Ratu de Blog

queen-ing, washing then blogging

Monday, February 17, 2020

5 Varian Seblak Enak Gampang Dibuat Di Rumah, Cobain Yuk!

Sumber : ig @lilyminarosa


Aloha!
 Apakabar?
Awal tahun ini diawali dengan curah hujan yang sangat tinggi dan musim hujan masih terus berlangsung sampai dengan hari ini. Kalo mendung-mendung dingin-dingin gini, memang enak banget makan yang panas-panas dan pedas. Lalu saya buka aplikasi ojek online, nyari rekomendasi terdekat. Ahaaaa.... SEBLAK!!! Boljug nih. Kemudian terbayang kepulan asapnya ketika disajikan, hmmmm menggugah selera banget.

Siapa yang tidak kenal seblak? Kuliner asal Bandung ini memang menjadi jenis makanan favorit banyak orang. Saya baru tau hidangan bernama seblak itu sekitar 4 tahun lalu pada saat nyari makanan berbuka puasa. Ada sebuah gerobak makanan menjual seblak. Saya liatin si penjual menghidangkan makanan seblak itu. Oh gitu. Semacam kerupuk dan makaroni mentah direndam dalam kuah dengan wangi kencur. Mirip-mirip jamu. Untungnya berbumbu, dann pedas, sehingga meleset dari bayangan makan kerupuk direndam kuah jamu. Hahhahahaa.

Oiya, sekilas info tentang seblak ya. ISIAN SEBLAK Seperti makaroni, ceker, kerupuk, mie dll itu disebut TOPPING. Jadi jangan heran ya kalo mesen seblak di aplikasi ojek online ada pilihan topping seblak. Padahal setau saya topping itu semacam hiasan atas, bukan isi/konten.

Pada awalnya, varian rasa seblak sangat terbatas, yaitu seblak kering serta seblak kering. Namun, saat ini seblak berkembang menjadi kuliner kekinian yang memiliki banyak varian rasa. Selain memiliki varian rasa yang banyak, seblak menjadi kuliner kekinian populer karena bisa gampang dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan tidak terlalu banyak dan bisa ditemukan di toko-toko terdekat. Selanjutnya, kita tinggal meracik bahan menjadi seblak sesuai selera.

Bagi kita (((kitaaa???))) para pemula yang ingin membuat seblak sendiri di rumah, ada 5 varian rasa yang menarik untuk dicoba. Cara membuat seblak di rumah dengan berbagai varian ini gampang banget dan menjanjikan rasa yang lezat. INTINYA MAH, bikin aja kuahnya, insipirasi isian/toppingnya, sini saya bisikin....

1. SEBLAK CEKER
Ceker ayam sebagai isian/topping seblak. Ceker gampang banget kan ditemui di Kang sayur. Bahkan kalo di kilo dapet banyak dan banyak orang yang ogah beli ayam pake ceker. Kalo pengen tau seblak ceker ini ngehits dimana, sini saya kasi tau. SEBLAK JELETET di kawasan Gunung Sahari itu ngehits banget SEBLAK CEKERnya. Selain cekernya yang lembut, level pedasnya juga bisa dipilih sesuai selera.

2. SEBLAK AYAM
Seblak ayam ini paling gampang. Daging ayam diiris tipis-tipis atau disuir. Enaknya sih pakai daging bagian dada ayam yang paling banyak dagingnya. Jangan lupa, ayamnya direbus dulu, supaya dagingnya mateng. Karena seblak bukan mematangkan ayam tapi memberi kuah. Hehehehe.

3. SEBLAK SOSIS
Sosis. Ahhhhh gampang banget. Dimana-mana ada. Di supermarket, kang sayur, kang frozen food, atau warung kelontong besar. Tapi ga seru kalo cuma Sosis doang isinya, bisalah ditambahin daging asap, baso, otak-otak atau lainnya, supaya makannya lebih semangat. Kalo mager beli bahan ini itu, ya gampang klik-klik aja fasilitas belanja online. Mahal dong karena ada ongkos kirim? TENTU TIDAK, marimar. Kan ada SHOPBACK bisa dapet cashback untuk nilai lebih. Perkara ongkos kirim tetap aja ga senilai dengan kenikmatan mager hari ini. Hahahaha.

4. SEBLAK MOZARELLA
Huiiii dengernya aja udah bikin mupeng. Maksudnya gimana nih? Mozarela dijadiin isian seblak? Oh Bukan begitu, fernando. Tapi ciri khas seblak ini adalah dengan lelehan mozarela di atasnya (topping). Omaigot, ngomongin ini aja menetes air liurku. Kalo di kang seblak dapet mozarellanya dikit, beli aja gaes mozarellanya. murah kok, seperempat kilo cuma 30 ribuan, trus parut dan tebar di atas seblak panas. mamamiaaaa....

5. SEBLAK CILOK
Nah kalo ini antimainstream. Sepengetahuan pasti, yang udah-udah, kalo seblak ya ceker, kerupuk, makaroni, sosis, ayam, baso. Cilok pasti masih agak kurang familiar. Cilok itself aja udah enak dicemilin, eh lalu duet jadi seblak? Udah ga usah dibayangin, coba in aja. Males bunder-bunderin seblaknya? Beli aja secara online cilok frozen supaya nambah cashbak kamu dari Shopback.
Cobain cilok referensi sayayang satu ini : Cilok Barkah Food


Gimana? Udah menggugah selera blom? Atau kalo males juga bikinnya, ya beli jadi aja secara online lah, Hahahahaha.
Favorit kamu seblak apa?
Saturday, November 23, 2019

Tempat Wisata Alam Sekitar Danau Toba



Aloha.
Apakabar?
Semoga sehat selalu ya.
Kita cerita-cerita plesiran lagi ya.

Saya ingat beberapa tahun Lalu, waktu saya masih kerja, nyaris 1 dasawarsa lalu, Salah satu teman satu Tim saya di Kantor, menikah. Alhamdulillah kan.

Yes, saya ikut berbahagia Dan bersemangat untuk menghadiri pernikahannya kala itu.
Tapi mak, dia menikah adat di kampung halamannya, Sumatera Utara, yang Mana untuk sampai kesana harus pake pesawat. Bisa Sih pake jalan darat, tapi saya cuti seminggu Dan pulang pinggang patah-patah. Hahahaha. Yang nikah siapa, yang cuti seminggu siapa.
Yang nikah aja cuma dapet hak cuti 3 Hari, sisanya ambil cuti tahunan. Pun, gaji sebulan untuk pesawat Dan akomodasi kayanya minus. Huahahaha.

Akhirnya, merekapun menikah Dan Kita teman-teman 1 timnya hanya memantau lewat Facebook di hp, yang Mana saat itu web Facebook diblokir Kantor Dan dibuka blokirannya sebagai penghibur Hari yang Luka saat gajian mundur dari tanggalnya. Hahahaha.

Cantiknya temen saya si pengantin wanita sebagai ratu sehari. Senang banget dan aura cantiknya keluar. Seperti tidak berbeban, apalagi seperti yang pernah viral mikirin uang ini itu untuk pernikahan adat.

Lalu dia posting tentang bulan madunya di sekitar danau Toba.
Widihhh serunya.
Beberapa tempat wisata sekitar Danau Toba yang dikunjungi antara lain :

1. Pusat TB Silalahi (Museum Balige)
Berlokasi tak jauh dari makam Pahlawan Raja Sisingamangaraja, kita berjalan kaki k museum. Museum ini banyak memaparkan tentang asal usul suku batak, lengkap  dengan benda kuno adat Batak, peralatan perang, tenun adat,  pakaian dari sub etnis suku batak. Terdapat juga ruang kerja sampai koleksi buku dari TB Silalahi.
Meskipun museum, yang paling menarik adalah pemandangan danau Toba yang indah.
Oiya, jangan lupa bawa cemilan supaya ga garing saat berkeliling museum.

2. Puncak Huta Ginyang
Mau menikmati Danau Toba dari atas, berarti wajib banget ke Puncak Huta Ginyang. Ga jauh kok dari Bandara internasional Silangit. Murah meriah untuk spot foto yang instagramable karena tidak dipungut biaya. 

3. Pantai Lumban Bul bul
Pantai itu idealnya berbatasan dengan laut. Tapi pantai ini beda Dan spesial, karena berbatasan dengan Danau (air tawar). Air pantainya bersih Dan jernih.
Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Balige. Pantai ini spesial karena pantainya di danau (air tawar). Pantainya cukup bersih dan airnya jernih.

Di pantai ini bisa menikmati Banana Boat. Banyak penjual makanan dan suvenir. Tapi sebagai turis, sebelum pesan makam Tanya dulu ya harganya daripada Nanti syok ketika bayar makanan.

4. Taman sipinsur
Taman Sipinsur ini adalah hutan pinus mini dan beberapa warung untuk fasilitas pengunjung. Tiada harga tiket masuk secara resmi, namun dikoordinir warga setempat untuk menjaga parkir wisatawan dan kita bisa membayar seikhlasnya.

Di Taman ini banyak tempat bermain anak sehingga cocok untuk wisata dengan keluarga. Ga usah kuatir dengan makanan karena tersedia warung-warung yang menjual makanan dan minuman


5. Batikta
Bagi yang suka shopping untuk beli oleh-oleh bisa loh ke sini. Di sini menjual  pakaian jadi dan bahan pakaian bermotif ukriran dan ulos Batak Tob serta ada juga galeri yang menyediakan ulos untuk pakaian adat.

Sembari membayangkan tempat wisata tadi, ternyata gampang banget kesana. Jaman sekarang semua serba pake HP, pergi kemana-mana pake OTA aja. Saya coba pake aplikasi OTA berwarna orange, Pegipegi.

Gampang banget sekaligus praktis.

Pertama, install aplikasi Pegipegi lalu bikin akunnya. Sekaligus isi data penumpang, supaya Nanti tinggal klik klik aja pas milih penerbangan.

Kedua, cermati promo yang ada di bagian atas. Banyaaaakkk promonya di semua kategori. Jangan lupa baca S&K nya ya.

Ketiga, untuk ke Danau Toba kita harus mendarat di Bandara Silangit (dahulu namanya Bandara Sisingamangaraja). Cari deh tiket Jakarta Silangit.
Nih saya udah coba.





Gampang kan? Ayo lah Kita wujudkan plesiran ke Danau Toba. Impian anti ribet cepet terwujud pakai Pegipegi.

Kuy gaes.

Foto: shellyfransiska, rovindasinarmata, novalentina9802, choegaming
Wednesday, November 13, 2019

Tempat Wisata yang Cocok untuk Nongkrong Malam Hari di Bogor


Akuratu.com - tempat wisata malam bogor

Aloha!

Apakabar?
Semoga sehat selalu.

Mau plesir kemana kita?
Bogor? Lets go...

Udara sejuk kota Bogor yang begitu khas memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung ke kota ini. Bogor juga kota yang tak pernah mati dan masih ramai meskipun sudah malam hari. Tempat wisata Bogor pun semakin beragam dan banyak pilihannya baik untuk wisata ketika siang hari maupun malam hari.

Buat kamu yang suka nongkrong dan bingung mau menghabiskan malam di mana ketika di Bogor, kota ini menghadirkan berbagai pilihan yang menarik. Tempat wisata malam hari di Bogor berikut ini dijamin akan membuat malammu semakin berwarna.




Jembatan Merah

Layaknya tempat wisata tentu tidak lepas dari kuliner-kuliner yang menarik. Jembatan Merah sudah ada sejak tahun 1881 dan merupakan street food yang menyajikan berbagai pilihan kuliner yang enak dan lezat. Di sini juga terdapat kawasan pasar tertua di Bogor yang disebut Pasar Devris.
Berbagai jenis kuliner dijajakan di sepanjang 50 sampai 100 meter Jalan Veteran ini. Mulai dari bubur ayam, nasi uduk, lontong sayur, angkringan, gorengan, martabak, sate, doclang, dan masih banyak lagi. Ketika malam tiba, tempat yang siangnya terlihat biasa ini seperti disulap menjadi pusat nongkrong ketika malam hari di Bogor.
Harga-harga makanan yang dijual bervariasi tergantung dari jenis makanan yang dijual. Bahkan satu jenis kuliner bisa dijual oleh 4 sampai 5 pedagang, namun dengan posisi yang selang-seling agar persaingan dagang tetap sehat. Jika kamu baru turun dari Stasiun Bogor, jangan lupa langsung mampir ke sini karena lokasinya hanya berjarak 200 meter saja atau lebih tepatnya berada di Jalan Veteran No.31, Bogor.


Pasar Ah Poong

Tempat nongkrong di Bogor yang berada di kawasan Sentul ini sangat asyik untuk dikunjungi bersama teman-teman maupun keluarga. Ah Poong dikenal sebagai pusat kuliner terbesar di Bogor dengan 80 sajian kuliner nusantara yang khas.
Menikmati kuliner di sini akan memberikan sensasi yang berbeda karena lokasinya berdekatan dengan Sungai Cikeas. Selain kuliner yang tersedia di kedai-kedai layaknya food court, tempat ini juga cukup unik karena terdapat danau buatan yang bisa dikelilingi menggunakan perahu.
Untuk bisa sampai ke lokasi Pasar Ah Poong kamu harus melewati jembatan gantung dan pengalaman berbeda pun akan kamu rasakan. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB pada hari Senin – Jumat dan pukul 07.00 WIB – 22.00 WIB pada hari Sabtu – Minggu.


Taman Kencana

Taman Kencana sudah sejak lama dikenal sebagai tempat nongkrong anak muda di Bogor. Kini tempat ini pun cukup digemari karena selain memiliki beragam pilihan kuliner khas dan populer, terdapat beberapa spot selfie yang menarik.
Suasana di taman ini semakin ramai dan indah ketika lampu-lampu taman mulai dinyalakan. Beberapa kuliner khas yang ada di sini seperti macaroni panggang, lasagna gulung, cupcake, pie apple pie, dan masih banyak lagi. Selain menjadi salah satu pusat kuliner di Bogor, Taman Kencana juga memiliki nilai sejarah yang menarik. Corak bangunan yang ada di sekitar taman ini pun masih bercorak kolonial.
Kamu bisa mencicipi beraneka kuliner di Taman Kencana ini setiap hari selama 24 jam. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat nongkrong bersama anak-anak dan keluarga karena terdapat beberapa fasilitas permainan yang menarik. Jika kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi tempat wisata yang berada di Babakan, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat ini.

Ada saatnya wisata ingin dilakukan pada malam hari, jika kamu sedang berada di Bogor, tempat-tempat tersebut bisa menjadi destinasi pilihan yang tepat. Selain berwisata dan menikmati fasilitas serta pemandangan yang ada, kamu juga bisa mencicipi beragam kuliner yang enak di tempat wisata Bogor tersebut.