queen-ing, washing then blogging

Friday, September 21, 2018

SAVASA Smart Lifestyle di Kota Industri Deltamas


Aloha!

Apakabar semua? Semua dalam keadaan sehat wal afiat.
Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 15 September 2018, saya berkesempatan menghadiri Acara Opening Ceremony Marketing Gallery dan Show Unit SAVASA Smart Lifestyle di Kota Deltamas, Cikarang – Bekasi, seharian loh. Hahahaha. Lalu, saya ngapain aja di sana? Ini dia ceritanya…

Opening Ceremony

Acara ini merupakan acara peresmian Kantor Pemasaran dan Show Unit SAVASA Kota Deltamas Cikarang Bekasi. Untuk unit perumahannya masih dalam bentuk lahan yang masih dipersiapkan untuk mulai pembangunan.

Acara dibuka dengan persembahan Angklung SMK Mitra Industri dengan apik dan mempesona membawakan lagu-lagu daerah dan lagu pop yang sedang hits saat ini. Selain itu, sekolah ini juga menghadirkan siswa bernama Afrisal untuk memberikan speech dalam bahasa Jepang dengan fasih dan lancar tentang tips mempelajari bahasa asing. 


Foto : Jon


Hadir juga atraksi tabuh genderang, BENTENG TAIKO. Menurut keterangan dari Host sekaligus pengisi acara Hiroaki Kato, Taiko ini lazim dipertunjukkan di acara pembukaan sebagai symbol permulaan hal yang baru. 
Foto : Jon


Hiroaki Kato sebagai MC sekaligus pengisi acara. Beliau adalah warga Negara Jepang yang sudah 4 tahun tinggal di Indonesia dan menuntut ilmu di UGM jurusan Sastra Indonesia, sehingga pelafalan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Jepang nya sudah sangat fasih. 
Acara dilanjutkan dengan sambutan.

Hongky Jeffry Nantung, President Director PT. Puradelta Lestari, Tbk (PDL) sekaligus CEO Commercial Sinar Mas Land menyatakan, “Melihat perkembangan pesat kawasan Cikarang dan sekitarnya belakangan ini, terutama dengan ditunjuknya Kota Deltmas secara resmi sebagai lokasi Cikarang Japanese School, memberikan keyakinan kepada kami pentingnya menyediakan perumahan yang berkualitas dengan standar Jepang di wilayah ini. Untuk mencapai itu semua, kami bekerjasama dengan Panasonic Homes, yang telah memiliki pengalaman luas dalam mengembangkan kota  pintar seperti Fujisawa SST yang sangat sukses di Jepang untuk membangun 37 hektar produk hunian premium di lahan kami. Sinar Mas Land selalu berkomitmen untuk terus berinovasi, menyediakan pilihan hunian terbaik dengan harga terjangkau bagi masyarakat Indonesia."

Kazuhiko Tanaka, President Director PT PanaHome Deltamas Indonesia (PHDI), yang juga menjabat sebagai President Director PT Panasonic Homes Gobel Indonesia, menambahkan “Panasonic Homes memiliki  54 tahun pengalaman dalam membangun lebih dari 490.000 rumah di Jepang, dan kami telah menerapkan teknologi perumahan kami di Taiwan, Malaysia dan sekarang di Indonesia. Kami percaya teknologi Wall-Precast Concrete (W-PC) kami yang khas dapat membantu memberikan solusi untuk backlog 13 juta rumah di Indonesia, karena kami dapat mempersingkat masa konstruksi setidaknya tiga bulan sambil mempertahankan kualitas yang terbaik. Bersama dengan Sinar Mas Land, kami bertujuan untuk mencapai pembangunan kota yang berkelanjutan yang mempertimbangkan kelestarian dan keselamatan lingkungan, serta menyediakan perumahan klaster berkualitas tinggi untuk masyarakat Indonesia."

Acara sambutan dan kata pengantar dari masing-masing perwakilan kemudian dilanjutkan dengan peresmian pengguntingan pita dan penanaman pohon secara simbolis. 


Foto : Instagram @Savasa.deltamas


Acara dilanjutkan dengan makan siang dan tour ke Marketing Gallery dan Show Unit. Show unit untuk 2 tipe (tipe A dan B) full furnished untuk contoh dan inspirasi penataan interior sudah tersedia. Adapun show unit ini dimaksudkan untuk para calon penghuni dapat melihat secara visual dan actual bentuk bangunan, layout, teknologi yang ditawarkan oleh SAVASA. 

Acara tour ini dibarengi dengan acara santap siang yang disediakan pihak SAVASA untuk para tamu undangan sembari dihibur kembali oleh persembahan Angklung SMK Mitra Mandiri, Benteng TAIKO, Hiroaki Kato dan Ica Zahra.  

Hiroaki Kato bahkan sempat membawakan lagu Ruang Rindu – Letto dalam Bahasa Indonesia dan Jepang. Hiroaki Kato juga menyanyikan Cover Meraih Bintang – Via Vallen dalam bahasa Jepang. Penampilannya cukup bersemangat mengusir kantuk setelah bersantap siang.
Selain Hiroaki Kato, juga hadir Ica Zahra, seorang youtuber pemenang Lomba Karaoke dunia NODO JIMAN THE WORLD 2015 (Lomba Karaoke Untuk Orang Asing di Jepang) menyanyikan beberapa lagu Jepang termasuk lagu Sayang – Via Vallen versi jepang (Kiroro Mirae). 


Foto : dok. Pribadi


Setelah coffee break sore, sebagai acara penutup, saya dan teman-teman blogger diajak touring ke Kota Deltamas, ke daerah Industri, pemukiman dan commercial centre. Hahaha, sebagai ibu yang biasanya berkutat dengan pekerjaan rumah, tour seperti ini begitu menyenangkan. Pak Romi sebagai guide menjelaskan bahwa Kota Deltamas memang dibangun sebagai Kota Industri Internasional. Perbedaan antara Kota Satelit dan Kota Industri adalah Kota Industri membangun sector perindustriannya terlebih dahulu, baru membangun sector pemukiman, sedangkan Kota Satelit sebaliknya. 

Kelebihan membangun infrastruktur industri di Kota Deltamas adalah Kota Deltamas memiliki kemudahan KLIK, yaitu ketika pelaku industry membeli lahan, pembangunan infrastruktur industry tersebut bisa langsung dilakukan secara parallel bersamaan dengan perijinannya. 

Industri yang telah hadir di GIIC (Green International Industrial Centre) antara lain AHM, Wuling, Mitshubhisi, Kalbe, Suzuki, Kewpie, dan beberapa perusahaan Jepang lainnya. Hampir 70% pelaku industry adalah Industri yang berasal dari Jepang. 

Kelebihan lain dari Kota Deltamas adalah hampir keseluruhan pemerintahan Kabupaten Bekasi hadir di Kota Deltamas, sehingga menjadi keuntungan strategis untuk pelaku industry untuk melakukan perijinan dan hal terkait lainnya.

Untuk mendukung para pekerja industri Deltamas, Kota Deltamas juga telah memiliki sarana pendidikan seperti Sekolah Khusus Warga Jepang, Korean Education Complex,  SMK Ananda Mitra Industri, Pangudi Luhur Bernardus School dan ITSB (Institut Teknologi Sains Bandung yang merupakan kerjasama ITB dengan Sinarmas) yang para dosennya adalah dosen ITB dan bahan ajaran akademisnya disesuaikan dengan kebutuhan Industri yang ada di Kota Deltamas. 

Juga ada beberapa bangunan khusus yang disediakan untuk para tenaga kerja dari Jepang seperti Le Premier Hotel dan Apartemen. 

Setelah melewati kawasan industry dan kawasan komersial berupa ruko di sepanjang jalan utama dan Deltamas Sport Centre,  kami diajak berkeliling melihat lahan yang sedang dipersiapkan untuk Panasonic Home yang show unitnya terdapat di dekat marketing gallery. Selain itu, juga ditunjukan lahan yang dipersiapkan untuk fasilitas pendukung lainnya seperti AEON Mall yang direncanakan menjadi Mall terbesar se Asia Tenggara dengan lahan sebesar 20 Ha, RS Mitra Keluarga, Posisi Pemberhentian Kereta Cepat High Speed Rail Karawang Station (KCIC) dan Tol Layang Cikampek. 



Foto : brosur


Tentang SAVASA

SAVASA adalah sebuah kota pintar  dengan kualitas Jepang di Kota Deltamas – Cikarang yang dikembangkan oleh Sinarmas Land dan Panasonic Home. Konsep Smart Living dengan teknologi Jepang yang canggih dan visi yang futuristic untuk kehidupan urban yang modern, dikembangkan atas 4 konsep dasar.

Foto : brosur


1. Smart Township
Sebagai Smart Township pertama di kota Bekasi, fasilitas dan kelengkapan SAVASA didesain khusus secara seksama untuk kenyamanan para penghuninya. Pembangunan setiap bangunannya dirancang menghadap Utara/Selatan untuk menghindari panas langsung dari matahari serta menyediakan sirkulasi udara silang sehingga mengurangi penggunaan listrik dan AC. 

Jalanan utama Bulevard akan didesain menggunakan pohon yang membentuk kanopi yang memberikan efek bayangan bagi pejalan kaki, landscaping berlapis, bioswale untuk managemen air hujan, menahan air hujan dan mempercepat penyerapan air ke dalam tanah memberikan iklim mikro yang nyaman. Jalanan kluster dirancang khusus sehingga menyediakan efek  mendinginkan secara pasif dan menciptakan aliran angin lokal. 
SAVASA juga menggunakan desain konsep energi matahari (solar) yang tersentralisasi untuk menerangi jalanan menggunakan lampu LED dan fasilitas umum. 



2. Smart Security
Menggunakan system keamanan berlapis yang memberikan kepastian keamanan kepada penghuninya. Sistem 1 gerbang (one gate system) dimana sekeliling dinding perimeter dimonitor dan diawasi oleh CCTV dan sensor infrared untuk menghindari adanya penyusup dari luar. Setiap rumah dilengkapi dengan Panasonic Home Network System menjadikan rumah menjadi tempat yang lebih aman untuk penghuninya. 

Foto : brosur



3. Smart Home
Teknologi yang ditawarkan SAVASA lebih dari sekedar teman akrab yang memberikan kenyamanan, fungsional dan keamanan maksimal.  Tipe rumah yang ditawarkan adalah Tipe A dan Tipe B. Tipe A dengan luas tanah 66m persegi (6x11) dengan luas bangunan 64 meter persegi dengan 2 kamar tidur. Sedangkan tipe B dengan luas tanah 84 (7x12) meter persegi dan luas bangunan 80 meter persegi. 
Bangunan rumah dibangun menggunakan teknologi Wall Precast Concrete yang mempercepat masa pembangunan minimum 3 bulan, kualitas yang konsisten dan akurat serta lebih kuat dan tahan gempa. 
Setiap rumah juga dilengkapi Puretech, yaitu system penyaringan udara dari luar dan mengeluarkan udara dari dalam rumah karena akivitas memasak atau merokok. System ini menjamin kualitas udara di dalam rumah. 
Hunian ditawarkan mulai harga 970 jutaan dengan NUP 5 juta. Benar-benar diluar dugaan, karena ketika menyimak semua kelebihan dan teknologi yang disematkan di setiap unitnya, saya memperkirakan harganya mulai dari 2 Milyar. 
Update : Saat ini dalam proses NUP, dimana calon customer bisa ambil nomor dengan setoran 5 juta (refundable), yang pada saat launching, calon customer tersebut memiliki prioritas untuk memilih unit dan membayar tambanhan NUP sebesar 5 juta. 
UNTUK 50 PEMBELI PERTAMA mendapatkan AC, Kulkas, TV dan Mesin Cuci.  


Foto : brosur

   
4. Smart Community
Untuk mendukung kehidupan yang berkelanjutan dan berkesinambungan, SAVASA menyediakan pusat aktivitas penghuni seperti Delivery Drop Box, Parkir Sepeda, Laundry Coin, Minimarket, Daycare Centre, Cuci Mobil, Kantin/Kedai Kopi. SAVASA juga bekerjasama dengan Bekasi Berkebun untuk menumbuhkan kebiasaan menanam bagi para penghuninya. SAVASA memanjakan calon penghuninya dengan meminimalisir beban penghuni untuk semua fasilitas yang ditawarkan dengan sentralisasi keamanan di Gate Utama dan Sentral Aktivitas warga di satu tempat BUKAN di setiap kluster. Beban penghuni untuk biaya pemeliharaan antara lain biaya pemeliharaan keamanan (jumlah security yang bertugas dsb) dan pemeliharaan fasilitas.

Kesan-kesan saya seharian di Kota Deltamas : Kota Deltamas adalah kota yang modern berbasis industry namun tetap hijau dan terjangkau baik dari segi jarak maupun signal telekomunikasi. Saya senang sekali, sinyal provider telekomunikasi semuanya bagus dan tidak mengalami kendala. Hal itu penting sebagai salah satu indikator bahwa semua provider telekomunikasi mendukung kemajuan kota Deltamas. Harapan saya untuk SAVASA, semoga SAVASA bisa menjadi contoh dan inspirasi untuk pengembang lainnya untuk menciptakan hunian yang pintar untuk skala kota, penghuni hingga komunitas. 
Sukses selalu untuk SAVASA dan terimakasih sudah mengundang saya untuk hadir di acara ini. 


Dari kiri atas searah jarum jam. Foto : pribadi, foto : Hendra, foto : Chris, foto : pribadi


Temukan SAVASA di :
Web : Savasa.id
Instagram : @Savasa.deltamas
Facebook : Savasa.deltamas
Youtube : SAVASA Deltamas (https://www.youtube.com/c/savasadeltamas) 

15 comments on "SAVASA Smart Lifestyle di Kota Industri Deltamas"
  1. Keren banget 4 konsep dasar yang diberikan oleh SAVASA ini. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. konsep masa depan banget dan memperhatikan lingkungan

      Delete
  2. Kalau itu sih hunian impian sekali ya, sukses selalu untuk SAVASA. :)

    ReplyDelete
  3. Siapapun yang sedang mencari hunian dengan fasilitas yang menakjukan dan bikin nyaman. Wajib baca nih. :D

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. ayo mas boyong keluarganya hijrah ke sana :)

      Delete
  5. Seandainya aku kerja di daerah sana aku pasti beli SAVASA. Krn teknologinya udah kekinian and lengkap banget semua fasilitasnyaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya fitur rumahnya lengkap banget. dan harganya seperti yang kita bisik2 kemaren, kirain 2M, ga taunya cuma 1M. ga beda sama GGC

      Delete
  6. Hi!!! Ibu Ratu, terima kasih sudah menyempatkan waktu dan space blog nya untuk SAVASA, dan terima kasih juga telah menyempatkan waktu untuk menghadiri Acara Opening Ceremony SAVASA Marketing Gallery dan Show Unit kami di Kota Deltamas pada tanggal 15 September 2018 yang lalu. Jika Smart People ingin tahu lebih lanjut tentang SAVASA, silahkan menghubungi Marketing Gallery kami di nomor 021-899-15888 (Greenland Square Blok BA No.1, Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Kab.Bekasi) atau lsg ke Sales Supervisor kami, sdr.Andry Heryandi di HP 0813-1842483

    ReplyDelete
  7. Sering liwaaat, karena kakakku daerah bekasi niii
    Tp cm liwat doang, perumahan muahal boook

    ReplyDelete
  8. Teknologinya lbh canggih dari apartemen,

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)