queen-ing, washing then blogging

Saturday, February 18, 2017

Swasembada Pangan Dan Fengshui

Weheartit

Aloha!

Tumben2an wiken gini apdet. Hahaha. Iya nih, banyak utang tulisan. Jadi marilah kita update.

Ibu2 pasti tau kalo harga cabe melambung tinggi. Cabe rawit merah (bukan yang buat abang gorengan) mendadak langka di tukang sayur. Ya karena harganya yang mahal itu.
Maka si tukang sayur lebih milih ga jual cabe rawit merah dibandingin harus menghadapi hardikan ibu2 afgan yang sering komen :
beliiii... beli rawit merah 2rb.
Hah, ga dapet?
Ya udah, goceng.
Hah, masa goceng cuma dapet 5 biji?

*monolog.

Iya begitu kondisi tukang sayur ditempat saya kalo pagi2. Saya juga ga ngerti ibu2 afgan itu ga punya tipi atau ga pernah denger radio RRI yang tiap hari ngasi tau harga cabe keriting, kol gepeng dan teman2nya,
atau,
ga punya hp untuk join di fb group cabemania *ya kali ada?!!* untuk tau pergerakan harga cabe,
Atau,
Emang segitu budgetnya. Yg artinya, belanja sayur ini itu, sisanya dibeliin cabe.

Sekarang cabe ga bisa dijadiin komoditi sisaan receh uang belanja, secara dia lebih mahal daripada jengkol. Hahahaha.
Apal banget neng, jengkol mania ya?
Engga, bang. Neng ga suka jengkol dan pete. Titik.

Sejak MPASI ini, saya mulai nyetok bumbu dapur. Macem daun salam, sereh, kunyit, laos, daun jeruk, bawang putih, bawang merah.
Lalu? Apa hubungannya dengan cabe, neng?

Hubungannya, bang, adalah.... cabe dan bumbu dapur sama2 komoditi yang dijual di tukang sayur, yang dipake ke setiap masakan (kalo mama saya sih gitu, saya ikutan aja), yang artinya cepet abis kalo sering2 dipake dan harus dibeli lagi lagi dan lagi. Ya meski belinya seribuan juga dapetnya serauk, tapi tetep aja... kok aneh.

Kenapa harus beli, kalo kita punya sendiri?

Punya sendiri, maksudnya nanem ya bang. Abang sering liat pinterest kan? Nah banyak tuh yang di dapurnya ada toples2 isinya herbs dan taneman lainnya yg sering dipake masak2an.
Juga di acaranya Jamie si chef ganteng yang punya kebun raya bogor segala macem yang sering dia masak. Dari mulai herbs sampai kentang.

Lalu mulailah saya inisiatip untuk mulai urban gardening. Tsaaahhh.
Abis beli semua bumbu dapur, kecuali cabe, saya mulai mau ditunasin dengan media air (direndam air secukupnya). Hasilnya :
Sereh : ok.
Jahe : failed
Kunyit : failed
Laos : failed
Daun jeruk : failed
Daun salam : failed
Wortel : failed
Daun bawang : failed
Bawang merah : failed

YANG SURVIVE DENGAN TANGAN SAYA YANG CUMA BISA KETAK KETIK HEMPON, HANYA SEREH. LAINNYA ISDED.

trus kenapa di kapslok? Ya karena ternyata urban gardening itu ga segampang yang ada di pinterest. Hahahahha.
Pun cabe, saya udah pernah coba dari bijinya eh sampe kuda makan ayam kentaki, tetep aja berwujud biji. Piye toh? Gimana mau swasembada pangan kaya programnya Pak Harto.

Sebenernya yang urgent banget sih nanem cabe (rawit merah) karena harganya ga turun2. Yang kata blogger2 yang udah berhasil urban gardening, gampang kok. Tinggal sebar aja bijinya ditanah, numbuh deh.

Kakak blogger, tolonglah ajarin saya nanem cabe dengan metode sebar lalu tumbuh, supaya saya ga beli cabe mulu kalo mau bikin sambel.
Soalnya segala macem biji udah saya lempar di tanah, dari srikaya-alpukat-duren-duit kaga ada yg numbuh jadi pohon. Huahahahaha.

Ditengah kegalauan ini, lalu temen SMA saya di group wa bunga2an, bilang :
Serahkan saja urusan bercocoktanam sama pak tani, kita yang bagian beli hasil panen mereka lalu travelling ke Ubud Bali.
*mematahkan semangat*
Hahaha, beli cabe aja ga mampu, kok mau travelling. Huahahahah.

Lalu, pas mau ke posyandu kemaren, ngelewatin rumah yang depannya punya pohon cabe di pot, mama saya bilang gini :
Cabe itu panas, jadi sebisa mungkin jangan nanem cabe karena bakalan sering banyak pertengkaran rumah tangga. 

Pun, menurut fengshui begitu.
Eh tapi, kalo petani cabe apakah semuanya rumahtangganya berantakan?!

Lalu... jadi ga nanem cabe nih? Ada yang pernah denger mitos atau ulasan fengshui tentang taneman bumbu dapur?

Happy wiken.
30 comments on "Swasembada Pangan Dan Fengshui"
  1. nggak pernah denger soal mitos itu sih mbak tp dulu nenekku nanem juga deket rumah
    ya gitu deh apa apa nanem sendiri namanya juga petani. daku sih ahli metiknya doang ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya untuk petani, bertangan dingin. Nanem apa aja jadi. Hahaha

      Delete
  2. iya mbak harga cabe emang lagi mahal tapi apa daya hidupku terasa tak berwarna tanpanya

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Hahaha banget. Butuh tapi mahal, ga dibeli tapi kok ya mana enak ga ada pedez2nya

      Delete
  4. Hai mba. Di rumahku juga nanam bumbu dapur, mba. Tapi bukan aku yang nanam tapi ART aku. Alhamdulillah subur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta tips2nya dong mbak, supaya subur makmur

      Delete
  5. kalau soal mitos tanam menanam pernah dapat colekan tetangga
    katanya jangan tanam pepaya depan rumah, nanti hidupnya payah...
    hi.. hi.. alasannya ya pepaya itu rima dengan payah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pepaya katanya sih akarnya ngerusak beton. Eh baru denger juga sih alasan (pe)paya = payah. Hahaha

      Delete
  6. Wkwkwkw... butuh cabe untuk menghangatkan minggu pagi yang basah ini xp
    gw udah pernah mak nebar biji cabe, berhasil numbuh sih, malahan sampe semeter pohonnya, tapi kok ya ga berbuah-berbuah, akakakk... udah dikasih pupuk saban ari.. klo mau coba juga, dari cabe kering yang lama di kulkas mak, abis itu ambil bijinya, di tebar ke tanah. Alhamdulillah gw berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kok bs ga numbuh2? Kena hama kali?
      Ahhh mau coba ahhh. Cari cabe dikulkas dulu deh

      Delete
  7. Udah lah nggak usah nanem cabe bawang segala. Mending berburu job buzzer atau reviewer biar bisa beli cabe bawang sebanyak-banyaknyahhh... haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo job lagi sepi, aku kembali teringat cabe. Hahahah

      Delete
  8. Dibrumahku cabe ada 5 pohon dari cabe rawit sampe cabe-cabean hahahah..
    Eh emang nanam kaya gitu susah tahu Mbakkkk

    ReplyDelete
  9. Semangat berkebunnya mbak :) disini saya jadi rajin ikutan suami berkebun...sudah mulai panas..siap2 menanam.

    ReplyDelete
  10. jadi cabe ngga bagus ya...hmmmm :). Tapi aku suka bangeeet lho dan berpikir mau tanam beberapa pot di rumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kata mitos sih gitu. Tapi.... kalo ga nanem, bangkrut beli cabe mahal XD

      Delete
  11. Ini berat nih judulnyaaaahhhh. Tapi aku pengen ketawa pas baca terawangan mama tentang menanam cabe.Itu beneran maaaaaakkkk? Baru mau numbuh nih soalnya puun cabe dirumah x')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha judulnya ga SEO able ya? Katanya kalo cabe2nya masih kecil gpp, tapi kalo ud gede, pindahin keluar rmh

      Delete
  12. Aku masuk golongan ibu-ibu cabemania hardcore hahaha...

    Sekarang aku nanam cabe disamping rumah, tabur2 cantik diatas tanah eh dia numbuh sendiri.
    Jangan lupa naburnya pake bismillah, terus tanahnya tanah Kompos, kumbuh deh :D

    ReplyDelete
  13. Dii warungku biasa belik masa sekilo dah 200 rebi eyaaammpun udah kayak harga nokia jadul aja hahah

    ReplyDelete
  14. Urban Gardening tak semudah 5 minutes Craft di IG hahahaha

    ReplyDelete
  15. Itu cabe ya, Mbak, kalo nanem yang lain, misal pare gitu gimana, Mbak, pare kan pahit, hehe....

    ReplyDelete
  16. Ha..ha... empon-empon direndem aer? Jelas ajah busuk. Wkwkwkw

    ReplyDelete
  17. sayapun makan tahu tek tapi g pedes gegara cabe mahal bingit

    ReplyDelete
  18. Serius cabe rawit merah goceng, cuma dapat 5?
    Itu mah, terlalu!
    Di Balikpapan, bisa 15, mbak.
    Di rumah jarang makan cabe, karena... jarang masak, hahaha...
    Tapi, aku dulu pernah sukses, nanam cabe. Gak pakai fengshui2, tuh :D
    Apalagi pepaya, tinggal lempar saja bibitnya dari jendela kamar, tumbuh deh.
    Warbiyasah, Indonesia!

    ReplyDelete
  19. cabe pernah nanam dan berhasil, tapi lama - kelamaan ada hama kayak kutu gitu, huhuhu sedih :((

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)