queen-ing, washing then blogging

Monday, February 17, 2020

5 Varian Seblak Enak Gampang Dibuat Di Rumah, Cobain Yuk!

Sumber : ig @lilyminarosa


Aloha!
 Apakabar?
Awal tahun ini diawali dengan curah hujan yang sangat tinggi dan musim hujan masih terus berlangsung sampai dengan hari ini. Kalo mendung-mendung dingin-dingin gini, memang enak banget makan yang panas-panas dan pedas. Lalu saya buka aplikasi ojek online, nyari rekomendasi terdekat. Ahaaaa.... SEBLAK!!! Boljug nih. Kemudian terbayang kepulan asapnya ketika disajikan, hmmmm menggugah selera banget.

Siapa yang tidak kenal seblak? Kuliner asal Bandung ini memang menjadi jenis makanan favorit banyak orang. Saya baru tau hidangan bernama seblak itu sekitar 4 tahun lalu pada saat nyari makanan berbuka puasa. Ada sebuah gerobak makanan menjual seblak. Saya liatin si penjual menghidangkan makanan seblak itu. Oh gitu. Semacam kerupuk dan makaroni mentah direndam dalam kuah dengan wangi kencur. Mirip-mirip jamu. Untungnya berbumbu, dann pedas, sehingga meleset dari bayangan makan kerupuk direndam kuah jamu. Hahhahahaa.

Oiya, sekilas info tentang seblak ya. ISIAN SEBLAK Seperti makaroni, ceker, kerupuk, mie dll itu disebut TOPPING. Jadi jangan heran ya kalo mesen seblak di aplikasi ojek online ada pilihan topping seblak. Padahal setau saya topping itu semacam hiasan atas, bukan isi/konten.

Pada awalnya, varian rasa seblak sangat terbatas, yaitu seblak kering serta seblak kering. Namun, saat ini seblak berkembang menjadi kuliner kekinian yang memiliki banyak varian rasa. Selain memiliki varian rasa yang banyak, seblak menjadi kuliner kekinian populer karena bisa gampang dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan tidak terlalu banyak dan bisa ditemukan di toko-toko terdekat. Selanjutnya, kita tinggal meracik bahan menjadi seblak sesuai selera.

Bagi kita (((kitaaa???))) para pemula yang ingin membuat seblak sendiri di rumah, ada 5 varian rasa yang menarik untuk dicoba. Cara membuat seblak di rumah dengan berbagai varian ini gampang banget dan menjanjikan rasa yang lezat. INTINYA MAH, bikin aja kuahnya, insipirasi isian/toppingnya, sini saya bisikin....

1. SEBLAK CEKER
Ceker ayam sebagai isian/topping seblak. Ceker gampang banget kan ditemui di Kang sayur. Bahkan kalo di kilo dapet banyak dan banyak orang yang ogah beli ayam pake ceker. Kalo pengen tau seblak ceker ini ngehits dimana, sini saya kasi tau. SEBLAK JELETET di kawasan Gunung Sahari itu ngehits banget SEBLAK CEKERnya. Selain cekernya yang lembut, level pedasnya juga bisa dipilih sesuai selera.

2. SEBLAK AYAM
Seblak ayam ini paling gampang. Daging ayam diiris tipis-tipis atau disuir. Enaknya sih pakai daging bagian dada ayam yang paling banyak dagingnya. Jangan lupa, ayamnya direbus dulu, supaya dagingnya mateng. Karena seblak bukan mematangkan ayam tapi memberi kuah. Hehehehe.

3. SEBLAK SOSIS
Sosis. Ahhhhh gampang banget. Dimana-mana ada. Di supermarket, kang sayur, kang frozen food, atau warung kelontong besar. Tapi ga seru kalo cuma Sosis doang isinya, bisalah ditambahin daging asap, baso, otak-otak atau lainnya, supaya makannya lebih semangat. Kalo mager beli bahan ini itu, ya gampang klik-klik aja fasilitas belanja online. Mahal dong karena ada ongkos kirim? TENTU TIDAK, marimar. Perkara ongkos kirim tetap aja ga senilai dengan kenikmatan mager hari ini. Hahahaha.

4. SEBLAK MOZARELLA
Huiiii dengernya aja udah bikin mupeng. Maksudnya gimana nih? Mozarela dijadiin isian seblak? Oh Bukan begitu, fernando. Tapi ciri khas seblak ini adalah dengan lelehan mozarela di atasnya (topping). Omaigot, ngomongin ini aja menetes air liurku. Kalo di kang seblak dapet mozarellanya dikit, beli aja gaes mozarellanya. murah kok, seperempat kilo cuma 30 ribuan, trus parut dan tebar di atas seblak panas. mamamiaaaa....

5. SEBLAK CILOK
Nah kalo ini antimainstream. Sepengetahuan pasti, yang udah-udah, kalo seblak ya ceker, kerupuk, makaroni, sosis, ayam, baso. Cilok pasti masih agak kurang familiar. Cilok itself aja udah enak dicemilin, eh lalu duet jadi seblak? Udah ga usah dibayangin, coba in aja. Males bunder-bunderin seblaknya? Beli aja secara online cilok frozen supaya nambah cashbak kamu dari Shopback.
Cobain cilok referensi sayayang satu ini : Cilok Barkah Food


Gimana? Udah menggugah selera blom? Atau kalo males juga bikinnya, ya beli jadi aja secara online lah, Hahahahaha.
Favorit kamu seblak apa?
1 comment on "5 Varian Seblak Enak Gampang Dibuat Di Rumah, Cobain Yuk!"

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)