kita pilih bisa segera berubah dalam waktu sekian menit. Data ini bisa di cek di "PROFILE" kanan bawah.



2. Untuk memesan tiket pesawat, tinggal pencet icon bergambar pesawat. Tentukan Asal & tujuan, tanggal dan jumlah penumpang dewasa/anak/bayi. klik "CARI TIKET".
Ada fitur yang memudahkan kita melihat histori pencarian sebelumnya loh, di "TERAKHIR DILIHAT"

3. Kalau masih galau tanggal yang direncanakan kok ternyata harganya masih tinggi banget, bisa klik icon KALENDER di kanan atas untuk melihat harga kisaran tiket di sekitar tanggal pilihan kita. Yak, dipilih... dipilih... dipilih...

4. Ada FILTER di bagian kiri bawah, untuk menyaring pencarian kita tentang kisaran harga, transit/langsung, waktu berangkat, waktu tiba, maskapai. Kalau sudah memilih, jangan lupa klik SIMPAN ya, supaya filternya berfungsi.

5. Ada URUTKAN di bagian kanan bawah, untuk mengurutkan berdasarkan harga, jadwal berangkat paling awal, paling akhir, tiba paling awal, tiba paling akhir. 

6. Setelah menemukan maskapai yang cocok, silahkan klik DETAIL untuk melihat rincian penerbangan dan rincian harga. Lengkap banget infonya dan harga yang tertera adalah harga final yang akan kita bayarkan. Final, tanpa ada tambahan sekian rupiah untuk abcd.



7. Sudah bulat tekad akan memesan? Lanjut ke menu selanjutnya yaitu KONFIRMASI berisi detail pemesanan dan harga total. Kalo udah sesuai, lanjutlah klik LANJUT.



8. Tinggal se-klik lagi dapet deh tiket pesawatnya. Lanjut ke menu BAYAR. Di sini ada pilihan metode pembayaran dari Transfer Bank (hanya dari jam 07.00 - 18.49), Kartu kredit, Transfer ATM, Virtual Account, Internet Banking, Bayar di Minimarket (hanya dari jam 08.00 - 20.00) dan Kredivo. 
Lengkap banget. Pengalaman saya dengan OTA yang lain, cara pembayarannya terbatas banget, cuma transfer via bank. Itupun banknya ternyata bukan bank yang familiar atau sama dengan akun bank saya. Malesin kan kalo terkendala di cara pembayaran. Untungnya pegipegi memudahkan banget. Saya pilih Virtual Account dan ada tombol COPY untuk nomor VA nya ataupun jumlahnya.
Enaknya pake VA itu cepet terverifikasi. Seketika itu juga! Saya sering belanja online, bayar menggunakan VA. 
Untuk pembayaran menggunakan VA ditunggu selama 48 menit ke depan untuk mencegah pemesanan kadaluarsa. 




Setelah selesai pembayaran, tradaaaaaaa.... selesai deh proses pemesanan tiket pesawat online via Pegipegi, Ga pake repot. Alhamdulillah, jadi asisten pribadi dadakan ini, ga kecipratan repotnya. Gampang banget kok.

Semoga perjalanan bisnis ibu saya berjalan lancar dan segala urusannya segera selesai.

Kalo kamu, pernah pake Pegipegi juga?
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)