queen-ing, washing then blogging

Monday, March 16, 2020

Serba-serbi Backlink Untuk Web/Blog Berkualitas



Aloha!
Apakabar?
Semoga sehat semua ya. Ya kalo ga penting-penting banget, stay at home udah yang paling aman.

Tenang aja, jaman kaya gini, semua info bisa kita dapetin dari henpon, tanpa harus keluar rumah, bergosip sama tetangga kok.
Informasi sedemikian derasnya, balik lagi ke Kita, sebagai end user/pembaca yang harus menyaring Berita dengan baik.
Maksudnya, ya carilah sumber Berita dari yang terpercaya.

Lah, udah lama ga ngeblog, pas ngeblog tetiba inget bentar lagi bayar domain tahunan. Hahahaha.

Yang perlu hosting, sok atuh dibaca :  www.domainesia.com/hosting hosting terbaik di Indonesia


Balik lagi ke web terpercaya, biasanya traffic web tersebut tinggi, karena banyak orang yang mengaksesnya.
Ya emang Sih yang click-bait juga banyak, tapi click-bait bertahan berapa lama Sih? Begitu orang mendarat di webnya, Lalu Tau itu cuma click-bait Dan ga Ada isinya, besok-besok ga akan mau ke web itu lagi.

Seperti halnya blog, bukan ga mungkin blog kalau diseriusin bakalan bisa jadi suatu profesi.
Untuk membuat blog professional, sudah pasti semua informasi yang tercantum di dalam kontennya harus dari sumber yang terpercaya, maka suatu blog perlu pranala balik/backlink sebagai referensi.
Si blog itu sendiri perlu juga ga dijadikan pranala balik di web/blog lain? Ya perlu dong.

Pranala balik bentuknya bisa berupa kutipan atau kata yang idealnya berkaitan dengan konten web/blog kita. Kalau kata Wikipedia, istilah lain dari backlink adalah inlink, link masuk atau inbound link.

Nah, tapi balik lagi nih, backlink yang berkualitas akan mempegaruhi tingginya traffick website secara konsisten. Lebih lanjut, para pengguna internet akan lebih mudah mengakses web/blog untuk mendapatkan informasi seputar konten, layanan atau produk yang dipromosikan dalam web.

Backlink juga akan mendukung mesin pencari agar familiar dengan web/blog kita. Ketika backlink berfungsi dengan baik, Google akan menilai baik halaman web/blog kita sehingga bisa masuk daftar rekomendasi pencarian berdasarkan kata kunci yang relevan.

Trus gimana caranya Kita mendapat backlink yang berkualitas. Mari fergusoh, Marimar kasi tau.

1. Be original.
Kalo konten Kita selalu original, jauh dari plagiat, Insya Allah hasil mah ga akan mengkhianati proses. Pasti, kemungkinan besar web Kita dijadikan backlink di web/blog org sebagai referensi.
Ya jangan lupa, semua metadata search referensi, file gambar Dan keyword semua dioptimasi supaya selaras.
Jadi, ketika ada orang yang sedang mencari informasi berkaitan dengan konten tertentu yang original, mesin pencari akan dengan mudah mengarahkannya ke web/blog Kita.
Syukur-syukur kemudian kutipan blog Kita muncul di sniplet Google search.

Ini berlaku juga untuk kerjasama jenis CP (Content Placement = artikel sudah disediakan klien, tinggal di kopi paste ke web/blog Kita). Boleh-boleh Aja nerima job CP, tapi editlah dengan Gaya bahasa sendiri. Kan Kita ga Tau, itu artikel udah dishare klien ke berapa pihak untuk dipublikasi?

Tetep ga mau publish konten original tapi masih doyan comot hasil karya orang? Coba cek akte kelahiranmu, namamu Xerox mesin potokopi, bukan?

Tapi, ya kerugiannya juga Ada Sih, kadang Ada Aja yang kopi paste hasil karya Kita. Tapi yakinlah,
Malaikat juga Tau, siapaaa yang duluan klik publish. *Auto nyanyi.
Ya Google juga Tau kok.

2. Undang penulis lain sebagai guest post di blog
Cara mengoptimalkan backlink yang selanjutnya adalah dengan mengundang penulis tamu. Biasanya sih para blogger atau pengelola website lainnya yang berkunjung ke website kita, lalu mereka dipersilakan menulis di web/blog kita dengan imbalan tertentu.
Imbalan tersebut bisa berupa uang atau izin mempromosikan website atau blog mereka di web/blog. Cara ini cukup efektif dalam mendapatkan backlink berkualitas, bahkan berpeluang untuk menghimpun para blogger untuk kerja sama bisnis.
Ada tapinya nih fergusoh, Cari yang sefrekuensi dengan Cara pikir atau Cara Kita menulis. Jangan terlalu jomplang. Karena, percaya deh tiap Gaya punya market sendiri. Jangan sampe pembaca setia kabur gegara 1 guest post yg beda banget Cara penulisannya.

3. Kita menawarkan diri sebagai penulis guest post di blog orang lain
Ini merupakan kebalikan dari poin dua, di mana kita yang berposisi sebagai penulis yang mencari website atau blog yang mengizinkan kita menulis konten. Ketika kita menulis di web atau blog mereka, telah ada perjanjian di awal bahwa Kita akan mendapatkan imbalan berupa backlink. Saat ini, tidak sulit untuk menemukan website dan blog yang mempersilakan Kita menulis dan memberikan imbalan berupa backlink yang berkualitas.
Usahakan Cari web/blog terpercaya yang DA (Domain Authority) nya lebih besar dari Kita, agar imbasnya juga bagus.

4. Hindari Backlink Palsu
Backlink bisa optimal untuk menunjang website yang berkualitas jika ia didapatkan secara alami. Jadi, sebisa mungkin hindarilah membuat backlink buatan atau backlink palsu. Lantas apakah yang dimaksud dengan backlink buatan? Ini merupakan backlink yang dibuat sebanyak-banyaknya di sembarang tempat, serta disimpan di sejumlah akun secara random.
Ingatlah, bahwa backlink yang banyak dari segi kuantitas akan kalah dengan backlink sedikit tapi berkualitas. Backlink yang dibuat sembarangan dengan menyusupkan link-link ke sejumlah akun tanpa memperhatikan relevansi dengan konten bisa jadi dianggap spam dan tidak akan membantu mengkatrol kualitas web/blog.

Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas memang membutuhkan ketekunan dan konsistensi. Jadi, ketika kita tidak punya cukup waktu untuk membuatnya, jangan ragu untuk menjalin kerja sama secara profesional dengan sejumlah jasa pembuat artikel dan backlink.
Iya Sih mengeluarka  sejumlah uang. Tapi yakinlah, hasil dari kerja sama ini akan menghasilkan web yang berkualitas dan bisa diandalkan untuk beragam kebutuhan bisnis yang mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Dengan atau tanpa menjalin kerja sama dengan pihak ketiga, pastikanlah upaya Kita untuk mengoptimalkan keberadaan backlink sudah memperhatikan tiga faktor. Di antaranya yakni jumlah backlink, originalitas tautan serta keanekaragaman tautan.

Jangan lupa kalau keberadaan backlink sangat penting agar mesin pencari bisa dengan mudah merekomendasikan web/blog  daftar pencarian berdasarkan kata kunci tertentu.

Ketika web/blog kita akrab dengan mesin pencari, otomatis traffick web juga akan terbantu agar konsisten ramai pengunjung. Pentingnya mengelola backlink setara dengan kewajiban Anda mengurus metadata, serta mengoptimasi halaman web.

Ada yang mau nambahin?

Siapa Tau, rekan pengelola website atau blog lainnya mungkin juga pendapat lain mengenai informasi seputar cara mengoptimalkan keberadaan backlink untuk mendapatkan web/blog yang berkualitas.

Stay safe ya gaes. Semoga Corona segera berakhir.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)