queen-ing, washing then blogging

Sunday, July 25, 2021

Andini Ikut Petualangan Ke Planet Mochi

 


Aloha!


Apakabar semuanya? Semoga sehat selalu. Yg dalam keadaan sakit ataupun dalam masa isoman, semoga segera pulih kembali.


Ga terasa sudah akhir bulan Juli, bulan yang dinanti-nanti anak-anak untuk kembali sekolah. Sekolah yang dimaksud adalah sekolah tatap muka, bukan sekolah daring.

Ternyata harapan tinggal harapan, muncullah PPKM. 


Ekspektasi anak untuk sekolah adalah ke sekolah secara normal bertemu dengan Ibu Guru dan teman-teman. 


Karena ada PPKM, Andini yang tahun ini akan berusia genap 5 tahun dan rencananya masuk TK A, pupus harapan untuk sekolah tatap muka, padahal setiap hari pertanyaannya adalah, "ma, kapan Andini pergi ke sekolah?" 

Sabar ya nak, kita doakan pandemi segera berlalu. 


Tahun ini, tahun kedua melakukan sekolah daring. Tahun lalu saya yakin semua pihak yaitu anak, orangtua, guru bahkan sekolah meraba-raba peralihan pendidikan ke pendidikan daring. Tahun ini saya harapkan pendidikan bisa berlangsung lebih mudah meski saya sudah kehabisan akal untuk menyibukkan anak di dalam rumah. 


Tetiba lewat di linimasa Instagram saya tentang Event PaddlePop MainYuk yang diadakan tanggal 3, 10 Dan 17 Juli. Event ini diselenggarakan secara daring melalui Zoom. Saya mendaftar untuk event tanggal 17 Juli 2021 melalui akun Instagram @paddlepop.idn, klik link yang ada di bio kemudian terhubung ke akun paddlepop di WhatsApp. Ikuti langkah-langkahnya untuk mendapatkan kode akses zoom pada tanggal 17 Juli 2021. 

Sebenarnya pendaftaran ini juga untuk mendapatkan perlengkapan bermain untuk kegiatan tanggal tersebut. Namun sayang, saya kehabisan kotak bermainnya. 




Dari pendaftaran melalui akun WhatsApp tersebut juga dilampirkan file pdf berupa keterangan alat dan bahan permainan yang bisa kita sediakan sendiri. 

Jadi, jangan berkecil hati kalau tidak mendapatkan kotak permainannya, tetap bisa ikut bermain bersama selama zoom berlangsung kok. Kalau ga bisa masuk zoom kita masih bisa menyimaknya di akun YouTube PaddlePop.


Sebenarnya saya agak deg-deg an menjelang zoom, karena Andini antusiasnya kegiatan tatap muka, baru pertama kali mengikuti kegiatan daring seperti ini. Kuatir bosan lalu kabur dan tidak mau mengikuti keseluruhan acara, ya namanya anak-anak kan sering  moody.  


Pada tanggal 17 Juli 2021, Andini sudah rapih jali dan sangat antusias di depan laptop sejak jam 9.45 berkali-kali bertanya, "ma, kapan mulainya? Kok ga mulai-mulai?"


Sekitar jam 10, acara LIBURAN KE PLANET MOCHI : KESERUAN LIBURAN KE PLANET JUPITER BARENG MELKI BAJAJ & BUUMI PLAYSCAPE sudah dimulai.


Acara dibuka dengan perkenalan dari Buumi Playscape dan keluarga kak Melki Bajaj, supaya tidak terlalu monoton ada juga joget PaddlePop main yuk. 


Saking senengnya, Andini semangat banget jogetnya dengan gaya improvisasi. Kemudian dilanjut dengan beberapa fakta tentang planet Jupiter. 



Acara Craft yang ditunggu-tunggu adalah Misi Membuat Moon Dough Pottery. Kegiatan ini merupakan kegiatan kerajinan bersama dan senangnya bahan-bahannya cukup mudah didapatkan. Cara pembuatannya pun seru, saking serunya sepanjang acara, Andini tetap aja berkutat mengerjakan adonan ini. Ada sedikit improvisasi untuk kegiatan ini, kita memakai cetakan playdough bentuk bawang, daging, jagung. Andini pun makin antusias karena ia mau membuat beberapa bentuk bawang, beberapa bentuk daging, beberapa bentuk jagung, selain membuat bentuk bulan sabit seperti yang dicontohkan. 



Ternyata memang misi pembuatan Moon Dough Pottery ini bertujuan melatih motorik halus, melatih kemampuan berhitung dan meningkatkan kreativitas anak. 

Betah banget Andini beraktivitas ini meremas-remas dan mencetak adonan, cukup lama fokusnya sekitar 10 menit kemudian berpindah fokus ke laptop untuk menyimak. 


Untuk anak usia dini, lamanya fokus anak terhadap sesuatu cukup menjadi perhatian. Semakin lama fokus anak, semakin siap si anak beraktivitas. Andini sudah sejak tahun lalu mulai fokus mengerjakan satu kegiatan, sementara abangnya pada umur yang sama masih sangat singkat fokusnya. Ya mungkin perbedaan durasi fokus anak juga tergantung dari jenis kelamin anak. Anak perempuan lebih cepat fokus dengan durasi lebih panjang dibanding anak laki-laki. Itu sih pengamatan saya ya, walaupun ternyata menurut teman-teman saya pun hampir berpendapat sama. 


Balik lagi ke Petualangan Ke Planet Mochi, ternyata juga ada misi yang menggunakan Ice Cream PaddlePop Mochi Chocolate Vanila. Saya dan Andini baru sempat mencoba Ice cream ini setelah acara selesai. 


Ice cream PaddlePop Mochi Chocolate Vanilla ini bisa didapatkan di minimarket terdekat. Kabarnya sih kebanyakan ada di minimarket Merah, tapi saya membelinya di minimarket biru dengan harga sekitar Rp. 3000. Memang sih PaddlePop Mochi Chocolate Vanilla ini laku keras banget apalagi sejak ada event PaddlePop MainYuk. Jadi kalau ternyata PaddlePop Mochi Chocolate Vanila ini ada di freezer walls berarti kita termasuk yang beruntung bisa mendapatkannya. 


Kesan dari PaddlePop Mochi Chocolate ini, ternyata terdiri dari 3 lapisan. Lapisan kulit mochi, ice cream vanilla, dan terdalam adalah ice cream coklat.  

Tadinya saya kira lapisan luar bakalan sama aja, yaitu ice cream atau mungkin coating coklat, tapi ternyata beneran kata mochi, kenyal dan ga keras, nikmatnya. Lapisan selanjutnya barulah ice cream vanilla dan coklat. 

Sumber : Instagram paddlepop.idn


Anyway, terimakasih PaddlePop telah menyelenggarakan event ini. Sampai akhir acara, Andini tetap semangat joged di lagu penutup. Andini sangat antusias dan sangat menikmatinya, bahkan berkata seperti ini, 

"Ma, besok kita zoom kaya gini lagi ya?"


Paddlepop MainYuk thanks for having us playing together. 



Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)