queen-ing, washing then blogging

Thursday, January 18, 2018

Warnain Rambut Secara Alami? Bisa!


Aloha!

Apakabar?
Semoga sehat selalu.

Gimana awal tahun ini ada yang berubah ga? Ya kalo ga status baru, dari jomblo jadi duplo (berpasangan maksudnya) atau,
Status rumah mertua indah jadi rumah cicilan abadi #eh atau,
Kalo bukan keduanya, minimal rambut lah, ada perubahan style rambut?
Saya dong udah potong rambut di hari pertama 2018. Hahaha. Penting ga sih?

Akhir-akhir ini saya sering nemenin nonton TV bocah. Pokoknya dari pagi buta sama menjelang malem (jam 20.00 an) channel cuma mentok di MNC Tv dan RTV aja. Either Tayo-PoliRobocar Or Upin Ipin-Ejen Ali-Sopo Jarwo. Biasanya sembari nyuapin bocah. Yah banyakan nontonnya sih, si Ultramen keenakan nonton, makanannya diemut -_-.

Ada satu iklan sampo yang saya suka.
Ada banyak wanita dengan pilihannya masing2 untuk rambutnya. Dari mulai memanjangkannya, mengecat hitam, menutupnya (pake hijab), sampe yang dicat warna warni. Dan saya tetep envy sama yang dicat abu2.
Kapan saya bisa kaya gitu.

Loh kan ditutup hijab? Rapopo lah buat kepuasan pribadi wkwkwk. Saya pengen banget ini rambut dicat silver/grey. Sering buka situs belanja online dengan keyword cat rambut grey, banyak sih yang muncul. Beli engga, beli engga.
Masih bimbang karena menyusui. Apalagi ada pendapat yang bilang kalo mau cat grey harus sama yang ahli, kalo engga mau jadi sekedar kaya rambut nenek2 yang full uban. Kalo uban doang mah saya punya. Hahaha.

Pernah juga nonton suatu acara remaja, yang merekomendasikan salon khusus untuk cat rambut model ombre (gradasi) dan grey silver. Setelah ngintip ig nya, harganya wahhhhh. Mahaaalll.
Mangkanya hasrat terpendam pengen dengan biaya yang ekonomis. Hahaha.

Dan... sampe sekarang blom kesampean sis. Boro2 mau ke salon ngecat rambut, panggil go-pijat ke rumah aja nampaknya mustahil karena bocah maunya gelendotan sama emaknya semacam upil.
Ya kan kalo kata orang, mumpung anak2 mau diunyel2, mau nempel meski emaknya belom mandi dan bau ketek, NIKMATIILAAHHH karena ga akan terulang. Betol betol betol.

Ya untuk menghibur diri, saya browsing ajalah. Kali aja ada pewarna rambut dari bahan alami. Produk cat rambut yang terbuat dari bahan alami menunjukan bahwa ada beragam jenis tanaman ataupun rempah di sekitar kita yang bisa dipakai untuk kebutuhan tersebut. And guess what? Adaaa siisssss.

Ini dia bahan-bahan Alami untuk mewarnai rambut.

1. Coklat,
Menginginkan rambut berwarna coklat bisa memakai biji kopi dan juga seduhan teh. Caranya campur seduhan kopi dan teh ke dalam baskom sampai pekat, kemudian oleskan ke rambut sampai ke akar. Pijat sebentar lalu tutup dengan shower cap dan diamkan selama beberapa jam, bilas dan keringkan. Lakukan beberapa kali dalam seminggu hingga warna yang diinginkan mulai terlihat.

2. Hitam,
Sementara untuk mendapatkan warna rambut yang hitam dan berkilau bisa mempergunakan bubuk kacang walnut maupun urang-aring. Khusus untuk bubuk walnut cukup membuat seduhan darinya dan tempatkan pada sebuah baskom, pastikan benar-benar kental. Baru kemudian diaplikasikan ke rambut dan pijat sebentar, diamkan lalu dibilas sampai bersih. Perawatan selama 2-3kali dalam seminggu akan membantu mendapatkan warna hitam sesuai dengan keinginan.

Bisa juga pake kemiri. Kemiri disangrai sampai gosong hitam. Lalu diuleg sampai hancur lalu dimasukkan dan dibungkus ke saputangan yang sudah ga terpakai lagi warna gelap (hitam lebih bagus), diperas2 di kulit kepala dan permukaan rambut. Dibawa tidur semalaman. Supaya ga kotor bantal dan spreinya diberi lapisan kertas koran. Tidurnya pun 1 gaya aja ya, lurus. Hahaha.
Bangun tidur langsung keramas, pasti rambut berkilau. Ulangi beberapa kali dan hitam mengkilap akan terpancar dari rambutmu. Saya udah coba yang kemiri ini nih.

3. Merah
Bosan dengan warna gelap? Cobalah mewarnai rambut dengan warna merah dan tidak harus memakai pewarna berbahan kimia, kita bisa memanfaatkan aneka kelopak bunga. Biasanya untuk menjadikan rambut berwarna merah bisa memakai kelopak bunga mawar maupun bunga sepatu. Cukup ditumbuk saja kemudian dioleskan merata ke seluruh rambut dari akar sampai ujung dan dibilas, lakukan beberapa kali dalam seminggu. Opsional lain adalah memakai bit dan paprika.

4. Pirang
Cobalah memanfaatkan kunyit di dapur, caranya cukup menumbuk kunyit dan diambil sarinya. Tuangkan perasan air kunyit ini ke dalam botol spray lalu semprotkan secara merata ke seluruh lapisan rambut. Pijat sebentar dan diamkan sampai mengering baru kemudian dibilas, kalau dilakukan 2-3 kali selama seminggu maka cat rambut alami ini akan menjadikan rambut gelap menjadi.... taraaaaa....
nasi kuning Pirang.

Mau coba? Coba deh, nanti sharing di komen ya.
Selamat mewarnai rambut.

5 comments on "Warnain Rambut Secara Alami? Bisa!"
  1. Mau nyoba yang pakai kopi, siapa tahu bisa punya rambut coklat, hihi. Lagian alami gak bahaya bagi rambut ya ^^

    ReplyDelete
  2. wah baru tau ada cat alami mba, hihi mau deh buat menutup uban

    ReplyDelete
  3. Makasih mba infonya, kapan-kapan saya coba. kan alami :)

    ReplyDelete
  4. banyaaak yaaa pilihannya mba..dan tetap alami semuaaa

    ReplyDelete
  5. Dulu sebelum berhijab, saya rutin mewarnai rambut. Dan warna favorit saya adalah ungu tua. Kalau ungu tua gak ada pewarna alaminya, ya? :)

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)