queen-ing, washing then blogging

Sunday, February 25, 2018

MPASI Andini Di Usia 6 Bulan


Aloha!
Apakabar?
Semoga sehat selalu.

Masih ngomongin bayik. Ya namanya juga ibu2, yang diomongin ga jauh2 topiknya kalo ga anak, harga telor, harga daging, harga cabe, listrik.

Saya mau cerita sedikit tentang MP-ASI Andin, baby Tayo. Hmm seharusnya di blog sebelah ya, tapi sayanya males ke sebelah, lantaran udah kelamaan dianggurin, banyak laba2nya. Hihi. Jadi cerita2 aja disini.

Saya, seorang ibu newbie, penggemar update masalah anak2, dari urusan ASI, MP-ASI, babywearing, endebre endebre. Ceritanya mah mau jadi ibu kekinian, ibu milenial. Ya gapapa toh? Iyain aja. Hahahha.

Jamannya Arman dulu, MPASInya pake aturan 4hari menu tunggal untuk melihat adanya reaksi alergi.
Jaman Andin, udah beda lagi ternyata, aturan 4 bintang. Ya bisa sih, sok pura2 ga tau tetep ikutan aturan 4hari atau aturan sendiri atau ibu2 jaman vintage atau ikut aturan manalah, tapi kan ga kekinian gitu. Masa, tiap hari main pesbuk, main IG, knowledge ga diupdate. Malu sama hempon android lolipop. Hahahaha.
Abaikan, itu mah perasaan saya aja.

Untuk MP-ASI Andin, peralatan masih konvensional. Ga pake slow cooker dan sejenisnya, pake wajan, pake kompor. Ya balik lagi ke kemampuan masing2 dapur toh.

Oiya, saya kekeuh kasi makan Andin di tanggal lahirnya yang ke 6 bulan. Lahir tanggal 28 ya makannya di tanggal 28 juga.
Oiya, alasan bayik dikasi makan usia 6bulan? Ya karena pada usia tersebut ada kesenjangan energi yang tidak bisa dicover lagi hanya dengan pemberian ASI/susu.

Lalu, gimana sih perjalanan pemberian makanan bayi 6 bulan ini?

Referensi saya dapatkan dari grup FB Healthy Homemade Baby Food (HHBF) yang menurut saya cukup update, dimana komponen makanan bayi 6 bulan harus terdiri dari 4 bintang, yaitu : 

1. Sumber karbohidrat.
Walaupun pada usia 6 bulan anak belum terlalu banyak membutuhkan energi tetapi tetap saja harus dipenuhi kebutuhan karbohidrat sebagai sumber energi. Banyak sekali bahan yang bisa digunakan sebagai sumber energi, dari mulai beras putih, beras merah, kentang, singkong, tepung sagu, tepung tapioca dan masih banyak lagi lainnya. Anda bisa membuatkan si kecil dalam bentuk bubur yang lebih mudah untuk dicerna.

2. Sayuran.
Sudah bukan hal asing lagi kalau sayuran menyimpan banyak nutrisi, gizi dan vitamin yang baik untuk manusia. Nah, bahan inilah yang seharusnya digunakan untuk memberikan kebutuhan nutrisi si kecil setiap harinya. Mulai dari wortel, brokoli, bayam, kol, oyong, labu kuning, tomat dan masih banyak lagi lainnya.

3. Protein Hewani (Prohe)
Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi pada tubuh sepertinya tambahan daging sapi, ayam, ikan. Tetapi pastikan anak mulai makan dari bahan yang halus terlebih dahulu. Daging dan ayam bisa menjadi referensi untuk kreasi makanan sehat selanjutnya.

4. Protein nabati (Prona)
Tempe, tahu dan bahan sumber protein nabati lainnya juga cocok untuk anak dalam usia 6 bulan menuju 7 bulan. Selain dipercaya mengandung banyak protein dan juga vitamin ternyata tempe juga berfungsi untuk mencegah diare karena mengandung senyawa anti diare, jadi lebih aman untuk buah hati.

Frekuensi pemberian makan bertahap dari 2x sehari sampai 3x sehari.
Untuk penentuan menupun, dari awal saya bikin plan selama 2 minggu pertama untuk variasi rasa, observasi respon anak, maupun tingkat alergi. Fungsinya plan tersebut saya jadi tau bahan2 apa saja yang dia suka maupun engga dan juga observasi serat.

Biasanya sih usia2 awal MPASI, problemnya adalah diare atau sembelit. Diare karena alat makan yang kurang steril atau tekstur terlalu 'buket' atau sembelit karena konsumsi serat tinggi berturut2. Anak bayi itu terbalik dengan orang dewasa. Orang dewasa butuh banyak serat untuk melancarkan pencernaan, sementara bayi belum butuh banyak serat.
Orang dewasa kalo diare, harus dimampetin. Sementara bayi, harus dibiarkan terus BAB (sambil terus diberi asupan cairan untuk mengganti cairan yang keluar) karena diare adalah proses pembuangan virus/bakteri.

Makanan bayi instan? Boleh2 aja, tergantung orangtua nya. Hahahaha. Hanya saja, baby Tayo ga begitu suka makanan bayi instan, dia lebih suka MP-ASI karya mamanya, padahal mamanya ga bisa masak loh. Hahahaha.

Ya begitulah kalo jadi ibu, se-ga bisa-ga bisa nya, tetep aja ada fans nya.
Ada yang punya cerita MP-ASI lain?
8 comments on "MPASI Andini Di Usia 6 Bulan"
  1. Kalau anak saya dulu awalnya suka banget sama wortel. hehehe

    ReplyDelete
  2. Aku dulu mulainya dengan buah juga.. dan anak-anak sukaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. simple ya mbak, apalagi pisang. gampang. hahaha

      Delete
  3. anak saya juga suka banget sama buah naga.

    ReplyDelete
  4. Loh mba ratu baru punya bayi juga to?
    Cerita mpasiku sudah out of the rule nih gak selalu 4bintang2 banget, gegara yaa problema buibuk gegara diserang gtm. jadi ujung2nya yang penting anaknya mau makan. hahahahaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat gtm melanda, lupakan rules, yg penting masuk. hahahaha

      Delete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)