queen-ing, washing then blogging

Friday, October 22, 2021

TRAC To Go Solusi Bisnis Trip Lelang Aset Properti

 


Aloha!


Apakabar?

Semoga sehat selalu ya, apalagi target vaksinasi sudah semakin meningkat.

Amin amin Amin, kita optimis bisa kembali ke kehidupan normal yang beneran normal.


Alhamdulillah dengan menurunnya kasus COVID-19, aktivitas masyarakat mulai menggeliat kembali. Roda perekonomian kembali berjalan. Alhamdulillah, Daya beli masyarakat mulai meningkat. 


Saya inget awal-awal pandemi, ya Allah semua stop. Sunyi, hening, sampe duit dikempit-kempit, supaya tetep ada cash kalo ada crash. 

Dimana-mana lockdown. Hampir sebagian besar kluster di kompleks saya melakukan pembatasan aktivitas keluar masuk kluster. Bahkan ada kluster yang aktivitas keluar masuknya terjadwal. Yang biasa jualan makanan jadi terhambat karena ada penjadwalan ini.


Barang-barang yang diantar kurirpun terhenti dan menumpuk di gerbang kluster, security kewalahan mengumpulkan dan mengumumkan pemilik paket tersebut, agar segera diambil. Yang punya kesadaran untuk mengambil ya pasti langsung ngambil, tapi yang butuh-ga butuh? Paketnya menumpuk di kantor security. 


Dampaknya untuk saya? Berdampak banget. Saya, sebagai marketing property, yang biasa keluar masuk kluster untuk cek stok dan menemani konsumen untuk survey rumah, otomatis terhenti karena banyak pembatasan yang diberlakukan masing-masing kluster. 


Pembangunan renovasi rumah-rumah pun tersendat. Saat itu usaha maksimal yang bisa dilakukan adalah tetap beriklan di sosial media melalui grup-grup yang ada di Facebook atau akun sosial media lainnya. 


Tapi tetap saja mentok, saat konsumen ada yang tertarik ingin melihat langsung properti tersebut. Ternyata properti terletak di kluster yang memberlakukan pembatasan. Aaaaaa.... Mental lagi. Mentah lagi. 


Akhirnya saya cuma bisa buka-buka sosial media untuk lihat-lihat peluang yang ada. Salah satunya, melihat peluang rumah lelang. 


Kata orang, rumah lelang itu harganya lebih miring. Bisa ya, bisa tidak. 

Ya, kalau kita tahu harga pasaran  rumah di lingkungan tersebut.

Kok bisa begitu? Ya bisalah, karena harga rumah lelang tergantung dari sisa hutang KPR debitur. Ada yang bermasalah di cicilan awal KPR sehingga harganya Masih sangat tinggi. Ada yang bermasalah di akhir masa cicilan sehingga harganya miring. 


Masa pandemi kemarin membuat saya memiliki waktu yang lebih banyak untuk mempelajari tata cara mengikuti proses lelang. 

Saya pernah mengikuti 1 proses lelang untuk rumah dengan luas tanah 120m2 hanya seharga 125 juta an. Murah? Murah banget untuk harga pasaran rumah sejenis. 


Cuma, memang prosesnya agak ribet yang membuat saya maju mundur untuk ikut lelang. Apa aja sih?


1. Proses administrasi. Seperti sign up untuk mendapatkan username dan password. Ada beberapa dokumen yang harus diupload dan lebih baik dilakukan jauh hari sebelum berminat pada saat lelang aset pproperti. Saya agak lama mendapatkan approval, sampai akhirnya saya follow up manual via telepon untuk minta diapprove. 


2. Proses lelang. Lelang yang saya ikuti adalah lelang tertutup melalui sistem. Setelah kita melakukan deposit uang limit yang diminta, kita akan diikutsertakan dalam lelang aset properti yang kita inginkan. Masalah mulai datang, karena deposit dilakukan via Salah satu bank bumn yang mana limit transfernya lebih kecil dari 25 juta. Ini bikin pening banget, karena saya harus tarik uang dari bank saya (bank swasta) lalu setor tunai ke bank bumn tersebut dalam 1 Kali transaksi dengan jumlah yang bulat sesuai yang diminta. Tidak boleh kita mentransfer 25juta dengan 2x penyetoran//transfer. Otomatis dari sini saja, udah kebaca bahwa saya harus singgah ke 2 bank yang berbeda untuk urusan deposit uang limit. Gempor kalo ga pake kendaraan pribadi, misalnya bolak-balik pesen jasa transportasi online. Habis waktu, habis duit, habis kuota. 


3. Hasil lelang. Kebetulan, kemarin saya kalah lelang. Ya Alhamdulillah juga Sih hahahaha. Duit segitu-gitunya kalo jadi rumah, bakalan puasa sampe tuh rumah laku lagi. Hahaha. Niatnya Sih emang tukar guling. 

Jadi, kalau nanti menang lelang, kita harus bayar jumlah kekurangan dari nominal yang kita bid (dikasi waktu 5 hari sih), plus biaya lelang dan lain-lain. 

Ya mendingan sih langsung bawa duit cashnya lalu bayar. Nah bawa uang cash itu kan harus ambil dulu di banknya, lalu ke kantor lelang, lalu urus BPHTB, lalu urus ke BPN. Nah, banyak deh tempat tujuannya. Beneran gempor kalo ga pake kendaraan sendiri. 


Setelah saya punya pengalaman mengikuti proses lelang, walau kalah, seenggaknya saya mengetahui alurnya dan bisa memperkirakan apa saja yang harus dipersiapkan terutama mengenai transportasi. 


Saya marketing properti yang biasanya berkeliling kompleks menggunakan motor matic. Bisa bengek kalo keluar kompleks, ke kantor lelang, ke bank, ke kantor BPN dll pake motor yang mana saya ga punya pengalaman menyetir di jalan raya BENERAN dengan 1001 karakter mengemudi yang ga semuanya tahu etika perlalu-lintasan sesuai dengan kaidah prosedur. 


Ya selama ini, di dalem kompleks, yang saya hadapi ya para MACAN TERNAK (Makmak Cantik Anter Anak). Ya walau mereka kadang MACAN beneran. Sign Kiri eh belok kanan, pas diklakson eh galakan dia. Btw, saya tau penyebab sign Kiri belok kanan. Ternyata karena buibu jarang yang Tau kalo abis menggunakan sen, tombol signnya bisa dimatikan dengan cara dipencet, ga perlu dikembalikan ke posisi awal sign tersebut. Kapan-kapanlah ya, saya cerita tentang pengalaman mengemudi motor ala MACAN TERNAK atau ala MACAN LAPAR. 


Lanjut lagi ya. Setelah saya pikir-pikir, bisa nih, saya 'ngejalanin' rumah lelang ini. Nah untuk masalah transportasi Bisnis trip seperti ini bisalah nyewa mobil seharian untuk ngurusin ginian. Ya pasti udah dihitung rate rental mobilnya masuk kedalam margin. 


Tapi rental Mobil yang kaya gimana yang cocok untuk Bisnis trip ini? 

Kalo saya Sih, kriteria yang saya perlukan adalah :


1. Pengemudi yang berpengalaman, yang punya jam terbang tinggi mengemudi di medan yang keras. Ga banyak omong Dan tidak kepo malahan lebih baik, yang penting sopanlah. 


2. Kendaraan dalam keadaan baik dan tidak bermasalah. Ya males banget, kalo kita penyewa jadi disuruh mikirin juga saat ada trouble ban pecah, seperti : "bu, gimana ya? Ini ban belakang pecah karena sudah botak. Ayo bu, kita ke bengkel tapi Ibu bayarin dulu ya... ?!" 

What the #@$@$@/&@& ... ?! Kenapa masalah lo, jadi masalah gua juga??? 


3. Protokol kesehatan. Jaman pandemi gini, standard lah harus ada jaminan pengemudi sudah divaksin, kendaraan didisinfeksi sebelum digunakan, tersedia hand sanitizer dan proteksi diri seperti masker yang dikenakan pengemudi. 


4. Bisa diandalkan saat ada keadaan darurat. Seperti ada barang yang tertinggal, atau saat kendaraan bermasalah dan segera dikirimkan penggantinya. 


Ada ga sih rental seperti ini?

Hmmmm... Sejauh ini sih saya baru kenal rental Mobil perseorangan. Ya tang ting tung mengenai karakter pengemudi Dan kendaraannya. Kalau lagi beruntung, ya dapet yang cocok, kalo engga ya mau gimana lagi??!


Sampai akhirnya, saya membaca pengalaman beberapa teman mengenai rental Mobil Dari TRAC. 


TRAC

TRAC (https://www.trac.astra.co.id/) merupakan anak perusahaan PT Serasi Autoraya dan bagian dari keluarga Astra, yang memberikan layanan solusi transportasi secara menyeluruh. 

Sejak berdiri tahun 1986, TRAC berusaha mengembangkan produk dan layanan. 


TRAC, ada berbagai macam layanan yang bisa kita pilih saat melakukan bisnis trip ke luar kota, seperti Airport Transfer, untuk antar jemput dari dan ke Bandara agar selalu tepat waktu. 


Bisa juga Kemudian menggunakan layanan sewa mobil dengan driver, yang akan berguna bagi konsumen seperti saya yang belum mengetahui medan tempat saya akan melalangbuana.


Mau rental untuk rombongan? Bisa, kakak!!!Kita juga bisa menyewa bus dari TRAC dengan berbagai varian. Asyik kan? Family gathering, Arisan, outing kompleks, atau outing komunitas semakin mudah dengan adalah layanan TRAC ini. 


Nih saya kasitau alasan menggunakan TRAC TO GO:

1. Akses mudah & Jaringan Luas

Reservasi mudah dan aman cukup melalui aplikasi dan website untuk kebutuhan transportasi di berbagai kota. Dan didukung oleh jaringan layanan yang tersebar di lebih dari 18 kota di Indonesia, siap melayani kebutuhan transportasi domestik.

2. Jaminan Proteksi & Layanan Prima

Demi ketenangan dan rasa aman selama perjalanan, kami melindungi Anda dengan proteksi asuransi dan jaminan kondisi armada prima dan telah mengimplementasikan. 


3. Protokol kesehatan. Pengemudi kami pun terlatih secara profesional dan memiliki izin resmi sesuai jenis kendaraan yang dikemudikan.


4. Andal dengan Teknologi Teruji

Sistem kami telah terhubung dengan TRAC Fleet Management Solution sehingga kami mampu memastikan keselamatan dan kenyamanan perjalanan Anda secara akurat setiap saat. Teknologi ini juga membantu kami dalam merespon kondisi darurat dengan cepat.


5. Layanan pelanggan 24/7

Kami siap membantu Anda setiap hari selama 24 jam. Hubungi Customer Assistance Center kami melalui telepon di nomor 1500-009 atau melalui aplikasi WhatsApp di nomor (+62)811-1177-087 untuk pusat bantuan dan informasi. Anda juga dapat memberikan feedback kepada kamu melalui email di rco.nasional@trac.astra.co.id.


Jaman pandemi gini, standard protokol kesehatan harus tetap dijunjung tinggi dong. 

TRAC senantiasa focus dalam penerapan protokol kesehatan dengan menjalankan SMART Protocol, yang meliputi beberapa hal berikut ini:

1. Melakukan penyemprotan disinfektan ke semua unit yang akan melayani dan setelah melayani pelanggan.

2. Menyediakan hand sanitizer di semua unit yang bertugas melayani penumpang.

3. Menerapkan social distancing di seluruh unit yang mengangkut penumpang.

4. Memberikan sekat pembatas (berbahan fiber) antara driver dengan penumpang.

5. Setiap driver yang bertugas akan melalui proses pengecekan kesehatan.

6. Setiap driver yang bertugas diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan.

7. Driver tidak diperkenankan melakukan kontak fisik apapun kepada penumpang


Trus trus kalo mau rental, book nya via apa? 

Tenang Kak, ada kok aplikasinya : "TRAC To Go" Sok atuh diunduh : 

Link GooglePlay Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.trac.tractogo&hl=en&gl=US 

Link Apple App Store : https://apps.apple.com/us/app/trac-to-go/id1459840738 


Eh ada Promo Oktober TRAC, yaitu Promo pembayaran dengan AstraPay

Program berjalan dari tanggal 4 Oktober – 3 November 2021

Kunjungi https://www.trac.astra.co.id/promo untuk info lebih lanjut dan dapatkan promo menarik lainnya selama periode oktober 2021


Intinya mah TRAC itu mengurangi variable pikiran kita mengenai kerumitan bisnis trip untuk masalah transportasi. Tinggal duduk manis, sampe deh. Pokoknya mahnkita fokus Sama apa yang akan kita lakukan di tempat-tempat tujuan, jalanan seberat apapun biar mas Dylan driver yang ambilalih. Hihihihi. 


Gimana, gimana? TRAC To Go cocok banget kan untuk Bisnis trip? 

Masih belum yakin, coba ulang lagi, baca dari atas, nanti kalo ada yang ga jelas, boleh Tanya di komentar ya.


Gambar Dari : https://www.trac.astra.co.id/

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)